BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Pemain Timnas Indonesia Disarankan Ikut Pendidikan Lemhanas

11-09-2019 23:55 | Dimas Ardi Prasetya

Timnas Indonesia (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan Timnas Indonesia (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Bola.net - Pemain-pemain Timnas Indonesia disarankan untuk mengikuti pendidikan di Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas).

Saran tersebut dilontarkan oleh CEO Kalteng Putra, Agustiar Sabran. Pasalnya, pria berusia 47 tahun itu menilai pemain Skuat Garuda saat ini krisis nasionalisme.

Saran tersebut terlontar darinya setelah skuat Merah Putih menelan hasil negatif di laga-laga Grup G putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Dari dua pertandingan, Andritany Ardhiyasa selalu menelan kekalahan.

Yang pertama, mereka ditekuk oleh Malaysia dengan skor 2-3. Kemudian lawan Thailand, skuat Merah Putih malah dibantai 0-3. Padahal kedua laga itu dihelat di kandang sendiri, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

1 dari 2 halaman

Secara Teknis Oke

Agustiar mengatakan, pemain Indonesia sebenarnya punya skill yang bagus. Namun masalah mereka ada pada mentalnya.

"Saya melihat Timnas Indonesia secara teknis oke saja. Namun, nasionalisme mereka perlu dipertanyakan," ujar Agustiar Sabran ketika ditemui di SUGBK, Selasa (10/09/2019).

"Kalau saya usul, Timnas Indonesia ini harus mengikuti (pendidikan) Lemhanas. Mengapa saya katakan demikian?"

"Lemhanas mengajarkan kita bagaimana kepentingan negara di atas segalanya, bukan individu, kelolompok atau golongan. Itu alasannya," terangnya.

2 dari 2 halaman

Alasan Kekalahan

Ketika Timnas Indonesia kalah 2-3 dari Malaysia, Agustiar Sabran mengaku tak habis pikir. Ketua Dewan Adat Dayak Provinsi Kalteng masa bakti 2016–2021 itu heran karena kekuatan negara relatif seimbang.

"Kurang kesadaran dan rasa nasionalismenya, begitu ketika melawan Malaysia. Selain itu, masalah fisik juga. Fisik ini diakibatkan beberapa faktor, seperti kurang disiplin," jelas Agustiar Sabran.

"Untuk pemain naturalisasi, saya setuju di Timnas Indonesia. Namun untuk jangka panjang, perlu dipertimbangkan," tandasnya.

Pada partai berikutnya, Timnas Indonesia akan menjalani laga tandang ke markas UEA. Pertandingan tersebut bakal digelar 10 Oktober 2019 mendatang.

Disadur dari: Bola.com/Penulis Muhammad Adiyaksa/Editor Aning Jati
Published: 11 September 2019

Deretan Pesepak Bola Wanita Terbaik Dunia

KOMENTAR