Profil 11 Pemain Belakang Timnas Indonesia Pilihan Shin Tae-yong untuk Piala AFF 2020

Asad Arifin | 3 Desember 2021, 12:43
Timnas Indonesia - Pratama Arhan, Victor Igbonefo, Asnawi Mangkualam. (c) Bola.com/Adreanus Titus

Bola.net - Timnas Indonesia bakal berkekuatan 30 pemain di Piala AFF 2020. Di antara 30 pemain pilihan pelatih Shin Tae-yong itu, sebanyak 11 pemain berperan sebagai pengawal lini belakang alias bek.


Piala AFF 2020 akan dimulai pada Minggu, tapi Timnas Indonesia baru akan bertanding pada 9 Desember 2021. Kamboja akan menjadi lawan pertama Tim Garuda di turnamen sepak bola Asia Tenggara itu.

Dari 11 pemain tersebut, lima pemain di antaranya murni merupakan stoper, sementara tujuh lainnya biasa beroperasi di sisi sayap pertahanan menjadi full-back, yang di antaranya juga bisa bermain sebagai stoper jika dibutuhkan.

Shin Tae-yong benar-benar membawa dua pemain senior yang sudah berusia di atas 30 tahun di posisi stoper, Victor Igbonefo dan Fachrudin Aryanto, untuk memperkuat timnya di Piala AFF 2020. Keduanya, yang sudah berpengalaman tampil di Piala AFF, diharapkan bisa membantu para pemain muda.

Seperti apa profil pemain belakang yang dibawa Shin Tae-yong ke Piala AFF 2020 untuk mengawal lini pertahanan Timnas Indonesia? Simak di bawah ini ya Bolaneters:

1 dari 11 halaman

Fachrudin Aryanto

Duel pemain Fachruddin Aryanto dan Hari Nur Yulianto pada laga Madura United melawan PSIS Semarang di BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Fachrudin Aryanto merupakan pemain yang paling berpengalaman di Piala AFF dalam skuad asuhan Shin Tae-yong ini. Pemain yang kini memperkuat Madura United itu sudah membela Timnas Indonesia sejak Piala AFF 2012 dan tidak pernah absen dari skuad hingga edisi 2018 lalu.

Fachrudin Aryanto bahkan berhasil mencetak gol bagi Timnas Indonesia di Piala AFF 2016 dan 2018 lalu. Stoper andalan Timnas Indonesia itu pernah mencetak gol ke gawang Filipina pada fase grup Piala AFF 2016 dan ke gawang Thailand pada fase grup Piala AFF 2018.

Dengan pengalamannya tampil dalam empat edisi terakhir Piala AFF, Fachrudin akan menjadi pembimbing yang baik bagi rekan-rekan setimnya di Piala AFF 2020.

2 dari 11 halaman

Victor Igbonefo

Victor Igbonefo (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Satu lagi pemain yang berpengalaman bermain di Piala AFF. Namun, berbeda dengan Fachrudin yang menjadi langganan Timnas Indonesia dalam empat edisi terakhir Piala AFF, Victor Igbonefo hanya memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2014.

Namun, bek naturalisasi ini kenyang pengalaman dengan sepak bola di luar negeri. Ia beberapa tahun berkarier di Thailand dan musim ini memperkuat Persib Bandung.

Kontribusi penting di lini pertahanan Persib Bandung membuat Shin Tae-yong menilai Victor Igbonefo masih bisa diandalkan di pertahanan Tim Garuda. Meski sudah tidak muda lagi, Victor Igbonefo bisa menjadi contoh bagi pemain-pemain yang lebih muda.

3 dari 11 halaman

Ryuji Utomo

Ryuji Utomo (c) Ortuseight

Ryuji Utomo akan menjalani Piala AFF pertamanya pada edisi kali ini. Bek Persija Jakarta ini memang belum pernah memperkuat Timnas Indonesia di turnamen bergengsi Asia Tenggara itu.

Ryuji Utomo lebih berpengalaman membela Timnas Indonesia U-19 dan U-22, di mana ia menjadi andalan tim asuhan Shin Tae-yong di SEA Games 2017. Pengalamannya bermain di Thailand dan Malaysia diharapkan bisa membantu Tim Garuda tampil baik di Piala AFF 2020 ini.

Ryuji Utomo memiliki fisik yang luar biasa dengan keseriusannya dalam melatih fisiknya di luar latihan bersama timnya. Kemampuan fisik itu menjadi modal bagi Ryuji untuk berkompetisi dengan pemain lain untuk menempati posisi sebagai stoper.

Selain itu, kemampuan fisiknya itu juga yang akan menjadi modal berharga baginya untuk menghalau setiap ancaman yang datang ke lini pertahanan Timnas Indonesia.

4 dari 11 halaman

Alfeandra Dewangga

Pemain Timnas Indonesia, Alfeandra Dewangga, saat latihan di Lapangan G, Senayan, Jakarta, Rabu, (19/2/2020). (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Alfeandra Dewangga merupakan pemain yang berpengalaman membela Timnas Indonesia sejak U-19 dan U-23. Ia pernah membantu Timnas Indonesia U-19 menembus semifinal Piala AFF U-19 2019.

Kecemerlangan Alfeandra Dewangga saat memperkuat pusat pertahanan PSIS Semarang di BRI Liga 1 membawanya terus mendapatkan perhatian dari Shin Tae-yong.

Bagaimana tidak, meski hanya memperkuat PSIS dalam lima pertandingan, setiap kali Alfreandra bermain, PSIS selalu terhindar dari kekalahan, meski hanya dua kali mencatatkan clean sheet.

Pemain yang baru berusia 20 tahun itu pun sangat antusias untuk bisa membela Tim Garuda di Piala AFF nanti.

5 dari 11 halaman

Elkan Baggott

Elkan Baggott saat latihan bersama Timnas Indonesia di Lapangan Stadion Madya, Rabu (10/11/2021) (c) Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Pemain muda berusia 19 tahun yang menjadi idola baru penggemar Timnas Indonesia. Meski masih muda, pengalamannya berkarier di Inggris membuat Elkan Baggott memiliki kualitas teknik dan skill yang sangat bagus.

Postur tubuhnya yang mencapai 194 cm akan menjadi palang pintu yang bisa diandalkan Tim Garuda ketika melakukan duel udara dengan pemain-pemain lawan di jantung pertahanan tim.

Penampilan Elkan Baggott sangat bagus dalam laga uji coba kontra Afghanistan di Turki. Sayangnya saat itu ia mengalami masalah otot dan harus ditarik keluar lapangan agar tidak menimbulkan risiko yang lebih besar.

Dengan kualitas yang dimilikinya, Elkan Baggott akan menjadi tandem yang cocok bagi Fachrudin Aryanto yang merupakan pemain paling berpengalaman di Timnas Indonesia saat Piala AFF nanti.

6 dari 11 halaman

Pratama Arhan

Pemain Timnas Indonesia U-23, Pratama Arhan Alif ketika tampil melawan Australia U-23 di leg pertama Kualifikasi Piala Asia U-23, Rabu (27/10/2021) malam WIB. (c) dok.PSSI

Pratama Arhan merupakan bek kiri andal yang dimiliki PSIS Semarang. Pengalamannya memperkuat Timnas Indonesia sejak U-19 membuatnya tak kesulitan untuk beradaptasi dalam delapan pertandingan yang sudah dimainkannya bersama Timnas Indonesia senior.

Bek sayap kiri ini merupakan andalan PSIS di BRI Liga 1. Bahkan pada turnamen pramusim Piala Menpora 2021, Pratama Arhan turut mencetak dua gol bagi Mahesa Jenar.

Kemampuannya dalam membantu serangan dari sektor sayap menjadi nilai plus. Apalagi pemain yang satu ini punya kekuatan lengan yang luar biasa untuk melakukan lemparan ke dalam hingga ke jantung pertahanan tim lawan.

7 dari 11 halaman

Edo Febriansyah

BRI Liga 1: Selebrasi Edo Febriansyah (kiri) usai mencetak gol untuk Persita Tangerang (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Edo Febriansyah akan menjadi debutan lain di Piala AFF 2020 ini. Pemain berusia 24 tahun ini mungkin dianggap sedikit terlambat untuk masuk dalam skuad Timnas Indonesia. Namun, performanya bersama Persita Tangerang di BRI Liga 1 2021/2022 membuktikan dirinya layak untuk mendapatkan kesempatan dari Shin Tae-yong.

Edo tercatat tampil dalam 10 pertandingan bersama Persita di BRI Liga 1. Dalam 10 pertandingan tersebut, tak sekalipun Edo ditarik keluar lapangan oleh pelatih Widodo C Putro, yang menandakan bagaimana sang pelatih memberinya kepercayaan penuh di lapangan.

Tak hanya memberikan penampilan yang apik di sisi sayap pertahanan Persita, Edo Febriansyah sejauh ini sudah mencatatkan namanya di papan skor bagi Persita. Ia sudah mencetak dua gol untuk Pendekar Cisadane hingga sejauh ini.

Bicara mengenai Timnas Indonesia, Edo sebenarnya pernah membela Timnas Indonesia U-19. Ia merupakan pemain yang satu angkatan dengan Hanif Sjahbandi, Bagas Adi Nugroho, Asnawi Mangkualam, dan Awan Setho di Piala AFF U-19 2016.

8 dari 11 halaman

Rizky Ridho

Potret Rizky Ridho saat Latihan Bersama Timnas Indonesia, Bek Muda Persebaya. (c) Instagram/rizkyridhoramadhani

Rizky Ridho merupakan seorang bek serbabisa. Sudah memperkuat Timnas Indonesia sejak U-19, Rizky Ridho merupakan pemain yang bisa berposisi sebagai stoper maupun bek kanan.

Shin Tae-yong pertama kali menjajal Rizky sebagai stoper. Namun, pelatih asal Korea Selatan itu lebih tertarik lagi ketika melihat sang pemain mendapatkan kepercayaan dari pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, untuk bermain sebagai bek kanan.

Kemampuannya tersebut membuat Rizky bisa menjadi pelapis Asnawi Mangkualam jika memang dibutuhkan. Namun, kemampuannya sebagai seorang stoper tak perlu lagi diragukan.

9 dari 11 halaman

Rizky Dwi

Rizky Dwi Febrianto (c) Bola.com/Aditya Wani

Pemain yang satu ini akan benar-benar menjalankan debutnya bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Itu pun jika Shin Tae-yong memilihnya untuk masuk ke lapangan hijau.

Pemain berusia 24 tahun ini bisa bermain sebagai gelandang bertahan maupun full-back di sisi sayap kanan pertahanan tim. Artinya, Rizky Dwi harus bersaing dengan Rachmat Irianto jika menjadi gelandang, atau dengan Asnawi Mangkualam jika bermain sebagai bek sayap.

Meski potensinya hanya sebagai pemain pelapis, kemampuan apiknya ketika membela Arema FC di BRI Liga 1 2021/2022 memang turut memberikan pertimbangan bagi Shin Tae-yong untuk membawanya ke Singapura.

Rizky Dwi sudah bermain dalam 12 pertandingan bersama Singo Edan di BRI Liga 1 dengan mengemas satu gol yang dicetaknya ke gawang Madura United kala Arema FC menang 2-1.

10 dari 11 halaman

Asnawi Mangkualam

Aksi kapten Timnas Indonesia U-23, Asnawi Mangkualam Bahar ketika melawan Australia U-23 di leg pertama Kualifikasi Piala Asia U-23, Rabu (27/10/2021) malam WIB. (c) dok.PSSI

Pemain yang satu ini sepertinya memang merupakan kesayangan Shin Tae-yong. Keputusannya menerima pinangan klub Korea, Ansan Greeners, membuat Asnawi makin berkembang.

Pada awal kiprahnya, seperti di Timnas Indonesia U-19, Asnawi Mangkualam lebih sering dimainkan sebagai seorang gelandang. Namun, seiring perjalanan waktu, Asnawi mendapatkan kepercayaan menjadi bek sayap kanan.

Ternyata posisi tersebut sangat cocok dengannya. Memiliki kecepatan dan stamina, Asnawi Mangkualam kerap menjadi ancaman serius bagi tim lawan ketika maju ke depan membantu serangan dari sisi kanan lapangan.

Asnawi Mangkualam telah menjadi andalan dari sejumlah pelatih, mulai dari Indra Sjafri, Luis Milla, hingga kini Shin Tae-yong.

11 dari 11 halaman

Marckho Sandy

Duel Ilham Udin Armaiyn (kiri) dan Marckho Sandi Merauje di laga pekan kedelapan BRI Liga 1 2021/2022 antara Borneo FC melawan PSM Makassar di Stadion Manahan, Solo, Jumat (22/10/2021). (c) Bola.com/B

Pemain asal Jayapura yang memang jebolan tim muda Persipura ini mungkin termasuk satu di antara beberapa pemain yang terlambat membela Timnas Indonesia. Usianya kini sudah 25 tahun dan baru akan menjalani Piala AFF pertamanya.

Bahkan Marckho Sandy terhitung baru satu kali membela Tim Garuda senior. Dari catatatan Bola.com, ia belum pernah tampil bersama tim nasional kategori usia pada saat masih muda.

Pernah membela Sriwijaya FC dan Madura United, Marckho sekarang bermain untuk Borneo FC. Penampilannya yang cukup cemerlang di sisi kanan pertahanan Pesut Etam membuat Shin Tae-yong tertarik mengajaknya masuk skuad Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

Disadur dari Bola.com: Benediktus Gerendo Pradigdo, 3 Desember 2021

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR