Piala AFF 2020: 3 Pemain Spesial yang tak Dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia

Gia Yuda Pradana | 5 Desember 2021, 09:21
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (c) PSSI
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (c) PSSI

Bola.net - Pelatih Shin Tae-yong telah mengumumkan 30 nama pemain untuk memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Ada setidaknya tiga pemain spesial di BRI Liga 1 yang tak masuk skuad.


Shin Tae-yong terlihat ingin mengkombinasikan para pemain yang berkarier di luar negeri dengan pemain-pemain terbaik Liga 1. Dari ranah loka, Persebaya Surabaya menjadi penyumbang pemain terbanyak.

Ernando Ari, Rizky Ridho, Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya jadi pilihan pria yang akrab disapa STY tersebut. Setelah Persebaya, ada Arema FC dan Bali United yang sama-sama urun tiga pemainnya untuk skuad Garuda.

Rizky Dwi Febrianto, Kushedya Hari Yudo dan Dedik Setiawan jadi wakil Arema FC, sementara dari Bali United ada Nadeo Argawinata, Kadek Agung dan Yabes Roni.

Dari 15 pekan BRI Liga 1 2021/22 yang sudah berjalan, beberapa nama sebetulnya layak mendapatkan kesempatan untuk berseragam Timnas Indonesia. Namun, kebintangan mereka seolah terlupakan oleh STY. Siapa saja mereka? Disadur dari Bola.com, berikut ulasannya.

1 dari 3 halaman

Ilija Spasojevic

BRI Liga 1: Selebrasi gol pemain Bali United, Ilija Spasojevic (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Kejutan terbesar tentu menghilangnya nama Ilija Spasojevic dalam daftar Timnas Indonesia. Pemain naturalisasi asal Montenegro tersebut tengah menggila dengan memuncaki daftar topskor dengan torehan 12 gol.

Sebagai seorang 'target-man', pria yang akrab disapa Spasogoal itu juga gemar membuka ruang bagi rekan-rekannya. Tak jarang dirinya mengorbankan diri sebagai decoy agar pemain lain bisa menembus garis pertahanan lawan.

Performanya ini mengantarkannya ke peringkat ketiga daftar pencetak gol sepanjang masa Liga 1.

Total 50 gol yang dibuatnya terpaut empat gol saja dari Alberto Goncalves yang kini bermain di Liga 2 bersama Persis Solo. Sementara tempat teratas ditempati penyerang Persija, Marko Simic dengan 56 gol.

2 dari 3 halaman

Riko Simanjuntak

Marko Simic dan Riko Simanjuntak usai mencetak gol ke gawang Persib Bandung di pekan ke-12 BRI Liga 2021/2022 (c) Bagaskara Lazuardi

Seperti halnya Spasojevic, Riko Simanjuntak juga 'dipandang sebelah mata' oleh STY. Pemain bertubuh mungil ini bisa dibilang roh permainan Persija Jakarta.

Kecepatan eks Semen Padang ini tak perlu diragukan lagi. Sektor kiri pertahanan lawan harus meningkatkan konsentrasinya saat berhadapan dengan tim berjuluk Macan Kemayoran.

Kombinasinya dengan Simic pun tetap terjalin dengan rapi. Lima assist yang telah dibuatnya musim ini, berhasil membawanya berada di daftar teratas pencetak assist.

3 dari 3 halaman

M. Rifaldi

BRI Liga 1: Pemain Persiraja Banda Aceh, Muhammad Rifaldi (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Bek Persiraja Banda Aceh, M. Rifaldi, sepatutnya mendapatkan apresiasi lebih. Walaupun timnya terjerembab di dasar klasemen, performanya tetap terjaga musim ini.

Pemain yang beroperasi sebagai bek kanan ini berbagi tempat dengan Riko sebagai pencetak assist terbanyak musim ini. Umpan-umpannya ke kotak penalti terutama dari situasi set-piece, merupakan makanan empuk bagi Paulo Henrique.

Sayang, magisnya terhenti di pekan ketujuh seiring cedera kambuhan yang menimpa rekannya tersebut. Namun, dengan kemampuannya dalam menyerang, panggilan ke Timnas sebenarnya dinilai tetap layak diberikan.

Disadur dari: Bola.com/Wahyu Pratama/Wiwig Prayugi

Published: 5 Desember 2021

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR