Pertama Sejak 1998, Timnas Indonesia ke Piala AFF Tanpa Pemain Persija Jakarta!

Asad Arifin | 1 Desember 2021, 16:03
Andritany Ardhiyasa. (c) Bola.com/M. Iqbal Ichsan

Bola.net - Daftar 30 pemain Timnas Indonesia untuk tampil di Piala AFF 2020 telah diumumkan. Merujuk pada 30 nama itu, untuk pertama kalinya tidak ada pemain Persija Jakarta di Skuad Garuda sejak 1998.


Timnas Indonesia akan bertanding di Piala AFF 2020 pada 5 Desember 2021-1 Januari 2022 di Singapura. Untuk mewujudkan misi membawa pulang trofi, tim berjuluk Skuad Garuda itu menggelar persiapan di Turki selama dua pekan lebih.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memanggil 25 pemain untuk pemusatan latihan di Turki. Lalu, ada lima pemain tambahan pada daftar skuad akhir Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

Lima pemain tersebut adalah Syahrian Abimanyu (Johor Darul Takzim), Rizky Dwi Febrianto (Arema FC), Rizki Ridho (Persebaya Surabaya), Ernado Ari (Persebaya Surabaya), dan Nadeo Argawinata (Bali United). Mereka akan bergabung dengan skuad Timnas di Singapura.

1 dari 3 halaman

Timnas Indonesia Tanpa Pemain Persija

Gelandang Timnas Indonesia, Riko Simanjuntak, menggiring bola saat melawan Thailand pada laga Piala AFF 2018 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/11). Thailand menang 4-2 dari Indonesia. (c) Bo

Sejak Piala AFF 1998 atau edisi kedua, Persija rutin mengirimkan pemainnya ke Timnas Indonesia. Mulai era Widodo C. Putro hingga Andritany Ardhiyasa. Bahkan nama terakhir selalu berkiprah dalam dua edisi terakhir turnamen bergengsi antarnegara ASEAN itu.

Dalam edisi terakhir Piala AFF pada 2018, Persija Jakarta berkontribusi dua pemain ke Timnas Indonesia. Keduanya adalah Andritany Ardhiyasa dan Riko Simanjuntak.

Namun, seusai Timnas Indonesia ditangani oleh Shin Tae-yong, keduanya mulai kehilangan tempat di Skuad Garuda. Kini, Persija tanpa wakil dalam daftar skuad Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

Sebenarnya, ada nama Ryuji Utomo yang mewakili Persija Jakarta. Namun, PSSI masih menuliskan Ryuji sebagai pemain Penang FC. Di situs PSSI dan di daftar 30 pemain yang dirilis, Ryuji masih ditulis sebagai pemain Penang FC.

Kontrak peminjaman Ryuji Utomo dengan Penang FC telah habis dan dia akan kembali ke Persija saat bursa transfer BRI Liga 1 dibuka. "Masa peminjaman Ryuji di Penang FC habis pada 29 November 2021. Jadi, dia pasti kembali ke Persija," jelas Ferry Paulus, Direktur Persija.

2 dari 3 halaman

Distribusi Pemain Persija untuk Timnas Indonesia di Piala AFF

  • Piala AFF 1996: -
  • Piala AFF 1998: Widodo C. Putro, Miro Baldo Bento, Nur'alim, Rochi Putiray
  • Piala AFF 2000: Budiman Yunus, Nur'alim, Bambang Pamungkas, Rochi Putiray
  • Piala AFF 2002: Nur'alim, Imran Nahumarury, Gendut Doni, Bambang Pamungkas
  • Piala AFF 2004: Ismed Sofyan, Elie Aiboy, Agus Indra, Aris Indarto, Mukti Ali Raja
  • Piala AFF 2007: Ismed Sofyan, Atep, Agus Indra
  • Piala AFF 2008: Muhammad Roby, Aliyudin, Ponaryo Astaman, Ismed Sofyan, Muhammad Ilham, Bambang Pamungkas
  • Piala AFF 2010: Muhammad Nasuha, Tony Sucipto, Bambang Pamungkas
  • Piala AFF 2012: Bambang Pamungkas
  • Piala AFF 2014: Ramdani Lestaluhu
  • Piala AFF 2016: Andritany Ardhiyasa, Gunawan Dwi Cahyo
  • Piala AFF 2018: Riko Simanjuntak, Andritany Ardhiyasa
3 dari 3 halaman

Daftar Pemain Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2020

Penjaga Gawang: M. Riyandi, Nadeo Argawinata, Ernando Ari, Syahrul Fadillah

Belakang: Fachrudin Aryanto, Victor Igbonefo, Ryuji Utomo, Alfeandra Dewangga, Elkan Baggott, Pratama Arhan, Edo Febriansyah, Rizky Ridho, Rizky Dwi, Asnawi Mangkualam, Marckho Sandi

Gelandang: Evan Dimas, Kadek Agung, Rachmat Irianto, Ahmad Agung, Ricky Kambuaya, Syahrian Abimanyu, Irfan Samaling, Ramai Rumakiek, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Yabes Roni

Penyerang: Kushedya Hari Yudo, Dedik Setiawan, Hanis Saghara, Ezra Walian, Persib.

Disadur dari Bola.com: Muhammad Adiyaksa/, 29 November 2021

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR