Piala AFF 2020: Lapangan Latihan Indonesia, Tempat Juventus Diganggu Jet Tempur

Richard Andreas | 3 November 2021, 13:35
Piala AFF 2020 - Asnawi Mangkualam, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman bisa jadi andalan Timnas Indonesia. (c) Bola.com/Adreanus Titus
Piala AFF 2020 - Asnawi Mangkualam, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman bisa jadi andalan Timnas Indonesia. (c) Bola.com/Adreanus Titus

Bola.net - Timnas Indonesia tengah bersiap menyambut ajang Piala AFF 2020, 5 Desember 2021. Tim Garuda tergabung dalam Grup B dan akan bertanding di Singapura.


Timnas Indonesia tergabung di Grup B Piala AFF 2020 bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos. Tim Garuda belum lama ini menghadapi Vietnam dalam sisa laga putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2020. Selain Vietnam, Malaysia juga jadi lawan Tim Garuda di level yang sama.

Dua tim tersebut berhasil membungkam Timnas Indonesia dalam dua pertemuan di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 itu. Namun, kini Tim Garuda masih harus berurusan dengan Vietnam dan Malaysia.

Tak hanya Vietnam dan Malaysia, Timnas Indonesia juga akan menghadapi Kamboja dan Laos di Piala AFF 2020. Seperti halnya Tim Garuda, Kamboja juga baru saja mendapatkan tiket putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 lewat jalur play-off.

Piala AFF 2020 merupakan event yang dinanti-nanti pencinta Timnas Indonesia. Mereka penasaran dengan polesan pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong.

1 dari 3 halaman

Situasi Tak Biasa

Piala AFF 2020 yang seharusnya dimainkan pada tahun lalu dijadwalkan bakal digelar pada 5 Desember 2021-1 Januari 2022 dengan Singapura sebagai tuan rumah setelah memenangi kontestasi melawan Thailand dan Kamboja.

Dua stadion yang akan digunakan di Piala AFF 2020 ialah National Stadium dan Bishan Stadium. Timnas Indonesia bakal bertanding di Stadion Bishan.

Piala AFF edisi ini akan sangat berbeda dengan sebelumnya. Pandemi COVID-19 membuat ajang ini kembali digelar dengan sistem home tournament.

Tentunya, perjalanan tim menuju Singapura juga bakal 'tak biasa'. Di tengah pandemi, setiap negara mewajibkan karantina bagi pengunjung dari luar negeri. Saat ini, situasi di Singapura juga belum pasti. Tapi, ada kemungkinan, WNI wajib karantina dan tes PCR setelah tiba di sana.

"Bahkan ketika kami berusaha untuk membuka kembali perbatasan kami dan memulihkan konektivitas dengan seluruh dunia, menjaga kesehatan masyarakat adalah prioritas utama kami," kata Menteri Perhubungan Singapura, S Iswaran, dikutip dari Channel News Asia, Selasa (2/11/2021).

2 dari 3 halaman

Singapore National Stadium

Timnas Indonesia merayakan gol pertama ke gawang Taiwan di leg kedua play off Piala Asia 2023, Senin (11/10/2021) (c) Dok. PSSI

Sayang sekali, Timnas Indonesia tak bertanding di National Stadium. Padahal, Singapore National Stadium menjadi stadion termegah dan termewah di Asia Tenggara karena atap atau kubahnya yang besar bisa dibuka dan ditutup. Butuh waktu sekitar 25 menit bagi atas untuk membuka dan menutup.

Pembangunan stadion ini memiliki sejarah yang cukup panjang, sempat ditutup untuk pembangunan dan baru diresmikan kembali pada tahun 2014. Estimasi biaya pembangunan dan renovasinya sebesar USD 1,3 miliar atau senilai Rp 17,6 triliun.

Dengan kapasitas penonton hanya 55 ribu kursi, Singapore National Stadium tak hanya menjadi venue untuk pertandingan sepak bola saja melainkan juga Rugby hingga kompetisi atletik pun dapat digelar.

Kabar terkini, National Stadium yang terletak di Kallang dan dioperasikan oleh Dragages Singapore Pte. Ltd., telah mengganti rumput dengan tipe Zeon Zoysia yang kualitasnya sangat baik.

3 dari 3 halaman

Bishan Stadium, Pengalaman Juventus Diganggu Jet Tempur

Stadion Bishan adalah tempat latihan Timnas Indonesia sebelum menghadapi Singapura pada Piala AFF 2018.

Stadion Bishan adalah stadion kecil yang hanya mampu menampung maksimal 3.500 penonton. Sepintas, stadion ini mirip dengan Stadion PTIK, Jakarta Selatan.

Ada cerita menarik mengenai stadion ini. Juventus pernah berlatih di sana menjelang International Champions Cup 2019. Juventus terpaksa latihan di Bishan karena National Stadium sedang dipakai Manchester United bertanding melawan Inter Milan.

Latihan perdana Juventus di Singapura terganggu jet tempur yang berseliweran di langit Bishan Stadium.

Liputan6.com yang menyaksikan langsung latihan Juventus menghitung ada sekitar lima kali jet tempur milik Angakatan Udara Singapura mondar-mandor di atas Bishan Stadium.

Jet tempur pertama kali melintas saat Cristiano Ronaldo baru masuk ke lapangan untuk bergabung dengan rekan-rekannya melakukan peregangan. Ronaldo memang terlambat masuk ke lapangan di sesi latihan ini.

Melintasnya jet tempur ini cukup mengganggu pemain Juventus. Miralem Pjanic dan Mario Mandzukic refleks menundukan kepala saat mendengar suara raungan jet tempur. Mereka kemudian perlahan menoleh ke atas melihat sumber suara tersebut.

Sumber: Channel News Asia, Liputan6
Disadur dari: Bola.com (Wiwig Prayugi), 3 November 2021

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR