Piala AFF 2020: 3 Pemain Timnas Indonesia yang Tampil Apik Saat Bertemu Laos

Yaumil Azis | 13 Desember 2021, 06:19
Timnas Indonesia merayakan golnya ke gawang Laos di laga lanjutan Grup B Piala AFF 2020 di Bishan Stadium, Minggu (12/12/2021) sore WIB. (c) Dok. PSSI
Timnas Indonesia merayakan golnya ke gawang Laos di laga lanjutan Grup B Piala AFF 2020 di Bishan Stadium, Minggu (12/12/2021) sore WIB. (c) Dok. PSSI

Bola.net - Timnas Laos tidak memberikan tantangan yang berarti buat Timnas Indonesia dalam laga kedua Grup B Piala AFF 2020, Minggu (12/12/2021) kemarin. Skuat Garuda berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor telak 5-1.


Kemenangan ini membuat Timnas Indonesia memimpin klasemen sementara Grup B Piala AFF 2020 dengan enam poin. Mereka unggul agresivitas mencetak gol dari Malaysia yang ada di urutan kedua.

Kemenangan ini sekaligus menjadi peningkatan dari laga sebelumnya. Diketahui, pada laga perdana beberapa hari yang lalu, Tim Merah-Putih hanya menang 4-2 saat berhadapan dengan Kamboja.

Shin Tae-yong melakukan lima perubahan dalam komposisi starting XI. Elkan Baggott masuk sebagai pemain pengganti pada babak kedua.

Terlihat ada tiga pemain Timnas Indonesia yang tampil memesona dalam kemenangan 5-1 yang mereka raih saat melawan Laos. Siapa saja?

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 3 halaman

Evan Dimas Darmono

Evan Dimas merayakan golnya ke gawang Kamboja, Kamis (9/12/2021) (c) Dok. AFF Cup 2020

Pertandingan melawan Laos ini kian menegaskan peran penting Evan dalam skema permainan ala Shin Tae-yong. Di laga ini Evan tampil penuh selama 90 menit.

Ia tak hanya melakukan distribusi bola dengan baik. Tapi beberapa kali Evan juga tak malas untuk membantu meredam serangan-serangan Laos. Tekel-tekel yang ia lepaskan sangat merepotkan gelandang Laos.

Setelah tampil spartan di sepanjang laga, Evan akhirnya mendapatkan bonus di laga ini. Bonus yang dimaksud adalah sebuah gol.

Menerima umpan jauh dari Alfeandra Dewangga, Evan Dimas dengan tenang menaklukkan kiper Laos, Keo-Oudoune Souvannasangso.

2 dari 3 halaman

Asnawi Mangkualam

Asnawi Mangkualam saat membela Timnas Indonesia melawan Laos di laga lanjutan Grup B Piala AFF 2020 di Bishan Stadium, Singapura, Minggu (12/12/2021) sore WIB. (c) Dok. PSSI

Dalam skema yang dikembangkan Shin Tae-yong, Asnawi Mangkualam Bahar menempati posisi bek kanan. Namun, pergerakan pemain Ansan Greeners ini sangat dinamis di sepanjang pertandingan.

Layaknya Dani Alves saat masih di Barcelona, Asnawi ini layaknya playmaker yang bekerja dari sisi kanan pertahanan. Ia kerap melakukan penetrasi ke pertahanan lawan dan umpan-umpannya juga sangat matang.

Soal ketenangan, Asnawi adalah jagonya. Tidak perlu dipertanyakan lagi mengapa ia jadi eksekutor penalti Indonesia di laga ini dan berhasil melakukannya dengan baik.

Selain mencetak satu gol lewat tendangan penalti, Asnawi juga berperan penting terhadap gol kedua Indonesia yang dicetak Irfan Jaya. Key pass nya memberikan kemudahan bagi Dedik Setiawan untuk mengirimkan assist bagi Irfan.

3 dari 3 halaman

Witan Sulaeman

Aksi Witan Sulaeman di pertandingan Piala AFF 2020, Indonesia vs Kamboja, Kamis (9/12/2021) (c) Dok. PSSI

Indonesia bisa unggul 2-1 di babak pertama. Namun, permainan Ricky Kambuaya dan kolega tidak maksimal. Beberapa kali mereka masih terlihat terburu-buru dalam mengambil keputusan.

Masuknya Witan di awal babak kedua memberikan perubahan nyata pada permainan Indonesia. Bahkan, pemain Lechia Gdansk itu mampu menyumbangkan satu gol.

Gol Witan dicetak pada menit ke-56. Witan melengkapi penampilan apiknya di babak kedua dengan memberikan assist kepada Ezra Walian ketika laga berjalan 77 menit.

Disadur dari: Bola.com (Bayu Satio/Gregah Nurikhsani)

Diunggah pada: 12 Desember 2021

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR