Piala AFF 2020: 4 Pemain Keturunan Posisinya Bek, Bagaimana Nasib Asnawi dan Baggott?

Anindhya Danartikanya | 29 November 2021, 10:10
Mantan pemain Real Madrid yang kini berseragam Manchester United, Cristiano Ronaldo menjadi salah satu pemain berbahaya di La Liga yang mendapatkan kawalan ketat dari Jordi Amat. (c) AFP/Dani Pozo

Bola.net - PSSI diketahui punya rencana menaturalisasi empat pemain keturunan di Eropa buat Timnas Indonesia. Mereka adalah Kevin Diks, Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Mees Hilgers. Keempatnya adalah permintaan dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.


Walsh dan Diks berposisi sebagai bek sayap kanan, yakni peran Asnawi Mangkualam di Timnas Indonesia. Amat dan Hilgers adalah bek tengah, tempat Elkan Baggott bermain. Jadi, bagaimana nasib Asnawi dan Baggott di Timnas Indonesia kelak?

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani meyakinkan para bek lokal tak perlu takut oleh keberadaan empat pemain keturunan di Timnas Indonesia nantinya. Hasani menjelaskan jika Diks, Amat, Walsh, dan Hilgers dapat membela Timnas Indonesia, persaingan di lini belakang akan makin kompetitif.

"Untuk kepentingan Timnas Indonesia, para bek lokal bisa bersaing. Kami mencari yang terbaik supaya timnas kita tidak kalah melulu. Kecuali kalau kita kasihan terhadap pemain. Kalau main kasihan-kasihan, kita buat saja yayasan sepak bola. Bagaimana nasib pemain lokal nanti? Pemain lokal kan tidak jelek. Cuma, kalau ada saingan, mereka akan termotivasi," jelas Hasani.

1 dari 2 halaman

Sudah 3 Pemain Mau Membela Timnas Indonesia

Sandy Walsh (c) Instagram/@sandywalsh

Hasani mengungkapkan bahwa tiga nama telah bersedia untuk berpindah kewarganegaraan demi Timnas Indonesia. Ketiganya adalah Walsh, Hilgers, dan Amat. Hasani berharap, kehadiran mereka kelak dapat memotivasi bek lokal Timnas Indonesia, bukan sebaliknya.

"Kalau mereka tidak punya motivasi, mereka akan merugi. Sebab prinsipnya, Timnas Indonesia itu dalam istilah kami, Undang-Undang Dasar paling tinggi di hukumnya. Timnas Indonesia itu kan mengumpulkan para pemain terbaik dari semua pemain yang ada, termasuk lokal dan dari luar negeri," ujarnya.

"Jadi saya berharap dengan rencana kami ini, pemain lokal jadi bersaing, jadi punya motivasi lebih untuk merebut posisi supaya tempatnya tidak direbut oleh pemain yang bermain di luar negeri," lanjut Hasani.

2 dari 2 halaman

4 Pemain Keturunan Eropa yang Direkomendasi Masuk Timnas Indonesia

  1. Sandy Walsh (Belanda) K.V. Mechelen - Liga Belgia
  2. Kevin Diks (Belanda) FC Copenhagen - Liga Denmark
  3. Mees Hilgers (Belanda) FC Twente - Liga Belanda
  4. Jordi Amat (Spanyol) K.A.S. Eupen - Liga Belgia

Disadur dari: Bolacom (Muhammad Adiyaksa, Wiwig Prayugi) | Dipublikasi: 28 November 2021

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR