Proses Naturalisasi 3 Pemain Calon Penggawa Timnas Indonesia Tertahan, Menpora Turun Tangan

Anindhya Danartikanya | 29 Maret 2022, 14:27
Menpora Zainuddin Amali (c) Bola.net/Fitri Apriani
Menpora Zainuddin Amali (c) Bola.net/Fitri Apriani

Bola.net - Demi mempercepat proses naturalisasi pemain untuk Timnas Indonesia yang tengah terhambat di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali dikabarkan turun tangan membantu prosesnya.

Seperti diketahui, proses naturalisasi Jordi Amat, Sandy Walsh dan Shayne Pattynama saat ini tertahan di Kemenkumham. Penyebabnya adalah ketiga pemain tersebut tidak menyertakan dokumen pendukung berupa Surat Keterangan Perpindahan Warga Negara.

Menpora Zainudin Amali kemudian bergerak cepat untuk mengirim surat ke pemerintah Spanyol untuk meminta dokumen pendukung dari Jordi Amat. Surat yang sama juga dikirim ke pemerintah Belanda untuk meminta dokumen pendukung naturalisasi Sandy Walsh dan Shayne Pattynama.

"Proses naturalisasi pemain keturunan atas nama Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama sampai saat ini masih berada di Direktorat Tata Negara, Kemenhumkam," kata Anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani.

"Bapak Menpora telah ikut membantu dengan menyurati perwakilan negara asal pemain tersebut untuk meminta surat keterangan seperti yang diminta pihak Kemenkumham. Semoga saja mendapat respons yang cepat," ucap Hasani Abdulgani.

PSSI menargetkan sudah mengajukan permohonan naturalisasi Jordi Amat, Sandy Walsh dan Shayne Pattynama ke FIFA pada awal April 2022. Ini harus segera dilakukan karena prosesnya membutuhkan waktu yang tak sebentar.

1 dari 2 halaman

Proses Cepat

Kehadiran Menpora Zainudin Amali untuk membantu proses naturalisasi Jordi Amat, Sandy Walsh dan Shayne Pattynama diyakini sebagai bentuk dukungan dari pemerintah.

Sebelumnya, PSSI telah meminta bantuan kepada Presiden Joko Widodo untuk bisa segera menyelesaikan proses naturalisasi ketiga pemain tersebut.

"Kondisi krusial ini hanya bisa diselesaikan kalau ada kebijaksanaan dari Pemerintah. Mudah-mudahan Bapak Presiden Joko Widodo bisa ikut membantu sehingga para pemain tersebut dapat membela Timnas di kualifikasi Piala Asia, 8 Juni mendatang. Garuda di Dadaku!" tegas Hasani Abdulgani.

PSSI kini berburu dengan waktu untuk segera menyelesaikan proses naturalisasi Sandy Walsh, Jordy Amat, dan Shayne Pattynama. Ketiganya diharapkan bisa membela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023 pada Juni mendatang.

2 dari 2 halaman

Berburu Satu Pemain Lagi

PSSI kabarnya saat ini sedang melakukan pendekatan terhadap Jordy Wehrmann sebagai target naturalisasi pemain Timnas Indonesia. Langkah ini dilakukan setelah tidak adanya kepastian yang diberikan Emil Audero.

Awalnya, Jordy Wehrmann adalah pilihan kedua setelah Emil Audero. Namun, pemain berusia 22 tahun itu kini jadi incaran utama PSSI.

"Saya diskusi ke kanan kiri. Untuk sementara, kami fokusnya ke Jordy. Mungkin pekan ini sudah ada jawaban dari dia," ucap Anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani.

Disadur dari: Bola.com (Zulfirdaus H/Hendry W; 29/3/22)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR