Profil dan Daftar Pemain Timnas Brunei Darussalam di Piala AFF 2022

Gia Yuda Pradana | 26 Desember 2022, 09:23
Profil dan Daftar Pemain Timnas Brunei Darussalam di Piala AFF 2022
Duel antara Brunei Darussalam vs Timor Leste di Kualifikasi Piala AFF 2022 (c) AFF official Twitter

Bola.net - Timnas Brunei Darussalam akan menghadapi Timnas Indonesia pada matchday ketiga Grup A Piala AFF 2022. Pertandingan Brunei Darussalam vs Timnas Indonesia ini akan digelar di Kuala Lumpur Stadium, Malaysia, Senin 26 Desember 2022, kick-off jam 17:00 WIB, live di RCTI.

Brunei sudah memainkan dua pertandingan di grup ini dan selalu kalah. Mereka telah dikalahkan Thailand 0-5 dan Filipina 1-5. Sementara itu, Timnas Indonesia baru memainkan satu laga, menang 2-1 atas Kamboja di SUGBK pada matchday kedua.

Profil Brunei Darussalam yang akan berlaga di Piala AFF 2022. Bagi Brunei Darussalam, Piala AFF 2022 adalah momen yang penting. Sebab, mereka absen selama 26 tahun dari persaingan antarnegara Asia Tenggara itu.

Brunei terakhir kali tampil di Piala AFF pada 1996, edisi pertama. Setelah itu, mereka tak pernah ambil bagian dengan berbagai alasan. Pada edisi 2020 lalu, Brunei mundur dari babak kualifikasi.

Sama seperti Indonesia, Brunei pernah terkena sanksi FIFA. Pada 2009, sepak bola Brunei dibekukan. FIFA baru mencabut sanksi tersebut pada 31 Mei 2011.

Sepak bola Brunei sejatinya tak terlalu maju. Namun, pada 2022 ini, mereka membuat gebrakan penting. Brunei punya proyek ambisius. Mereka menunjuk Paul Munster sebagai Direktur Teknis pada Agustus 2022. Dua belum kemudian, Mario Rivera diangkat menjadi pelatih.

Lalu, pada November 2022, Brunei lolos ke putaran final Piala AFF usai menang agregat 6-3 atas Timor Leste. Brunei juga punya fasilitas latihan yang mumpuni di Track & Field Hassanal Bolkiah National Sport Complex, satu area dengan Sultan Hassanal Bolkiah Stadium.

1 dari 4 halaman

Pemain Bintang: Razimie Ramlli

Tak banyak pemain bintang pernah lahir dari sepak bola Brunei Darussalam. Sempat muncul nama Faiq Bolkiah yang cukup fenomenal. Namun, bukan karena prestasi, akan tetap kekayaan melimpah yang Faiq Bolkiah miliki.

Di Piala AFF 2022, Brunei mungkin akan berharap banyak pada sosok Razimie Ramlli. Pemain 32 tahun sudah membela Brunei sejak 2016.

Pada level klub, Razimie Ramlli pernah bermain untuk Royal Brunei Armed Forces Sports Council dan DPMM FC. Pada 2019, Ramlli punya andil membawa DPMM FC meraih gelar juara Singapore Premier League. Lalu, pada 2022, dia membawa DPMM FC juara Brunei FA Cup.

Ramlli punya andil besar membawa Brunei lolos ke Piala AFF 2022. Sebab, dia turut menyumbang dua gol ketika Brunei menang 6-2 atas Timor Leste pada babak kualifikasi lalu.

2 dari 4 halaman

Pelatih: Mario Rivera

Mario Rivera menjadi bagian dari wajah baru sepak bola Brunei Darussalam. Pria asal Spanyol tersebut ditunjuk sebagai pelatih pada September 2022 lalu. Walau baru, Rivera memberi kesan awal yang cukup impresif.

Sebelum melatih Brunei, Rivera punya rekam jejak yang cukup bagus. Rivera menjadi pelatih klub India, East Bengal. Rivera mampu membawa Eas Bengal menjadi runner-up I-League (kompetisi katas kedua) sekaligus promosi ke Liga Super India.

Sebelum itu, Rivera pernah memegang beberapa jabatan di klub-klub Eropa. Rivera pernah jadi pemandu bakat di Celtic. Lalu, dia juga pernah menjadi analis video di Atletico Madrid C.

Sebelum menjadi pelatih di tim senior, Rivera juga pernah melatih Brunei U-21 pada 2017 hingga 2018.

3 dari 4 halaman

Daftar Pemain Brunei Darussalam

Kiper: Jefri Syafiq Ishak, Ishyra Asmin Jabidi, Haimie Abdullah Nyaring

Belakang: Wafi Aminuddin, Martin Haddy Khallidden, Khairil Shahme Suhaimi, Fakharrazi Hassan, Abdul Mu'iz Sisa, Alinur Rashimy Jufri

Gelandang: Hakeme Yazid Said, Abdul Khair Basri, Nur Asyraffahmi Norsamri, Haziq Kasyful Azim Hasimulabdillah, Najib Tarif, Nazirrudin Ismail, Hendra Azam Idris, Azwan Saleh, Nurikhwan Othman

Penyerang: Razimie Ramlli, Hanif Aiman Adanan, Hamizan Aziz Sulaiman, Adi Said, Abdul Azizi Ali Rahman

4 dari 4 halaman

Jadwal Brunei Darussalam di Piala AFF 2022

Selasa, 20 Desember 2022
Brunei Darussalam 0-5 Thailand

Jumat, 23 Desember 2022
17.00 WIB: Filipina 5-1 Brunei Darussalam

Senin, 26 Desember 2022
17.00 WIB: Brunei Darussalam vs Timnas Indonesia

Kamis, 29 Desember 2022
17.00 WIB: Kamboja vs Brunei Darussalam

Dukung terus perjuangan Timnas Indonesia dengan melihat jadwal lengkap Piala AFF 2022 dan memantau hasil, klasemen, dan top skor AFF Cup 2022 hanya di Bola.net.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR