Presiden FIFA Sebut Timnas Vietnam Bisa Lolos ke Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia Kapan?

Serafin Unus Pasi | 1 Desember 2021, 12:40
Pelatih Vietnam, Park Hang-seo memberikan instruksi kepada para pemain timnas Vietnam di sesi latihan tim. (c) VFF
Pelatih Vietnam, Park Hang-seo memberikan instruksi kepada para pemain timnas Vietnam di sesi latihan tim. (c) VFF

Bola.net - Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) mengadakan pertemuan dengan FIFA di Swiss beberapa waktu lalu. Pada pertemuan itu, FIFA lewat sang presiden Gianni Infantino siap membantu Timnas Vietnam mewujudkan mimpi bermain di Piala Dunia 2026.


Vietnam kini menjadi kekuatan besar di sepak bola Asia Tenggara. Di bawah kendali pelatih Park Hang-seo, The Golden Star menjadi juara Piala AFF 2018 dan mengukir prestasi bagus pada beberapa turnamen kelompok usia.

Vietnam terus melakukan ivestasi untuk mencapai tujuan besar mereka, tampil di Piala Dunia. Vietnam hampir pasti gagal tampil di Piala Dunia 2022 karena kesulitan bersaing pada putaran kedua kualifikasi zona Asia.

1 dari 3 halaman

Dukungan dari FIFA

Gianni Infantino (c) FIFA

Vietnam pontang-panting pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Dari enam laga yang sudah dimainkan, mereka selalu kalah. Sebagai catatan, Vietnam menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang lolos ke putaran kedua.

Usai bertemu dengan delagasi VFF, Gianni Infantino melihat ada peluang bagi Vietnam untuk mewujudkan mimpi tampil di Piala Dunia 2026 karena bakal ada 48 negara yang ambil bagian. "Peluang Vietnam tidak kecil," kata Infantino dikutip dari TheTao 247.

"Pada Piala Dunia FIFA 2026, jumlah tim Asia yang berpartisipasi akan meningkat menjadi 8 negara, bukan 4 seperti saat ini," sambungnya.

"Dengan bertambahnya jumlah tim yang berpartisipasi, kami berharap dapat membawa peluang besar bagi tim seperti Vietnam, yang telah berinvestasi pada kekuatan muda yang dapat bersaing di Piala Dunia FIFA pria dan wanita," kata Infantino.

2 dari 3 halaman

Bantuan FIFA untuk Vietnam

Timnas Vietnam pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022. (c) AFP/Sonny Tumbelaka

Langkah VFF mendekati FIFA berbuah manis. Sebab, mereka dipastikan akan mendapat bantuan program dari FIFA untuk mengembangkan sepak bola mereka dalam beberapa tahun ke depan. FIFA akan mendukung mimpi Vietnam tampil di Piala Dunia.

FIFA akan memberi arahan langsung untuk setiap program yang dibuat VFF melalui Laporan Analisis Global. Selain itu, FIFA juga akan terus mengawal setiap tahap dari proses pengembangan sepak bola Vietnam dalam beberapa tahun ke depan.

Di sisi lain, FIFA dilaporkan meminta dukungan dari VFF untuk penyelenggaran Piala Dunia setiap dua tahun sekali. FIFA melihat VFF sebagai mitra penting karena beberapa pejabat mereka punya posisi strategis di kepengurusan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

3 dari 3 halaman

Timnas Indonesia Kapan?

Diego Michiels ketika membela Arema FC pada laga BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bola.net/Muhammad Iqbal Ichsan

Vietnam kini sudah bersaing pada level Asia. Bahkan, mereka menyiapkan program untuk tampil di Piala Dunia 2026 dengan mendapatkan bantuan dari FIFA. Lantas, bagaimana dengan nasib Timnas Indonesia?

Sebuah pernyataan menarik dibuat oleh Diego Michiels dalam sebuah wawancara di YouTube KRTV. Pemain Arema FC itu menilai Indonesia mungkin belum akan tampil di Piala Dunia hingga 40 tahun ke depan.

"Mungkin di atas itu. Mungkin, kalau mulai sekarang PSSI bangun semua infrastruktur untuk pemain muda, mungkin bisa lolos (ke Piala Dunia) 20 tahun ke depan," ucap mantan pemain Borneo FC tersebut.

Sumber: TheThao 247/KRTV

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR