Psywar Gelandang Laos: Indonesia Bukan Favorit Juara di Piala AFF 2020

Editor Bolanet | 30 November 2021, 16:15
Penyerang timnas Indonesia, Ezra Walian saat tampil melawan Antalyaspor di Turki. (c) PSSI

Bola.net - Psywar sudah ditebar oleh timnas Laos untuk timnas Indonesia jelang dimulainya Piala AFF 2020 akhir pekan ini. Menurut gelandang Laos, Mitsada Saitaifah, Vietnam adalah kandidat juara terbesar, sementara Timnas Indonesia tak masuk dalam daftar kandidat juara Piala AFF tahun ini.


Penilaian Mitsada Saitaifah mengacu pada perkembangan yang dimiliki Vietnam jelang Piala AFF 2020. Penyataan Mitsada Saitaifah memang cukup masuk akal apalagi Vietnam merupakan juara bertahan pada Piala AFF.

"Kami berada di grup yang sulit dengan Vietnam sebagai kandidat kuat juara di Piala AFF. Kemudian ada Malaysia, Indonesia, dan Kamboja," kata Mitsada Saitaifah seperti dikutip situs resmi Federasi Sepak Bola Laos (LFF).

Mitsada Saitaifah juga menyebut Laos bakal memiliki perjalanan yang tak mudah di Piala AFF 2020. Tergabung di Grup B, Laos akan bersaing dengan Vietnam, Malaysia, Timnas Indonesia, dan Kamboja.

"Semua tim ini memiliki pemain bagus, akan tetapi kami akan berjuang sampai akhir. Kami akan datang ke turnamen sebagai tim yang penuh dengan gairah," tegas pemain berusia 34 tahun itu.

Laos mengawali Piala AFF 2020 dengan duel melawan Vietnam (6/12/2021). Adapun Laos akan menghadapi Timnas Indonesia pada pertandingan ketiga yang digelar 12 Desember 2021.

1 dari 1 halaman

Tak Pernah Lolos dari Penyisihan Grup Piala AFF

Laos merupakan tim langganan di Piala AFF 2020. Sepanjang sejarah, Laos sudah bermain 12 kali alias hanya sekali melewatkan Piala AFF yakni pada edisi 2016.

Namun, Laos selalu menjadi tim non unggulan pada ajang tersebut. Pencapaian terbaik Laos hanya sampai babak penyisihan grup.

Situasi itulah yang memotivasi Laos untuk bisa mencetak sejarah di Piala AFF 2020. Meski demikian, perjuangan Laos bakal sangat berat karena berada di Grup B Piala AFF 2020 bersama Vietnam, Malaysia, Timnas Indonesia, dan Kamboja.

Disadur dari: Bola.com (Zulfirdaus H/Hendry W; 27/11/21)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR