PSSI Belum Kabari Shin Tae-yong Rencana Fokus Melatih Timnas Indonesia U-20

Gia Yuda Pradana | 8 Juni 2022, 13:54
PSSI Belum Kabari Shin Tae-yong Rencana Fokus Melatih Timnas Indonesia U-20
Ketua PSSI, Mochamad Iriawan dan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (c) PSSI

Bola.net - PSSI belum mengabari Shin Tae-yong terkait rencana fokus untuk melatih Timnas Indonesia U-20. Namun, kabar ini sudah meluas dan ramai di media sosial.

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan berkeinginan Shin Tae-yong hanya melatih Timnas Indonesia U-20 yang akan menjadi tuan rumah di Piala Dunia U-20 2023.

Selain Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong juga memegang jabatan sebagai nakhoda Timnas Indonesia senior dan Timnas Indonesia U-23 lantaran statusnya sebagai manajer pelatih.

Wacana Iriawan terhadap Shin Tae-yong menimbulkan pro dan kontra di media sosial. Ada netizen yang menganggap bahwa keputusan PSSI tepat, tapi ada pula yang merasa bahwa momennya tidak pas.

1 dari 2 halaman

Bisa Pecah Konsentrasi Shin Tae-yong

Alfeandra Dewangga dan Shin Tae-yong saat membela Timnas Indonesia di ajang SEA Games 2021 (c) Ikhwan Yanuar

Alfeandra Dewangga dan Shin Tae-yong saat membela Timnas Indonesia di ajang SEA Games 2021 (c) Ikhwan Yanuar

Apa sebab? Shin Tae-yong sedang menangani Timnas Indonesia senior pada Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait, 8-14 Juni 2022, sehingga mengancam konsentrasi pria asal Korea Selatan itu.

"Kami belum beri tahu ke Shin Tae-yong. Biar dia fokus dulu di Kuwait. Nanti pulangnya baru kami beri tahu ke dia," kata Iriawan.

Akibat fokus ke Timnas Indonesia senior, Shin Tae-yong tidak dapat mendampingi timnas U-19, cikal bakal Timnas Indonesia U-20, yang berkancah di Toulon Cup 2022 di Prancis pada 30 Mei-5 Juni 2022.

2 dari 2 halaman

Penjelasan Ketua PSSI

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (c) Bola.com/Bagaskara Lazuardi

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (c) Bola.com/Bagaskara Lazuardi

Di Toulon Cup 2022, Timnas Indonesia U-19 dipoles oleh asisten Shin Tae-yong, Dzenan Radoncic, bersama pelatih timnas U-16, Bima Sakti.

"Kami sebenarnya ingin Shin Tae-yong fokus di Timnas Indonesia U-20, begitu dari awal kami kontrak dia. Namun, dia mau semua ditangani," ujar Iriawan.

"Mulai dari Timnas senior, U-23, dan U-20. Saya bilang kenapa? Dia jawab dia ingin lihat perkembangan pemain dari junior ke senior sehingga mengikuti perkembangan pemain tersebut."

"Ternyata, mungkin sekarang saya melihat Shin Tae-yong cukup keteteran dengan timnas tiga kelompok usia itu. Kami akan diskusikan nanti. Kami akan rekomendasikan."

"Rencananya, Shin Tae-yong kalau bisa hanya melatih Timnas Indonesia U-20 saja. Karena itu yang akan dipegang untuk Piala Dunia U-20 2023. Fokus," jelas pria yang karib dipanggil Iwan Bule itu.

Disadur dari: Bola.com/Muhammad Adiyaksa/Rizki Hidayat, 8 Juni 2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR