Piala AFF 2020: Malaysia, Rival Timnas Indonesia Ini Sedang Dilanda Berbagai Masalah

Gia Yuda Pradana | 21 November 2021, 00:53
Indonesia vs Malaysia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan
Indonesia vs Malaysia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Bola.net - Piala AFF 2020 akan bergulir dua pekan lagi. Turnamen sepak bola antara negara-negara Asia Tenggara itu akan berlangsung 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022 di Singapura. Satu yang menarik, Timnas Malaysia berada satu grup dengan Timnas Indonesia di Grup B.


Beberapa tim unggulan memang terus melakukan persiapan jelang Piala AFF 2020, tak terkecuali Timnas Indonesia, yang kini menjalani pemusatan latihan di Turki. Sementara itu, Malaysia, yang merupakan juara Piala AFF 2010, justru dilanda kontroversi dan masalah.

Pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe, mendapatkan kritik dari publik sepak bola Negeri Jiran. Penyebabnya, Tan dinilai keliru dalam melakukan pemilihan pemain.

Dari 28 pemain pilihan Tan yang bakal dibawa ke Piala AFF 2020, ada beberapa nama yang dinilai tidak layak memperkuat tim berjulukan Harimau Malaya itu.

Satu di antaranya adalah pemain naturalisasi yang kini memperkuat Johor Darul Ta'zim, Guilherme de Paula. Penyerang berusia 35 tahun itu tampil biasa saja bersama JDT pada musim ini.

Total ia bermain 17 kali untuk JDT di ajang Malaysia Super League dan Liga Champions Asia. Dari jumlah penampilan tersebut, De Paula hanya bisa mencetak empat gol dan tiga assist. Hal tersebut membuatnya dinilai tak layak memperkuat Malaysia di Piala AFF 2020.

1 dari 2 halaman

Pemain Potensial Tak Dibawa

Tan Cheng Hoe (c) Fitri Apriani

Selain membawa pemain uzur yang dinilai sudah habis, para pendukung Malaysia juga memberikan kritik lain kepada Tan Cheng Hoe. Sosok berusia 53 tahun itu tidak memanggil para pemain muda yang dinilai punya potensi bagus bagi Malaysia.

Sebut saja empat pemain JDT, seperti Farizal Marlias, La'Vere Corbin Ong, Matthew Davies, Afiq Fazail, dan Arif Aiman Hanapi. Kemudian ada pula penggawa Kuala Lumpur seperti Daniel Ting, Zhafri Yahya, Ryan Lambert, J. Partiban. Jangan lupa juga pemain Selangor, Sharul Nazeem Zulfakar.

Malaysia sejauh ini baru sekali menjadi juara Piala AFF. Itu terjadi pada tahun 2010 lalu saat mereka mengalahkan Indonesia di laga final yang berlangsung dua leg. Dengan kondisi terkini mereka, akan menarik untuk melihat kiprah Dion Cools dan kolega di Piala AFF 2020.

2 dari 2 halaman

Daftar Pemain Timnas Malaysia untuk Piala AFF 2020

Timnas Malaysia (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Kiper: Khairul Azhan Khalid, Syahmi Safari, Mukhairi Ajmal Mahadi, Khairul Fahmi Che Mat, Azri Abdul Ghani.

Bek: Aidil Zafuan Abdul Radzak, Shahrul Saad, Rizal Ghazali, Arif Fadzilah Abu Bakar, Quentin Cheng, Junior Eldstal, Dominic Tan, Dion Johan Cools.

Gelandang: Akhyar Abdul Rashid, Mohamadou Sumareh, Syafiq Ahmad, Ariff Farhan Isa, Baddrol Bakhtiar, Fayadh Zulkifli Amin, Akram Mahinan, Kenny Pallraj, Faisal Abdul Halim.

Penyerang: Safawi Rasid, Guilherme de Paula, Shahrel Fikri Fauzi, Darren Lok, Kogileswaran Raj, Luqman Hakim Shamsudin.

Disadur dari: Bola.com/Bayu Satio/Benediktus Gerendo Pradigdo

Published: 20 November 2021

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR