Prestasi dan Rapor Merah Shin Tae-yong Bersama Timnas Indonesia

Richard Andreas | 22 September 2022, 06:45
Prestasi dan Rapor Merah Shin Tae-yong Bersama Timnas Indonesia
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong saat laga uji coba Timnas Indonesia U-19 melawan Persis Solo U-20 di Stadion PTIK, Jakarta Selatan, Jumat (2/9/2022) sore. (c) PSSI

Bola.net - Pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong baru-baru ini kembali mempersembahkan prestasi membanggakan bersama Timnas Indonesia U-20. Dia mengantarkan Garuda Asia lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023.

Tak hanya lolos, Shin Tae-yong juga membuat Timnas Indonesia U-20 mampu menjuarai grup F. Muhammad Ferrari cs mampu meraih poin sempurna dalam 3 laga yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Namun, itu bukan prestasi pertama yang dipersembahkan oleh Shin Tae-yong untuk pecinta Timnas Indonesia. Sebelumnya, dia juga mengantarkan timnas senior ke putaran final Piala Asia 2023.

Meski memberikan sejumlah prestasi yang mentereng di level internasional, perjalanan Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia bukan tanpa kegagalan. Pada awal kariernya di tanah air, dia belum bisa membuat Skuad Garuda berbicara lebih jauh di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Sama seperti pendahulunya, Shin Tae-yong juga gagal mempersembahkan gelar juara Piala AFF. Termasuk belum mampu meraih medali emas SEA Games yang sudah lama tidak bisa dibawa pulang Indonesia.

Berikut rapor Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia di sejumlah ajang regional maupun internasional. Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters.

1 dari 7 halaman

Kualifikasi Piala Dunia 2022

Tugas pertama Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia adalah tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Namun, dia hanya memimpin 3 laga setelah menggantikan Simon McMenemy.

Sayangnya, Shin Tae-yong tak mampu memperbaiki performa Timnas Indonesia. Dari 3 laga tersisa, dia hanya mempersembahkan 1 poin dari hasil imbang kontra Thailand.

Selebihnya, Skuad Garuda menjadi bulan-bulanan Vietnam dan Uni Emirat Arab di dua laga sisa. Mereka takluk dengan skor telak 0-4 dan 0-5 dan menjadi juru kunci grup G.

2 dari 7 halaman

Kualifikasi Piala Asia U-23 2022

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, mengamati permainan anak asuhnya saat melawan Brunei Darussalam pada laga kedua Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Senin (

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, mengamati permainan anak asuhnya saat melawan Brunei Darussalam pada laga kedua Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Senin (

Shin Tae-yong juga gagal mengantarkan Timnas Indonesia untuk melaju ke putaran final Piala Asia U-23 2022. Garuda Muda disingkirkan Australia dalam laga yang berlangsung di Tajikistan.

Timnas Indonesia yang tergabung di grup G sebenarnya juga akan menghadapi Brunei Darussalam dan China. Akan tetapi, kedua tim mundur, salah satu alasannya karena pandemi Covid-19.

Karena itu, Garuda Muda harus menghadapi Australia dalam dua leg untuk menentukan tim yang lolos. Namun, anak asuh Shin Tae-yong takluk dengan skor 2-3 dan 0-1.

3 dari 7 halaman

Piala AFF 2020

Harapan untuk meraih gelar juara pertama kalinya sempat terbuka pada ajang Piala AFF 2020. Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong mampu menembus babak final dalam turnamen paling bergengsi di Asia Tenggara tersebut.

Timnas Indonesia keluar sebagai juara grup B dalam turnamen yang berlangsung di Singapura. Mereka juga mampu mengalahkan tuan rumah di babak semifinal dengan agregat 5-3.

Sayangnya, Timnas Indonesia harus takluk dari Thailand di partai puncak. Skuad Garuda takluk 0-4 di leg pertama dan bermain imbang 2-2 di leg kedua.

4 dari 7 halaman

SEA Games 2021

Ekspresi kekecewaan Timnas Indonesia U-23 usai dikalahkan Thailand U-23 di Semifinal SEA Games 2021, Kamis (19/5/2022) (c) Bola.net/Ikhwan Yanuar

Ekspresi kekecewaan Timnas Indonesia U-23 usai dikalahkan Thailand U-23 di Semifinal SEA Games 2021, Kamis (19/5/2022) (c) Bola.net/Ikhwan Yanuar

Timnas Indonesia U-23 di bawah asuhan Shin Tae-yong hanya mampu meraih medali perunggu pada ajang SEA Games 2021. Mereka gagal ke final usai takluk dari Thailand.

Timnas Indonesia U-23 bertemu Thailand di semifinal setelah menjadi runner-up grup A. Mereka kalah 1 poin dari tuan rumah dengan mengumpulkan total 9 angka.

Sementara dalam perebutan medali perunggu, Timnas Indonesia U-23 bertemu Malaysia. Garuda Muda keluar sebagai pemenang lewat drama adu penalti.

5 dari 7 halaman

Kualifikasi Piala Asia 2023

Setelah absen sejak 2007, Timnas Indonesia akan kembali mentas di Piala Asia 2023. Turnamen paling bergengsi di benua kuning itu akan berlangsung pada 16 Juni hingga 16 Juli tahun depan.

Timnas Indonesia lolos lewat jalur 5 runner-up terbaik. Skuad Garuda menempati posisi kedua dengan mengumpulkan 6 poin dan surplus 6 gol.

Pada ajang ini, Timnas Indonesia mengawali perjuangan dari babak play off. Anak asuh Shin Tae-yong menyingkirkan Taiwan dengan agregat dengan agregat 5-1.

Di babak kualifikasi, Timnas Indonesia mengalahkan Kuwait 2-1, kalah dari Yordania 0-1. Sementara di laga terakhir, penggawa Skuad Garuda berpesta 7 gol ke gawang Nepal.

6 dari 7 halaman

Piala AFF U-19 2022

Pemain Timnas Indonesia U-19 tampak kecewa usai melawan Myanmar pada laga Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (10/7/2022). (c) Bola.net/M Iqbal Ichsan

Pemain Timnas Indonesia U-19 tampak kecewa usai melawan Myanmar pada laga Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (10/7/2022). (c) Bola.net/M Iqbal Ichsan

Di Piala AFF U-19 2022, performa Timnas Indonesia U-19 sebenarnya tidak mengecewakan. Berstatus tuan rumah, mereka tidak terkalahkan sepanjang fase grup.

Timnas Indonesia U-19 bermain imbang tanpa gol kontra Vietnam dan Thailand. Sementara dalam 3 laga lainnya, Garuda Asia berpesta ke gawang Brunei Darussalam, Filipina dan Myanmar.

Sayangnya, Timnas Indonesia U-19 harus tersingkir di fase grup setelah Thailand bermain imbang 1-1 kontra Vietnam. Keduanya keluar sebagai juara grup dan runner-up.

7 dari 7 halaman

Kualifikasi Piala Asia U-20 2023

Shin Tae-yong kembali mengantarkan tim Merah Putih untuk tampil di pentas Asia. Itu setelah Timnas Indonesia U-20 berhasil menjuarai grup F pada babak kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Skuad Garuda berhasil menyapu bersih poin dalam tiga pertandingan. Mereka mengalahkan Timor Leste, Hongkong dan Vietnam dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Timnas Indonesia U-20 keluar sebagai juara grup dengan mengumpulkan total 9 poin. Sehingga mereka langsung mendapatkan tiket untuk tampil di Uzbekistan tahun depan.

(Mustopa Elabdy/Bola.net)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR