Prediksi Australia U-23 vs Timnas Indonesia U-23 29 Oktober 2021

Gia Yuda Pradana | 29 Oktober 2021, 08:46
Penyerang Timnas Indonesia U-23, Bagus Kahfi dikawal pemain Australia U-23, Selasa (26/10/2021) (c) Dok. PSSI
Penyerang Timnas Indonesia U-23, Bagus Kahfi dikawal pemain Australia U-23, Selasa (26/10/2021) (c) Dok. PSSI

Bola.net - Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Australia U-23 dalam lanjutan Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 Grup G, Jumat (29/10/2021). Ini adalah laga penentuan nasib pasukan Shin Tae-yong.


Kekalahan 2-3 pada laga pertama membuat Timnas Indonesia U-23 berada dalam situasi yang sulit. Namun, secara matematis, peluang masih ada dan terbuka.

Timnas Indonesia U-23 wajib mengalahkan Australia untuk bisa lolos ke Piala Asia U-23 2022. Tak cukup sampai situ, kemenangan yang diraih wajib haruslah dengan selisih dua gol.

Bila cuma menang dengan selisih satu gol, maka nasib Timnas U-23 ditentukan melalui drama adu penalti. Sebaliknya, bila menelan kekalahan atau meraih hasil imbang maka mimpi tampil di Piala Asia U-23 2022 harus dikubur.

Pelatih Shin Tae-yong sadar timnya dalam tekanan dengan hitung-hitungan di atas. Pelatih asal Korea Selatan itu sulit membayangkan yang akan terjadi pada Timnas U-23 selain bakal berusaha semaksimal mungkin dalam pertandingan.

"Jujur saya tidak tahu akan bagaimana peluang Timnas Indonesia U-23. Namun, saya akan berpesan kepada pemain untuk bekerja keras sampai akhir pertandingan," ucap Shin Tae-yong.

Rotasi pemain menjadi siasat penting untuk bisa meraih kemenangan. Pelatih Shin Tae-yong diyakini bakal melakukan sejumlah perubahan susunan pemain demi meraih hasil maksimal.

Skema 4-4-2 diyakini masih jadi andalan Shin Tae-yong untuk menggempur lini pertahanan Australia. Shin Tae-yong akan mengandalkan Marselino Ferinand dan Witan Sulaeman untuk menyuplai bola ke Bagus Kahfi serta Taufik Hidayat yang mungkin diduetkan di lini depan Timnas Indonesia U-23.

1 dari 2 halaman

Beri Ancaman Nyata

Selebrasi pemain Australia U-23 setelah membobol gawang Timnas Indonesia U-23 di leg pertama Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. (c) dok. AFC

Australia tak ingin jemawa meski secara selisih gol sudah unggul dari Timnas Indonesia U-23. Secara matematis, tim berjulukan Olyroos cukup mengincar hasil imbang dengan skor berapapun untuk meraih tiket ke Piala Asia U-23 2022.

Namun, pelatih Trevor Morgan memastikan timnya tak ingin bermain aman pada laga kedua melawan Timnas U-23. Menurut Trevor Morgan, Australia masih bisa lebih tajam dalam penyerangan dan solid saat bertahan.

Permainan itu akan ditunjukkan dalam laga kedua nanti. Artinya, Australia bisa tampil lebih garang lagi setelah membaca permainan Timnas U-23 pada laga sebelumnya.

"Dari sisi penyerangan, kami yakin bisa lebih tajam. Adapun dari sisi pertahanan, kami tahu bisa lebih kompak. Ini adalah dua elemen yang akan kami asah jelang pertandingan Jumat." kata Trevor Morgan.

Kemenangan atas Timnas U-23 pada laga pertama jelas menjadi modal berharga buat Australia. Pelatih Trevor Morgan menegaskan kesungguhan timnya untuk bisa meraih tiket ke Piala Asia U-23 2022.

"Ini membuat kami siap untuk pertandingan kedua di mana target kami adalah kemenangan di Kualifikasi untuk lolos ke Uzbekistan 2022," tegas Trevor Morgan.

Sama seperti laga sebelumnya, Australia diyakini bakal mengandalkan skema 4-2-3-1. Jacob Italiano, Adisu Bayew, dan Lachlan Brook akan didapuk di lini tengah untuk mendukung pergerakan Patrick Wood yang jadi ujung tombak.

2 dari 2 halaman

Perkiraan Susunan Pemain dan Prediksi

Starting XI Timnas Indonesia U-23 ketika menghadapi Australia U-23 di leg pertama Kualifikasi Piala Asia U-23, Rabu (26/10/21) malam WIB. (c) dok.PSSI

Australia U-23 (4-2-3-1): Suman (kiper), Lewis Miller, Marc Tokich, Jordan Courtney-Perkins, Jordan Bos (belakang), Fabian Monge, Luke Duzel; Jacob Italiano, Adisu Bayew, Lachlan Brook (tengah), Patrick Wood (depan).

Pelatih Interim: Trevor Morgan.

Indonesia U-23 (4-4-2): Muhammad Riyandi; Asnawi Mangkualam, Rahmat Irianto, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan (belakang) Witan Sulaeman, Komang Teguh, Mohammad Kanu, Marselino Ferdinan (tengah) Bagus Kahfi, Taufik Hidayat (depan).

Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan).

Prediksi: 50-50.

Disadur dari: Bola.com/Zulfirdaus Harahap/Benediktus Gerendo Pradigdo

Published: 29 Oktober 2021

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR