Piala AFF 2020: Singapura vs Indonesia, Menanti Aksi Sayap-sayap Garuda

Gia Yuda Pradana | 22 Desember 2021, 11:35
Selebrasi Witan Sulaeman untuk gol Timnas Indonesia ke gawang Malaysia di Piala AFF 2020 (c) AFF
Selebrasi Witan Sulaeman untuk gol Timnas Indonesia ke gawang Malaysia di Piala AFF 2020 (c) AFF

Bola.net - Timnas Indonesia akan menghadapi tuan rumah Singapura pada leg pertama semifinal Piala AFF 2020, Rabu 22 Desember 2021. Serangan sayap merupakan salah satu keunggulan Skuad Garuda.


Pertandingan Singapura vs Indonesia ini akan digelar di National Stadium, Kallang. Pertandingan semifinal leg pertama ini dijadwalkan kick-off jam 19:30 WIB, dan leg keduanya dimainkan di tempat yang sama tiga hari berselang.

Indonesia punya 13 gol meski kebobolan empat kali selama babak penyisihan grup. Jumlah itu jelas adalah yang terbanyak dari para tim peserta Piala AFF 2020, bahkan melebihi jumlah gol Thailand.

Rangkaian hasil itulah yang akan menjadi modal penting Timnas Indonesia kembali membuat kejutan dengan membungkam Singapura. Namun secara teknis tim, Shin Tae-yong bakal tetap memaksimalkan pemain-pemain sayapnya yang menjadi ruh permainan.

1 dari 3 halaman

Kolaborasi Irfan Jaya dan Witan Sulaeman

Selebrasi Irfan Jaya usai mencetak gol di laga Malaysia vs Indonesia, Piala AFF 2020 (c) PSSI

Inilah dua pemain mesin sayap andalan Shin Tae-yong sejak awal turnamen Piala AFF 2020 yang kemudian menjadi andalan di laga-laga selanjutnya. Timnas Indonesia seperti menerapkan komposisi pakemnya di ajang Piala AFF kali ini.

Nama Irfan Jaya dan Witan Sulaeman dipercaya oleh Shin Tae-yong untuk menempati pos sayap kiri dan kanan. Irfan Jaya yang tampil meledak bersama PSS Sleman musim ini, mendapat kepercayaan menempati gelandang sisi kiri. Ia punya kecepatan, kelincahan, dan naluri mencetak gol tinggi.

Adapun Witan Sulaeman juga menjadi kepercayaan Shin Tae-yong untuk pekerjaan sebagai gelandang kanan, meski kekuatannya ada di kaki kiri. Sosoknya mirip dengan Safawi Rasid yang akan menjadi lawan Timnas Indonesia nanti.

Secara umum penampilan mereka lebih pada kolektivitas untuk permainan tengah. Memang tidak banyak keterlibatan gol oleh para pemain sayap Timnas Indonesia gol di Piaa AFF. Namun peran mereka tetaplah besar untuk memberikan tekanan.

Benar saja puncaknya adalah saat Timnas Indonesia melumat Malaysia 4-1 pada laga pamungks grup B, Minggu (19/12/2021). Irfan Jaya dan Witan Sulaeman menjadi momok bagi pertahanan Malaysia.

Irfan Jaya bahkan menjadi pemain terbaik Indonesia dengan mencetak dua gol, meski sempat melaukan sebuah kesalahan dengan berujung pada gol pertama Malaysia. Adapun Witan Sulamen semakin terasah ketenangannya dalam membangun serangan.

2 dari 3 halaman

Sengatan Ramai Rumakiek

Winger Timnas Indonesia, Ramai Rumakiek (c) dok.PSSI

Aksi Ramai Rumakiek di Piala AFF 2020 langsung terlihat pada laga pertama melawan Kamboja. Timnas Indonesia menang 4-2 dalam laga itu, dan Rumakiek mencetak gol terakhir menit ke-54. Padahal ia baru masuk di babak kedua menggantikan Irfan Jaya.

Kembali. Predikat supersub melekat pada Rumakiek pada pertandingan kedua melawan Laos. Pemain asal Persipura Jayapura ini kembali tampil sebagai pengganti. Ia menggantikan Irfan Jaya di sisa waktu sepuluh menit menjelang waktu normal berakhir.

Pemain berusia 19 tahun itu memang seperti menjadi pasangan pengganti Irfan Jaya. Karena Shin Tae-yong kembali melakukan taktik yang sama ketika menahan imbang Vietnam. Rumakiek masuk menggantikan Irfan Jaya di menit ke-74.

Namun demikian, tak banyak aksi yang ia lakukan saat harus menghadapi barisan pertahanan tembok tebal Vietnam. Mengingat strategi parkir bus, pergerakan Rumakiek lebih sering menahan aliran bola Vietnam di lapangan tengah, dan sesekali melancarkan serangan balik.

Shin Tae-yong kembali melakukan cara yang sama untuk meladeni Malaysia. Bahkan Ramai Rumakiek dimainkan sejak menit pertama untuk secara bergantian dengan Irfan Jaya memporak-porandakan pertahanan Malaysia.

Ramai Rumakiek adalah solusi tepat untuk membombardir pertahanan Singapura nanti. Ia dibekali kecepatan dan kelincahan, serta finishing yang baik. Muhammad Safuwan Baharudin dkk. bakal bekerja ekstra untuk meladeni kecepatan pemain Persipura Jayapura ini.

3 dari 3 halaman

Ditopang Bek Sayap Agresif

Selebrasi Pratama Arhan bersama Irfan Jaya usai mencetak gol di laga Malaysia vs Indonesia, Piala AFF 2020 (c) PSSI

Kinerja ketiganya akan semakin lebih maksimal dengan adanya bala bantuan dari lini belakang sayap. Asnawi Mangkualam sebagai bek kanan dan Pratama Arhan di sisi kiri. Keduanya punya kecepatan dan daya jelajah tinggi untuk ikut membantu ke depan.

Pertahanan Singapura akan menghadapi ancaman besar jika melepas ruang bagi kedua bek sayap yang lincah itu. Asnawi sangat piawai melewati beberapa pemain lawan dengan dribel menawan. Sedangkan Pratama Arhan jago dalam bola mati dan lemparan ke dalam dan juga tendangan spekulasi

Bahkan Pratama Arhan ikut mencatatkan namanya di papan skor ke gawang Malaysia. Gol indah dengan kaki kirinya menghujam deras tanpa bisa dihalau kiper Malaysia, Khairul Fahmi. Gol yang dicetak Arhan masuk dalam daftar gol terbaik di Piala AFF kali ini.

Pertahanan Singapura wajib bekerja ekstra jika tak ingin diobok-obok permainan sayap agresif dan cepat Timnas Indonesia. Banyak peluang akan tercipta dari sektor kedua sayap skuad Garuda.

Disadur dari: Bola.com/Aryo Atmaja

Published: 22 Desember 2021

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR