Pratama Arhan Bersiap Menyambut Puasa Ramadan di Jepang

Gia Yuda Pradana | 27 Maret 2022, 00:01
Pratama Arhan diperkenalkan oleh Tokyo Verdy di Wisma Duta KBRI Tokyo, Jumat (25/3/2022) (c) dok. KBRI Tokyo
Pratama Arhan diperkenalkan oleh Tokyo Verdy di Wisma Duta KBRI Tokyo, Jumat (25/3/2022) (c) dok. KBRI Tokyo

Bola.net - Pratama Arhan bakal tetap menjalankan ibadah puasa pada Ramadan mendatang. Bek baru Tokyo Verdy asal Indonesia itu punya cara agar tetap bisa menjalankan ibadah sembari berkarier sepak bola.

Kompetisi J2-League tetap bergulir selama Ramadan. Inilah yang membuat pesepak bola yang menjalani ibadah puasa harus punya cara agar tetap bisa beribadah.

Pratama Arhan mengaku akan tetap berpuasa bila tidak ada jadwal pertandingan. Adapun ketika pertandingan berlangsung maka Arhan memilih tidak berpuasa dan menggantinya pada hari lain.

"Kalau untuk puasa kan saya umat musim dan wajib untuk puasa. Akan tetapi, misalnya kalau ada pertandingan atau cuaca dan kondisi tidak memungkinkan puasa, mungkin saya juga tidak akan puasa," kata Pratama Arhan.

"Akan tetapi, puasa kan bisa diganti selesai Lebaran. Jadi, lihat nanti bagaimananya," ucap pemain 20 tahun itu.

Pratama Arhan bergabung dengan Tokyo Verdy pada pertengahan Februari 2021. Pemain Timnas Indonesia itu mendapatkan dua tahun kontrak bersama klub Jepang tersebut.

1 dari 2 halaman

Perlakuan Khusus

Pratama Arhan berpose dengan jersey Tokyo Verdy (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Pratama Arhan berpose dengan jersey Tokyo Verdy (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Tokyo Verdy memberikan jaminan Pratama Arhan tetap akan mendapatkan makanan halal selama di Jepang. Direktur Sepak Bola Tokyo Verdy, Atsuhiko Ejiri, menyebut pihaknya akan memberi perlakuan khusus kepada Arhan.

Perlakuan khusus yang diberikan kepada Pratama Arhan adalah jaminan pemberian makanan halal. Bahkan, Atsuhiko Ejiri menyebut pihaknya telah berdiskusi dengan juru masak tim agar bisa menyediakan makanan yang bisa dikonsumsi oleh pemain Timnas Indonesia itu.

"Kami telah berdiskusi soal Arhan dan telah mendapatkan hasil yang baik mengenai makanan. Kami juga memahami umat Muslim harus berpuasa," kata Atsuhiko Ejiri.

"Kami telah berdikusi dengan chef yang ada di Tokyo Verdy. Arhan tidak boleh mengonsumsi makanan non halal dan kami sangat bertanggung jawab soal itu karena kami mengetahui kehidupan di sini," ucap Atsuhiko Ejiri.

2 dari 2 halaman

Sambut Antusias

Pratama Arhan (c) Instagram/tokyo_verdy

Pratama Arhan (c) Instagram/tokyo_verdy

Pratama Arhan juga menyambut antusias kesempatan bergabung dengan Tokyo Verdy. Dia tak menyangka mendapatkan sambutan yang baik dan luar biasa dari klub Jepang tersebut.

"Saya senang bisa datang ke sini dan bergabung dengan Tokyo Verdy. Pemain-pemainnya, staf, pelatih, dan petinggi klub sangat ramah menyambut saya," ucap Pratama Arhan.

"Saya sangat senang juga karena Tokyo Verdy adalah tim yang bagus untuk membuat saya lebih berkembang dan menjadi pemain lebih baik lagi. Keunggulan saya adalah memiliki kecepatan, tendangan kaki kiri yang sangat baik, dan throw in yang jauh," imbuh pemain berusia 20 tahun itu.

Disadur dari: Bola.com/Zulfirdaus Harahap/Rizki Hidayat, 26 Maret 2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR