Penerjemah Pratama Arhan Dipecat karena Bocorkan Informasi Debut Sang Pemain

Abdi Rafi Akmal | 6 Juli 2022, 19:21
Pratama Arhan (c) Instagram/tokyo_verdy
Pratama Arhan (c) Instagram/tokyo_verdy

Bola.net - Tindakan tegas diambil oleh klub J2 League Tokyo Verdy dengan memecat penerjemah Pratama Arhan, Auliya Agung Barkah. Alasan pemecatannya karena membocorkan informasi soal debut Arhan lewat unggahan story di akun Instagram pribadinya.

Seperti yang diketahui, Arhan menjalani debutnya bersama Tokyo Verdy pada pekan ke-26 melawan Toshigi SC, Rabu (6/7) sore WIB. Bek kiri timnas Indonesia itu dimainkan sejak menit awal.

Sebelum susunan pemain dirilis secara resmi, informasi soal debut Arhan sudah beredar luas di Indonesia. Kabar ini pun pertama kali mencuat lantaran Auliya Agung Barkah mengunggahnya di media sosial pribadinya.

Sebelum mengambil tindakan, rilis resmi dari Tokyo Verdy sempat memanggil yang bersangkutan. Setelah bertemu, pihak klub akhirnya memutuskan untuk mengakhiri kerja samanya dengan Auliya Agung Barkah.

1 dari 3 halaman

Kronologi

Dalam rilis resmi yang disampaikan Tokyo Verdy, disertakan pula kronologi pemecatannya. Semuanya bermula pada Selasa (5/7) siang waktu setempat.

Sebelum menjelang malam di hari yang sama, Tokyo Verdy mengetahui unggahan tersebut. Mereka menginstruksikan Auliya Agung Barkah menghapusnya dan melakukannya saat itu juga.

Pihak Tokyo Verdy pun telah melakukan konfirmasi ke pihak yang bersangkutan. Dalam keterangan resminya, Auliya Agung Barkah tidak memiliki niat untuk menikmati keuntungan pribadi apapun dari pembocoran informasi tersebut atau berupaya menguntungkan lawan.

2 dari 3 halaman

Melanggar Aturan

Tokyo Verdy berpengangan pada aturan yang telah dibuat oleh J League untuk mengambil keputusan. Tepatnya pada aturan Bab 1 Pasal 3 terkait Kewajiban yang arus dilakukan.

Menurut peraturan tersebut, setiap staf "dilarang untuk membocorkan atau mengungkapkan rahasia atau keadaan internal apapun kepada pihak ketiga". Berdasarkan hal tersebut lah, Auliya Agung Barkah dianggap melakukan pelanggaran dan akhirnya dipecat.

Tokyo Verdy dalam laporan resminya juga akan mengevaluasi internal tim, khususnya soal sosialisasi aturan tersebut. Baik itu kepada pemain dan orang-orang yang bersangkutan langsung dengan tim.

3 dari 3 halaman

Main 45 Menit

(c) AP Photo

(c) AP Photo

Seperti yang diketahui, Tokyo Verdy tidak melakukan perubahan apapun dalam susunan sebelas pertamanya. Sesuai dengan informasi dari Auliya Agung Barkah, Pratama Arhan tetap menjalani debutnya di J2 League selama 45 menit.

Pemain kelahiran Blora tersebut dimainkan di luar posisinya aslinya yaitu bek kiri. Sejak menit awal, Arhan ditempatkan sebagai penyerang sayap kanan.

Di awal babak kedua, Tokyo Verdy melakukan dua pergantian langsung. Arhan menjadi salah satu pemain ikut ditarik keluar.

Sumber: Tokyo Verdy Official

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR