Prediksi Play-off Kualifikasi Piala Asia: Indonesia vs Taiwan 7 Oktober 2021

Gia Yuda Pradana | 7 Oktober 2021, 08:22
Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 (c) PSSI

Bola.net - Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Timnas Taiwan (Chinese Taipei) pada leg 1 play-off Kualifikasi Piala Asia atau Piala AFC 2023. Pertandingan ini akan digelar di Buriram Stadium, Thailand, Kamis (7/11/2021) malam WIB.


Pertandingan ini dijadwalkan kick-off 19:00 WIB, siaran langsung di Indosiar dan live streaming di Vidio.

Indonesia dan Taiwan terpaksa tampil di laga play-off kualifikasi babak ketiga ini. Sebab, kedua tim meraih hasil buruk pada Kualifikasi Piala Dunia 2022, yang juga dijadikan ajang perebutan tiket menuju Piala AFC 2023.

Indonesia berada di dasar klasemen Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 karena hanya meraih sekali imbang, sedangkan tujuh laga lainnya kalah. Sementara itu, Taiwan berada di dasar klasemen Grup B dengan raihan nol poin.

Pertandingan akan digelar dengan sistem dua pertandingan. Ada aturan gol tandang, perpanjangan waktu bila bermain imbang, dan adu penalti untuk menentukan pemenang bila diperlukan.

Pemenang dalam laga ini akan bergabung dengan 22 tim yang lolos langsung dari babak kedua Kualifikasi Piala AFC ke babak ketiga. Nantinya, mereka akan memperebutkan 11 slot terakhir ke Piala Asia 2023.

Pelatih Shin Tae-yong sadar laga melawan Taiwan tak akan mudah. Timnas Indonesia wajib tancap gas sedari leg 1 untuk bisa menghitung peluang ke babak selanjutnya.

Namun, pelatih Shin Tae-yong mengaku buta akan kekuatan Taiwan. Situasi itu terasa wajar mengingat Shin Tae-yong belum pernah menghadapi Taiwan sepanjang kariernya sebagai pelatih.

"Kami tidak terlalu tahu selain menonton pertandingan Kualifikasi Piala Dunia pada Juni. Kami akan fokus ke formasi dan bagaimana pergerakan pemain," kata Shin Tae-yong.

Pelatih Shin Tae-yong diyakini akan mengandalkan skema 4-2-3-1 untuk menggedor lini pertahanan Taiwan. Adam Alis, Evan Dimas, Egy Maulana Vikri akan diplot di lini tengah untuk mendukung pergerakan Kushedya Hari Yudo sebagai penyerang tunggal Timnas Indonesia.

1 dari 2 halaman

Konsentrasi Terpecah

Timnas Taiwan akan menjadi lawan Timnas Indonesia di Play-off Kualifikasi Piala AFC 2023 (c) dok. CFTA

Posisi yang tidak menguntungkan justru dialami Taiwan. Jelang menghadapi Timnas Indonesia, Taiwan diterpa skandal masalah indisipliner yang menyeret enam pemain.

Asosiasi Sepak Bola Chinese Taipei (CTFA) memberikan sanksi skorsing untuk empat pemain Tim Nasional yang ketahuan mabuk-mabukan dan keluar malam tanpa izin jelang laga melawan Timnas Indonesia.

Keempat pemain yang mendapatkan sanksi larangan bermain dan denda adalah Chen Haowei, Bai Shaoyu, Duan Zhu, dan You Jiahuang. Adapun Li Xiangwei dan Lin Mingwei hanya mendapatkan teguran tertulis.

Keenam pemain tersebut terpaksa harus dicoret dan tidak dibawa untuk laga tersebut. Selain itu, kursi pelatih juga harus dialihkan ke Ye Xianzhong karena Wang Jiazhong mendapatkan skorsing setelah dianggap melakukan pembiaran terhadap tindakan keenam pemain tersebut.

Taiwan akhirnya hanya bermodalkan 18 pemain untuk laga melawan Timnas Indonesia. Skuad pincang yang dimiliki Taiwan wajib dimaksimalkan oleh Timnas Indonesia.

Apalagi Timnas Indonesia punya catatan apik melawan Taiwan. Timnas Garuda tercatat menang delapan kali dan kalah empat kali sepanjang sejarah pertemuan melawan Taiwan.

Meski demikian, Taiwan tetap tak boleh dipandang sebelah mata. Pelatih Ye Xianzhong diprediksi akan mengandalkan skema 4-4-2 dengan Lin Ming-wei dan Li Mao sebagai ujung tombak.

2 dari 2 halaman

Perkiraan Susunan Pemain dan Prediksi

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (c) PSSI

Indonesia (4-2-3-1): Nadeo Argawinata (kiper), Pratama Arhan, Ryuji Utomo, Victor Igbonefo, Asnawi Mangkualam (belakang), Kadek Agung, Syahrian Abimanyu, Adam Alis, Evan Dimas, Egy Maulana Vikri (tengah), Kushedya Hari Yudo (depan).

Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan).

Taiwan (4-4-2): Shih Shin-an (kiper), Hao Cheng, Chen Ting-yang, Lin Cheng-yi, Liang Meng-hsin (belakang), Wu Chun-ching, Lin Chang-lun, Hsu Yi, Emilio Estevez (tengah), Lin Ming-wei, Li Mao (depan)

Pelatih: Ye Xianzhong (Taiwan).

Prediksi: 55-45.

Disadur dari: Bola.com/Zulfirdaus Harahap/Benediktus Gerendo Pradigdo

Published: 7 Oktober 2021

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR