Piala AFF U-19 2022 Datangkan Rezeki buat Pedagang Atribut Timnas Indonesia

Gia Yuda Pradana | 3 Juli 2022, 08:00
Para penjual atribut seputar Timnas Indonesia U-19 mendapatkan berkah atas kehadiran suporter yang sudah diperbolehkan kembali ke stadion pada Piala AFF U-19 2022 (c) Bola.com/Zulfirdaus Harahap
Para penjual atribut seputar Timnas Indonesia U-19 mendapatkan berkah atas kehadiran suporter yang sudah diperbolehkan kembali ke stadion pada Piala AFF U-19 2022 (c) Bola.com/Zulfirdaus Harahap

Bola.net - Piala AFF U-19 2022 yang digelar di Jakarta dan Bekasi mulai 2 Juli 2022 disambut antusias berbagai kalangan. Selain suporter yang siap mendukung Timnas Indonesia U-19, turnamen ini juga disambut baik oleh para pedagang atribut Timnas Indonesia.

Setelah cukup lama tak ada kehadiran suporter di sepak bola Indonesia akibat pandemi COVID-19, kini stadion-stadion sudah mulai dibuka. Suporter sudah bisa mendukung langsung tim kesayangan mereka.

Itu pula yang terlihat jelang laga pertama Timnas Indonesia U-19 di Grup A Piala AFF U-19 2022. Laga pertamanya adalah melawan Vietnam di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu 2 Juli 2022.

Di luar stadion, suasana yang dahulu biasa terlihat, tetapi kemudian sempat lenyap, kini bisa kembali kita saksikan.

1 dari 3 halaman

UMKM Kembali Menggeliat

(c) Bola/Adreanus Titus

(c) Bola/Adreanus Titus

Kembali bergairahnya sepak bola Indonesia setelah COVID-19 membuat kelompok Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) kembali menggeliat. Kehadiran para suporter di stadion untuk mendukung Timnas Indonesia U-19 pada Piala AFF U-19 2022 mendatangkan rezeki buat para pedagang.

Salah satunya adalah Hendra Setiawan yang berasal dari Bandung, Jawa Barat. Menurut penjual atribut Timnas Indonesia itu, dagangannya laris manis dengan kembalinya suporter ke stadion.

"Alhamdulillah, hari ini sudah laku 30 syal. Paling banyak orang membeli syal dengan harga yang beragam, sih. Ada yang murah dan paling mahal, semuanya laku," kata Hendra, seperti dilansir Bola.com.

Syal Timnas Indonesia U-19 terbagi dalam beberapa harga, mulai Rp90 ribu hingga Rp200 ribu. Menurut Hendra, perbedaan harga terjadi sesuai dengan bahan yang ada dalam syal.

"Semuanya sih rata. Suporter ada yang beli paling murah, dan yang paling bagus, dan mahal juga laku kok," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Antusiasme Suporter

Suporter Timnas Indonesia (c) Bola.com/M. Iqbal Ichsan

Suporter Timnas Indonesia (c) Bola.com/M. Iqbal Ichsan

Salah seorang uporter Timnas Indonesia U-19, Akmal Insyan Putra, mengaku senang bisa kembali menonton pertandingan di stadion. Akmal tak ingin melewatkan momentum ini dengan membeli suvenir Timnas Merah Putih.

"Saya beli ini untuk memeriahkan saja. Kebetulan belum punya syal juga. Lagian harganya juga terjangkau," kata Akmal.

"Saya tadi datang dari Tangsel bareng dua orang teman. Tidak masalah jauh, asal bisa nonton pertandingan," imbuhnya.

3 dari 3 halaman

Dukungan Membara

Piala AFF U-19 2022: Aksi suporter Timnas Indonesia di laga kontra Vietnam (c) Bola.net/Ikhwan Yanuar

Piala AFF U-19 2022: Aksi suporter Timnas Indonesia di laga kontra Vietnam (c) Bola.net/Ikhwan Yanuar

Timnas Indonesia U-19 bermain imbang 0-0 kontra Vietnam. Atmosfer pertandingan di Stadion Patriot Candrabhaga ini terasa menyala dengan dukungan membara para suporter, khususnya Ultras Garuda.

Pelatih Shin Tae-yong berterima kasih kepada seluruh suporter yang hadir memberikan dukungan langsung kepada Timnas Indonesia U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga. Akan tetapi, ia sedikit menyayangkan adanya petasan di menit-menit akhir pertandingan.

"Pertama-tama, memang saya berterima kasih kepada fans karena sudah mendukung kami, tetapi petasan di menit terakhir itu akan mengurangi fokus para pemain kami, jadi kami memohon agar tidak dilakukan lagi," kata Shin Tae-yong usai pertandingan.

"Apalagi, dari FIFA ada sanksi besar dan keras, jadi saya mohon untuk mengubah budaya dari fans sedikit demi sedikit agar tetap semangat memberikan dukungan pada kami," imbuh pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Disadur dari: Bola.com/Zulfirdaus Harahap/Gregah Nurikhsani, 2 Juli 2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR