Piala AFF U-23: Indonesia Incar Juara, Malaysia Cuma Jadikan Ajang Seleksi Pemain

Gia Yuda Pradana | 25 Januari 2022, 13:14
Timnas Malaysia U-23 (c) Facebook FA Malaysia
Timnas Malaysia U-23 (c) Facebook FA Malaysia

Bola.net - Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup B Piala AFF U-23 2022. Lawan-lawan yang akan dihadapi adalah Myanmar, Laos, dan Malaysia.


Indonesia dan Malayia punya misi berbeda. Indonesia mengincar gelar juara, sedangkan Malaysia cuma menjadikan ajang ini sebagai seleksi pemain untuk Piala Asia U-23 2022.

Pelatih Brad Maloney memang membuat kejutan dengan memanggil banyak wajah baru untuk pemusatan latihan Timnas Malaysia U-23 jelang Piala AFF U-23 2022. Dari 30 pemain yang dipanggil hanya sembilan nama yang merupakan wajah lama.

Malaysia U-23 ternyata lebih fokus ke Piala AFC U-23 2022 yang akan digelar di Uzbekistan pada pertengahan tahun ini. Itulah yang membuat Brad Maloney ingin menjadikan Piala AFF U-23 2022 sebagai ajang untuk melihat kekuatan dari pemain wajah baru.

"Saya sudah berbicara dengan federasi, termasuk Direktur Teknik dan Staf Pelatih. Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk wajah-wajah baru dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk menguji kemampuan sendiri," kata Brad Maloney seperti dikutip Stadium Astro.

"Kami juga ingin melihat berapa banyak opsi pemain yang dimiliki dalam tim. Ini adalah kesempatan untuk mendapatkan tempat bagi wajah-wajah baru dan juga pemain yang sebelumnya punya kesempatan kurang pada pertandingan persahabatan," ucap pelatih asal Australia itu.

1 dari 2 halaman

Indonesia Bidik Gelar

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (c) PSSI

Berbeda dengan Malaysia, Timnas Indonesia diprediksi bakal mengandalkan skuad yang mirip pada Piala AFF U-23 2022. Seperti diketahui, pemain yang digunakan merupakan skuad turunan dari Piala AFF senior karena masih memungkinkan dari segi usia.

Pelatih Shin Tae-yong percaya diri Timnas Indonesia bisa mempertahankan gelar di Piala AFF U-23. Meskipun pemain yang bakal dipanggil mayoritas bermain di klub lokal.

"Saya menargetkan juara. Meskipun pemain-pemain aboard seperti Elkan Baggott, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, dan Asnawi Mangkualam tidak bisa dipanggil," kata Shin Tae-yong saat diundang menjadi narasumber di Podcats Close The Door milik Deddy Corbuzier beberapa waktu lalu.

2 dari 2 halaman

Jadwal Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2022

Pemain Timnas Indonesia berfoto bersama setelah pertandingan final AFF 2020 melawan Thailand. (c) AP Photo
  • 15/2/2022 - Indonesia vs Laos (Prince Stadium)
  • 18/2/2022 - Myanmar vs Indonesia (Prince Stadium)
  • 23/2/2022 - Indonesia vs Malaysia (Morodok Techo National Stadium).

Disadur dari: Bola.com/Zulfirdaus Harahap/Wiwig Prayugi

Published: 25 Januari 2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR