Presiden Jokowi Beri Lampu Hijau Indonesia Calonkan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Ari Prayoga | 29 Juni 2022, 13:21
Presiden Jokowi (c) Liputan6.com/Pool/Biro Pers Setpres
Presiden Jokowi (c) Liputan6.com/Pool/Biro Pers Setpres

Bola.net - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mendukung rencana PSSI untuk mencalonkan diri menjadi tua rumah Piala Asia 2023. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali.

"Ada permintaan dari PSSI sebab mereka berencana mengajukan menjadi tuan rumah Piala Asia 2023," ujar Amali di Jakarta, Rabu (29/6/2022).

"Apa yang disampaikan PSSI kepada saya kemudian saya laporkan ke Pak Presiden apakah diizinkan atau tidak kita menjadi tuan rumah."

"Pak Presiden menyampaikan kepada saya bahwa silakan PSSI mengajukan sebagai tuan rumah Piala Asia 2023 dan sampaikan kepada PSSI," jelasnya.

Piala Asia 2023 akan digelar pada 16 Juni-16 Juli 2023 atau hanya beberapa hari setelah Piala Dunia U-20 2023 pada 20 Mei-11 Juni 2022 yang diselenggarakan di Indonesia.

1 dari 3 halaman

Penuhi Syarat

PSSI (c) Fitri Apriani

PSSI (c) Fitri Apriani

PSSI telah memenuhi syarat untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Asia 2023. Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) hanya menerima permintaan dari peserta yang lolos ke putaran final pada tahun depan.

Timnas Indonesia berhasil melengggang ke Piala Asia 2023 berkat menjadi satu dari lima runner-up terbaik di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

"PSSI silakan ikut mengajukan sebagai tuan rumah Piala Asia 2023. Hasilnya seperti apa, kami belum tahu. Sekarang kami sudah meminta kepada PSSI untuk ikut bursa pencalonan tuan rumah Piala Asia 2023," terang Amali.

2 dari 3 halaman

Siapkan Penawaran Resmi

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan (c) Bola.com/Bagaskara Lazuardi

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan (c) Bola.com/Bagaskara Lazuardi

PSSI segera mengirimkan penawaran resmi untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 ke Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

AFC memang tengah mencari tuan rumah Piala Asia 2023 pengganti China yang mengundurkan diri imbas wabah COVID-19 berkepanjangan.

"Setelah PSSI berkoordinasi dengan pemerintah dalam hal ini Kemenpora, akhirnya PSSI mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023," kata Ketua PSSI, Mochamad Iriawan dinukil dari laman PSSI.

3 dari 3 halaman

Bertarung dengan 4 Raksasa AFC

Asosiasi Sepakbola Asia (AFC) (c) ist

Asosiasi Sepakbola Asia (AFC) (c) ist

PSSI dapat bertarung dengan empat anggota Konfederasi Piala Asia (AFC) untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.

Keempatnya adalah Australia, Jepang, Korea Selatan, dan Qatar. PSSI menyebut keempatnya juga berminat sebagai penyelenggara Piala Asia 2023.

"Semua persyaratan yang diminta AFC segera kami siapkan dan akan kami kirimkan secepat mungkin," tutur Iriawan.

Disadur dari: Bola.com (Muhammad Adiyaksa, Wiwig Prayugi) 29 Juni 2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR