BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Perjalanan Timnas Indonesia di Piala AFF dalam Angka

13-06-2020 10:42 | Afdholud Dzikry

Timnas Indonesia (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan Timnas Indonesia (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Bola.net - Sebutan bahwa Timnas Indonesia adalah spesialis runner up di turnamen antarnegara Asia Tenggara atau Piala AFF bukanlah sebuah kebetulan. Sukses lima kali menembus partai final Piala AFF , Skuad Garuda justru tak pernah pulang dengan status juara.

Sejak pertama kali berlangsung pada 1996, Timnas Indonesia selalu gagal keluar sebagai yang terbaik di Piala AFF. Bahkan, dengan Malaysia yang dianggap sebagai rival pun, Skuat Garuda harus mengakui ketinggalannya.

Piala AFF pertama kali digelar pada 1996. Edisi pertama yang disebut Piala Tiger dijuarai oleh Thailand, yang mengalahkan Malaysia 1-0 di babak final.

Sampai saat ini, Thailand masih menjadi negara terbanyak pengoleksi Piala AFF. Skuat berjulukan Changsuek itu menyimpan lima gelar dalam lemari trofinya.

Singapura, empat kali, dan Vietnam, dua kali, menyusul di bawah Thailand selain Malaysia yang sekali merengkuh gelar tersebut.

Sedangkan Timnas Indonesia, bersanding dengan Filipina, Myanmar, Brunei Darussalam, Laos, dan Timor Leste yang masih nihil trofi pada turnamen dwitahunan tersebut.

Berikut angka-angka yang mewarnai perjalanan Timnas Indonesia selama mengarungi Piala AFF:

1 dari 5 halaman

5

Timnas Indonesia (c) Bola.com/Yoppy Renato Timnas Indonesia (c) Bola.com/Yoppy Renato

Timnas Indonesia lima kali masuk final Piala AFF. Namun, tak sekalipun berujung dengan gelar juara.

Skuat Garuda melaju ke partai puncak pada edisi 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016.

Thailand tiga kali menjadi pengganjal peluang Timnas Indonesia untuk merengkuh trofi juara pada 2000, 2002 dan 2016. Sementara Singapura mengganjal Tim Garuda pada Piala Tiger 2004, dan Malaysia jadi pengganjal pada 2010.

2 dari 5 halaman

12

Adalah angka edisi Piala AFF yang diikuti Timnas Indonesia. Skuat Garuda tidak pernah absen sejak gelaran tersebut dimulai pada 1996 silam.

Dalam 12 kali keikutsertaan itu, 8 kali Tim Garuda berhasil lolos dari fase grup.

3 dari 5 halaman

4

Bambang Pamungkas (c) Esa Bambang Pamungkas (c) Esa

Timnas Indonesia pernah mengirimkan empat pemainnya sebagai pemain tersubur Piala AFF.

Masing-masing oleh Gendut Doni dengan lima gol pada edisi 2000, Bambang Pamungkas dengan delapan gol pada edisi 2002, Ilham Jaya Kesuma dengan tujuh gol pada edisi 2004, dan Budi Sudarsono dengan empat gol pada edisi 2008.

4 dari 5 halaman

13

Total gol Kurniawan Dwi Yulianto selama membela Timnas Indonesia di Piala AFF. Si Kurus, panggilannya, unggul satu gol dari Bambang Pamungkas.

5 dari 5 halaman

3

Kalkulasi ranking Timnas Indonesia selama gelaran Piala AFF. Skuat Garuda total mengemas 105 poin, terpaut 14 angka dari Vietnam di posisi kedua dan 40 poin dari Thailand di peringkat pertama.

Disadur dari: Bola.com (Muhammad Adiyaksa/Benediktus G.P)

Published: 13/6/2020

KOMENTAR