Profil dan Daftar Pemain Timnas Myanmar di Piala AFF 2022

Aga Deta | 24 Desember 2022, 11:50
Profil dan Daftar Pemain Timnas Myanmar di Piala AFF 2022
Timnas Myanmar di Piala AFF 2020 (c) AFF Suzuki Cup

Bola.net - Timnas Myanmar akan berhadapan dengan Timnas Singapura pada matchday kedua Grup B Piala AFF 2022 di Jalan Besar Stadium, Sabtu 24 Desember 2022. Duel antara Singapura vs Myanmar akan dimulai pukul 17.00 WIB, live di iNews TV.

Profil Timnas Myanmar yang akan berlaga di Piala AFF 2022. Secara tradisional, Myanmar bukan kekuatan utama di sepak bola Asia Tenggara. Namun, mereka tak bisa dianggap remah oleh negara-negara lainnya.

Myanmar pernah membuat kejutan di Piala AFF 2016. Ketika itu, Myanmar mampu lolos ke babak semifinal. Myanmar berhasil meraih posisi kedua fase grup, unggul dari Timnas Malaysia yang berada di posisi ketiga.

Hanya saja, Myanmar gagal melaju ke babak final. Myanmar kalah dari Thailand dengan agregat 6-0 pada babak semifinal. Thailand sendiri akhirnya keluar sebagai juara Piala AFF 2016, menang 4-1 atas Indonesia di laga final.

Myanmar juga pernah lolos ke semifinal Piala AFF pada edisi 2004. Bahkan, ketika itu, mereka menjadi juara grup. Myanmar unggul atas negara-negara kuat seperti Malaysia dan Thailand. Namun, mereka gagal melaju ke final.

Catatan di atas menjadi bukti bahwa Myanmar tak bisa dipandang sebelah mata di Piala AFF 2022. Yuk simak ulasan lebih lengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 4 halaman

Pemain Bintang: David Htan

David Htan merupakan pemain penting bagi Myanmar. Dia selalu menjadi andalan di Timnas Myanmar, secara khusus untuk peran bek kanan. David Htan sudah membela Timnas Myanmar sejak 2012 lalu.

Pada level internasional, David Htan memang belum memberikan gelar untuk Myanmar. Namun, pada level klub, David Htan adalah pemain yang punya banyak gelar juara. Dia meraih tujuh gelar Liga Myanmar.

David Htan bermain untuk Yangon United pada musim 2022. Ini adalah periode kedua bagi David berseragam Yangon United. Sebab, dia pernah membela Yangon Uunited pada 2009 hingga 2018. Sementara, pada periode 2018 hingga 2020, dia sempat bermain di Shan United.

David Htan pernah beberapa kali bersua Timnas Indonesia. Salah satunya pada laga uji coba, November 2021. Saat itu, Myanmar kalah 4-1. Selain itu, ketika bermain di Shan United, David Htan pernah berjumpa PSM Makassar dan Persija Jakarta di Piala AFC.

2 dari 4 halaman

Pelatih: Antoine Hey

Pelatih Timnas Myanmark, Antoine Hey. (c) AFF

Pelatih Timnas Myanmark, Antoine Hey. (c) AFF

Antoine Hey bukan nama baru di sepak bola Myanmar. Dia ditunjuk sebagai pelatih Timnas Myanmar mulai 2018 lalu. Antoine Hey sempat rangkap jabatan dengan membesut Myanmar U-23. Namun, kini Hey hanya fokus ke tim senior.

Sebelum ditunjuk sebagai pelatih Myanmar, Antoine Hey punya pengalaman melatih di Afrika. Pria asal Jerman itu tercatat pernah melatih Timnas Rwanda, Kenya, Liberia, hingga Gambia.

Hey dulunya adalah mantan pemain. Pria yang kini berusia 52 tahun pernah bermain di FC Schalke. Selain itu, Hey juga pernah merantau ke Inggris dengan membela Birmingham City. Karier Hey sebagai pemain boleh dibilang tidak begitu cemerlang.

3 dari 4 halaman

Daftar Pemain Timnas Myanmar

Skuat Timnas Myanmar di Piala AFF 2020 (c) Dok. MFF

Skuat Timnas Myanmar di Piala AFF 2020 (c) Dok. MFF

Kiper: Kyaw Zin Phyo, Tun Nanda Oo, San Set Naing.

Belankang: Hein Zeyar Lin, Zaw Ye Tun, David Htan, Ye Min Thu, Kyaw Zin Lwin, Thiha Htet Aung, Aung Wunna Soe, Wai Yan Oo, Nanda Kyaw, Win Moe Kyaw, Hein Phyo Win.

Gelandang: Hlaing Bo Bo, Aung Naing Win, Kyaw Min Oo, Lin Htet Soe, Yan Naing Oo, Ye Yint Aung, Myat Kaung Khant, Wai Lin Aung, Thet Wai Moe, Maung Maung Lwin.

Penyerang: Win Naing Tun, Naing Zin Htet, Yan Kyaw Htwe, Aee Soe, Hein Htet Aung

4 dari 4 halaman

Jadwal Myanmar di Piala AFF 2022

Rabu, 21 Desember 2022
17.00 WIB: Myanmar 0-1 Malaysia

Sabtu, 24 Desember 2022
17.00 WIB: Singapura vs Myanmar

Jumat, 30 Desember 2022
17.00 WIB: Myanmar vs Laos

Selasa, 3 Januari 2023
17.00 WIB: Vietnam vs Myanmar

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR