Persija Jakarta Resmi Pulangkan 1 Pemain dari Skuad Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Asad Arifin | 30 November 2021, 12:09
Timnas Indonesia kala beruji coba versus Afghanistan, Selasa (16/11/2021) (c) PSSI
Timnas Indonesia kala beruji coba versus Afghanistan, Selasa (16/11/2021) (c) PSSI

Bola.net - Persija Jakarta dipastikan mendapatkan jasa satu pemain Timnas Indonesia yang ada di skuad Piala AFF 2020. Pemain yang dimaksud adalah bek tengah, Ryuji Utomo.


Ryuji menjadi satu dari 25 pemain Timnas Indonesia dalam pemusatan latihan dan rangkaian uji coba di Turki sepanjang November 2021.

Timnas Indonesia melakukan persiapan di Turki sebagai rangka menatap Piala AFF di Singapura pada 5 Desember 2021-1 Januari 2022.

Ketika dipanggil Timnas Indonesia untuk ke Turki, Ryuji masih berstatus pemain klub Malaysia, Penang FC sebagai pinjaman dari Persija.

1 dari 4 halaman

Dipatiskan Kembali ke Persija

Ryuji Utomo (c) Bola.com/Vitalis Yogi Trisna

Direktur Persija, Ferry Paulus, mengungkapkan bahwa masa peminjaman Ryuji di Penang FC telah berakhir pada Senin (29/11/2021) alias hari ini. Artinya, bek berusia 26 tahun itu kembali menjadi bagian penuh dari tim ibu kota.

"Masa peminjaman Ryuji di Penang FC habis pada 29 November 2021. Jadi, dia pasti kembali ke Persija," jelas Ferry.

Kedatangan Ryuji mungkin akan mengubah komposisi pemain Persija saat bursa transfer dibuka. Apalagi, belakangan muncul wacana bahwa Persija akan merombak komposisi pemain asing yang dimiliki.

2 dari 4 halaman

Membela Persija di Putaran Kedua

Ferry juga memastikan bahwa Ryuji bakal menjadi bagian dari Persija Jakarta untuk putaran kedua BRI Liga 1 2021/2022. Mantan pemain Arema FC itu tidak akan dipinjamkan ke klub lain lagi.

"Jika masa peminjaman Ryuji mau diperpanjang atau dia dipinjamkan ke klub lain, pasti harus ada persetujuan dari kami," imbuh Ferry.

"Sampai sekarang, saya berani memastikan bahwa Persija akan menggunakan Ryuji. Pasti tidak akan dipinjamkan lagi," tuturnya.

3 dari 4 halaman

Ganti Pemain Asing

Pemain Persija, Yann Motta, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang PSS Sleman pada laga BRI Liga 1 di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu (5/9/2021). (c) Bola.net/M Iqbal Ichsan

Sementara itu, Ferry juga menjelaskan bahwa Persija Jakarta berencana bermanuver pada bursa transfer putaran kedua BRI Liga 1 pada 15 Desember 2021-12 Januari 2022.

Dengan begitu, posisi empat legiun impor Persija, Marko Simic, Yann Motta, Marco Motta, dan Rohit Chand terancam tidak aman.

"Pada putaran kedua, seperti pemberitaan terakhir yang sama-sama kita dengar, akan ada penambahan pemain asing maupun lokal," ujar Ferry.

"Tim sudah melakukan beberapa kali evaluasi. Penilaian final dilakukan ketika bursa transfer dibuka. Sehingga ruang itu memungkinkan untuk menambah pemain."

"Pemain sudah banyak yang dibidik. Bahkan sudah dikomunikasikan oleh tim talent scouting Persija Jakarta, baik lokal maupun asing," imbuh pria asal Manado, Sulawesi Utara itu.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR