Piala AFF 2020: Bersenjatakan Teerasil Dangda, Thailand Incar Juara, Timnas Indonesia Tak Mau Kalah

Gia Yuda Pradana | 5 Desember 2021, 10:47
Pemain Timnas Thailand, Teerasil Dangda (c) Bola.com/Peksi Cahyo

Bola.net - Timnas Thailand mengincar prestasi tertinggi di Piala AFF 2020. Teerasil Dangda bakal menjadi salah satu senjata utama mereka. Timnas Indonesia pun pasti tak mau kalah.


Thailand membawa empat penyerang untuk turnamen ini. Selain Teerasil Dangda, lini depan skuat berjulukan Gajah Perang itu juga dihuni Adisak Kraisorn, Supachai Chaided, dan Jenphob Phokhi.

"Saya memiliki penyerang-penyerang bagus. Dengan Teerasil Dangda, delapan tahun lalu ketika saya pertama kali datang ke Thailand, dia penyerang nomor satu di sana dan masih terus mencetak gol sampai sekarang," kata Alexandre Polking dalam konferensi pers pembuka turnamen, Sabtu (4/12/2021).

"Dangda memang sudah tidak muda, akan tetapi masih sangat bagus dan memiliki banyak pengalaman. Supchai juga begitu, sedang dalam performa bagus, dan terus mencetak gol untuk klubnya," tegas Alexandre Polking.

Ketergantungan pada Teerasil Dangda cukup berasalan. Pemain berusia 31 tahun itu sejauh ini sudah mencetak 15 gol di Piala AFF.

Thailand berada di Grup A Piala AFF 2020. Pasukan Alexandre Polking akan bersaing dengan Singapura, Filipina, Myanmar, dan Timor Leste.

1 dari 2 halaman

Berpeluang Pecah Rekor

Piala AFF 2020 bakal digelar 5 Desember 21 hingga 1 Januari 2022. (c) Bola/Adreanus Titus

Teerasil Dangda sendiri berpeluang memecahkan rekor gol pada laga pembuka Piala AFF 2020 saat menghadapi Timor Leste, Minggu (5/12/2021). Teerasil kini tertinggal dua gol dari Noh Alam Shah sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa di Piala AFF.

Penyerang klub BG Pathum United itu berpeluang memecahkan rekor gol Noh Alam, bila mencetak hat-trick ke gawang Timor Leste. Namun, Teerasil menegaskan catatan gol bukan prioritasnya di Piala AFF 2020.

"Saya seorang penyerang dan akan mencoba untuk mencetak gol setiap kali mendapatkan peluang di lapangan," kata Teerasil Dangda seperti dikutip Bangkok Post.

"Tugas kami adalah membantu tim memenangi setiap pertandingan. Jika saya bisa mencetak gol, itu bagus. Akan tetapi, saya tidak fokus pada itu saja," tegas eks striker Manchester City itu.

2 dari 2 halaman

Shin Tae-yong: Kami Calon Juara

Timnas Indonesia (c) Dok. PSSI

Shin Tae-yong tidak dapat menjanjikan gelar juara. Namun, dia menanamkan mentalitas kuat pada diri Evan Dimas dkk. Dia ingin anak-anak asuhnya berjuang dengan selalu mengingat bahwa mereka ini adalah calon juara.

"Soal Timnas Indonesia menjadi juara Piala AFF, itu belum dapat dipastikan," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers Grup B Piala AFF, Sabtu (4/12/2021).

"Namun, Timnas Indonesia akan bekerja keras dalam setiap pertandingan dengan berpikir kami adalah calon juara," tegasnya.

Disadur dari: Bola.com/Zulfirdaus Harahap/Muhammad Adiyaksa/Wiwig Prayugi

Published: 5 Desember 2021

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR