Piala AFF 2020: 6 Pemain Luar Negeri yang Bisa Membuat Timnas Indonesia Tak Lagi Diremehkan

Afdholud Dzikry | 2 November 2021, 09:07
Piala AFF 2020 - Asnawi Mangkualam, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman bisa jadi andalan Timnas Indonesia. (c) Bola.com/Adreanus Titus

Bola.net - Tuntutan besar dirasakan Timnas Indonesia untuk segera mengakhiri paceklik gelar di Piala AFF. Seperti diketahui, Timnas memang belum pernah merasakan manisnya gelar di ajang dua tahunan ini.


Pada Piala AFF 2020 tahun ini, timnas Indonesia memiliki tekanan yang sama. Tergabung di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos, tim asuhan Shin Tae-yong ini diharapkan bisa berprestasi.

Sebagai informasi, Piala AFF 2020, yang terpaksa ditunda hingga akhir tahun ini akibat pandemi COVID-19, bakal digelar di Singapura pada 5 Desember 2021-1 Januari 2022.

Timnas Indonesia punya bekal mantap menatap Piala AFF 2020. Garuda Muda baru saja mengalahkan Chinese Taipei dengan agregat 5-1 untuk lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Selain itu, Timnas Indonesia U-23 yang mayoritas berisikan para pemain dari level senior mampu memberikan perlawanan ke Austalia U-23 meski kalah dengan agregat 2-4 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong tidak perlu khawatir menghadapi Piala AFF 2020 karena punya stok pemain berbakat yang cukup banyak, terutama dari personel yang bermain di kompetisi luar negeri.

1 dari 6 halaman

Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners, Korea Selatan)

Kapten Timnas Indonesia U-23, Asnawi Mangkualam ketika tampil melawan Australia U-23 di leg pertama Kualifikasi Piala Asia U-23, Rabu (27/10/2021) malam WIB. (c) dok.PSSI

Satu tempat di Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2020 dipastikan miliknya. Dia adalah pemain kesayangan Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong mempromosikan Asnawi Mangkualam ke klub Korea Selatan, Ansan Greeners. Selain itu, bek berusia 22 tahun itu juga diplot sebagai wakil kapten Timnas Indonesia dan kapten timnas U-23.

2 dari 6 halaman

Egy Maulana Vikri (FK Senica, Slovakia)

Egy Maulana Vikri (kiri) ketika tampil bersama timnas Indonesia melawan Taiwan. (c) dok.PSSI

Sejak Shin Tae-yong melatih Timnas Indonesia, posisi Egy Maulana Vikri tidak tergantikan. Dia menjadi roh permainan Skuad Garuda bersama Witan Sulaeman.

Namun, Shin Tae-yong punya kendala memanggil Egy ke Piala AFF 2020. FK Senica disinyalir enggan melepas pemain berusia 21 tahun ini meski turnamen itu telah diakui FIFA sejak 2016, tapi hanya masuk turnamen internasional kategori A FIFA.

3 dari 6 halaman

Witan Sulaeman (Lechia Gdansk, Polandia)

Witan Sulaeman (merah) dibayangi pemain Australia U-23 pada leg pertama Kualifikasi Piala Asia U-23, Rabu (27/10/2021) malam WIB. (c) dok.PSSI

Permainan Timnas Indonesia selalu berwarna dengan kehadiran Witan Sulaeman. Selain menjadi kreator serangan, winger Lechia Gdansk di Polandia itu juga dapat menjadi pemecah kebuntuan.

Berbeda dengan Egy, Witan berpeluang bermain di Piala AFF 2020 bersama Timnas Indonesia. Sebab, pemain berusia 20 itu belum masuk tim utama Lechia Gdansk.

4 dari 6 halaman

Elkan Baggott (Ipswich Town U-23, Inggris)

Pemain Timnas Indonesia U-19, Elkan Baggott (c) dok. PSSI

Piala AFF 2020 dapat menjadi panggung Elkan Baggott memenuhi janji. Dia menyatakan bersedia kembali membela Timnas Indonesia.

Baggott sempat menolak panggilan Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Dubai, Uni Emirat Arab. Namun, pemain Ipswich Town U-23 itu telah meminta maaf.

5 dari 6 halaman

Ryuji Utomo (Penang FC, Malaysia)

Ryuji Utomo (c) Bola.com/Vitalis Yogi Trisna

Shin Tae-yong mulai memercayai Ryuji Utomo di Timnas Indonesia. Bek pinjaman Penang FC ini bermain untuk Skuad Garuda di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Kontrak Ryuji bersama Penang FC akan berakhir pada November 2021. Dia akan kembali ke Persija. Ryuji punya peluang besar untuk menjadi bagian Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

6 dari 6 halaman

Syahrian Abimanyu (Johor Darul Ta'zim, Malaysia)

Syahrian Abimanyu (c) dok. Johor Darul Takzim

Kreativitas lini tengah Timnas Indonesia bergantung dengan bagaimana Syahrian Abimanyu bermain. Jika lagi on fire, pemain berusia 22 tahun itu dapat mengubah permainan Skuad Garuda.

Keahlian Abimanyu akan sangat berguna bagi Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Gelandang Johor Darul Ta'zim di Liga Malaysia itu punya kemampuan passing kelas atas.

Disadur dari: Bola.com (M Adiyaksa/Hendry W; 2/11/21)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR