Piala AFF: Media Vietnam Sebut Indonesia 'Raja Tempat Kedua' dan 'Tidak Punya Prestasi'

Asad Arifin | 9 November 2021, 13:01
Timnas Indonesia di Play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 (c) dok. PSSI
Timnas Indonesia di Play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 (c) dok. PSSI

Bola.net - Media Vietnam, The Thao 247, menyoroti persiapan Timnas Indonesia jelang berlaga di Piala AFF 2020. Mereka menyebut Timnas Indonesia sebagai 'raja tempat kedua' dan 'tidak punya prestasi yang menonjol beberapa tahun terakhir'.


Timnas Indonesia memulai persiapan untuk tampil di Piala AFF pekan ini. Tim racikan Shin Tae-yong telah berlatih di Jakarta untuk kemudian bertolak ke Turki guna menjalani dua laga uji coba dan pemusatan latihan.

Shin Tae-yong telah memanggil 26 pemain untuk persiapan Piala AFF. Nama-nama yang dipanggil pelatih asal Korea Selatan itu termasuk beberapa pemain yang kini membela klub luar negeri seperti Egy Maulana Vikri dan Elkan Baggott.

1 dari 4 halaman

Raja Tempat Kedua

Timnas Indonesia di Piala AFF (c) Bola.com/Adreanus Titus

The Thao 247 mulai menyoroti target yang ditetapkan untuk Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Mereka mengutip pernyataan Sekjen PSSI, Yunus Nusi, yang tidak memberikan target khusus bagi Shin Tae-yong. Tidak ada gelar juara yang dibidik.

"Di Piala AFF, kami tidak memberikan target harus juara atau tidak. Tapi coach Shin Tae-yong menyampaikan ke kami bahwa dia mau maksimal memberikan yang terbaik untuk Piala AFF," kata Yunis Nusi.

Lantas, pernyataan itu dibandingkan dengan target yang diucapkan Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, pada Mei 2021 lalu yang ingin Timnas Indonesia juara. Iwan Bule memang sempat berujar bahwa target Skuad Garuda adalah meraih gelar juara.

Ulasan tersebut termuat dalam artikel The Thao 247 dengan judul: 'Raja Tempat Kedua' Piala AFF Tidak Memberi Tekanan pada Pelatih.

2 dari 4 halaman

Tidak Punya Prestasi

Kolase - Timnas Indonesia 2 di Piala AFF. (c) Bola.com/Adreanus Titus

Lebih jauh, The Thao 247 juga membuat laporan persiapan Timnas Indonesia di Turki pada artikel yang sama. Tapi, ada paragraf yang cukup menarik untuk direnungkan dari cuplikan pemberitaan tersebut. Berikut lengkapnya:

"Tidak ada tim di Asia Tenggara saat ini yang bercita-cita menjadi juara Piala AFF seperti Indonesia. Mereka adalah tim runner-up terbanyak dengan 5 kali mencapai final tetapi semuanya harus kalah."

"Sepak bola Indonesia dalam beberapa tahun terakhir juga tidak punya prestasi yang menonjol selain medali perak pada cabang olahraga sepak bola putra pada Sea Games ke-30 (di Filipina 2019)."

3 dari 4 halaman

Tentang Fase Grup Piala AFF

Vietnam (c) AP Photo

Timnas Indonesia berada di Grup B pada Piala AFF 2020 ini. Skuad Garuda akan bersaing dengan Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos untuk bisa lolos ke babak selanjutnya. Pertandingan Grup B akan dimainkan di Singapura.

"Sebelum memikirkan tujuan juara, guru Shin Tae-yong dan anak asuhnya harus mencari cara untuk mengatasi penyisihan grup saat Vietnam dan Malaysia adalah dua tim yang melaju ke final Piala AFF 2018," tulis The Thao 247.

4 dari 4 halaman

Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Kamis, 9 September 2021

  • Timnas Indonesia Vs Kamboja

Minggu, 12 Desember 2021

  • Laos Vs Timnas Indonesia

Rabu, 15 Desember 2021

  • Timnas Indonesia Vs Vietnam

Minggu, 19 Desember 2021

  • Malaysia Vs Timnas Indonesia

Sumber: The Thao 247

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR