Pakai 4-1-4-1 Tanpa Egy Maulana Vikri, Ini Perkiraan Starting XI Timnas Indonesia vs Kamboja

Asad Arifin | 8 Desember 2021, 07:58
Gelandang Timnas Indonesia, Witan Sulaeman, merayakan golnya ke gawang Antalyaspor, Minggu (28/11/2021) malam WIB. (c) Twitter PSSI
Gelandang Timnas Indonesia, Witan Sulaeman, merayakan golnya ke gawang Antalyaspor, Minggu (28/11/2021) malam WIB. (c) Twitter PSSI

Bola.net - Timnas Indonesia akan mengawali kiprahnya di Piala AFF 2020 dengan menghadapi Timnas Kamboja. Pertandingan akan berlangsung di Bishan Stadium, Kamis (09/12/2021) pukul 19.30 WIB.


Menghadapi laga ini, Timnas Indonesia belum bisa diperkuat Egy Maulana Vikri. Penyerang sayap FK Senica tersebut belum bergabung dengan tim di Singapura.

Begitupun dengan beberapa pemain tambahan seperti Ernando Sutaryadi, Rizky Ridho, Nadeo Argawinata dan Rizky Dwi Febriyanto. Mereka masih berada di Indonesia.

Akan tetapi, Timnas Indonesia akan tetap mengandalkan sejumlah pemain terbaiknya melawan Kamboja. Berikut perkiraan starting XI Timnas Indonesia vs Kamboja dengan formasi 4-1-4-1.

Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters.

1 dari 12 halaman

Kiper: M. Riyandi

Kiper Timnas Indonesia, Muhammad Riyandi, saat sesi latihan di Stadion Madya, Jakarta, Selasa, (18/2/2020). (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Di posisi penjaga gawang, nama M. Riyandi berpotensi menjadi pilihan utama Shin Tae-yong. Kiper Barito Putera tersebut kerap dipercaya dalam pertandingan uji coba.

Pilihan di sektor kiper juga tidak banyak, karena Nadeo Argawinata maupun Ernando Sutaryadi masih berada di Indonesia. Selain Riyandi, opsinya hanya Syahrul Fadillah.

2 dari 12 halaman

Bek kiri: Pratama Arhan

Pemain Timnas Indonesia, Pratama Arhan. (c) PSSI

Posisi bek kiri akan menjadi milik Pratama Arhan. Pemain PSIS Semarang tersebut tak tergantikan dalam serangkaian uji coba yang dilakukan Timnas Indonesia.

Selain menjaga pertahanan dengan baik, Arhan juga kerap membantu penyerangan. Bek asal Blora tersebut juga punya kelebihan dalam melakukan lemparan ke dalam.

3 dari 12 halaman

Bek tengah: Elkan Baggott

Elkan Baggott saat latihan bersama Timnas Indonesia di Lapangan Stadion Madya, Rabu (10/11/2021) (c) Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Bergabung dengan tim di Singapura, Elkan Baggott sengat mungkin menjadi pilihan utama melawan Kamboja. Dia memiliki persiapan yang cukup untuk menatap laga perdana timnas Indonesia.

Statistik mentereng pada laga uji coba melawan Afghanistan menjadi salah satu alasan Shin Tae-yong bakal meliriknya. Dia punya atribut yang lengkap sebagai seorang stopper.

4 dari 12 halaman

Bek tengah: Fachrudin Aryanto

Duel pemain Fachruddin Aryanto dan Hari Nur Yulianto pada laga Madura United melawan PSIS Semarang di BRI Liga 1 2021/2022 (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Fachrudin Aryanto kemungkinan akan menemani Elkan Baggott di lini sektor bek tengah. Pengalamannya sebagai pemain senior sangat dibutuhkan.

Bek Madura United tersebut juga selalu menjalani pilihan di lini tengah. Dia tak tergantikan dalam sejumlah pertandingan terakhir Timnas Indonesia.

5 dari 12 halaman

Bek kanan: Asnawi Mangkualam Bahar

Aksi kapten Timnas Indonesia U-23, Asnawi Mangkualam Bahar ketika melawan Australia U-23 di leg pertama Kualifikasi Piala Asia U-23, Rabu (27/10/2021) malam WIB. (c) dok.PSSI

Salah satu pemain kepercayaan Shin Tae-yong di lini pertahanan adalah Asnawi Mangkualam Bahar. Posisinya tidak tergantikan di sisi kanan.

Sama dengan Arhan, Asnawi kerap keluar membantu pertahanan. Pemain yang berkarier di Korea Selatan itu merupakan tipikal bek yang gigih dan tidak takut berduel dengan lawan.

6 dari 12 halaman

Gelandang bertahan: Rachmat Irianto

Bek Persebaya Surabaya, Rachmat Irianto, saat melawan Persik Kediri pada laga Piala Menpora 2021 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Selasa (23/3/2021). Persebaya menang dengan skor 2-1. (c) Bola.ne

Rachmat Irianto akan diplot sebagai gelandang bertahan menghadapi Kamboja. Pemain versatile milik Persebaya Surabaya itu bisa diandalkan untuk menghentikan serangan lawan.

Rian, sapaan akrabnya, merupakan pemain yang sudah malang melintang bersama timnas Indonesia di level Asia Tenggara. Sebelum bergabung dengan tim senior, dia sudah memperkuat timnas kelompok usia.

7 dari 12 halaman

Gelandang tengah: Ricky Kambuaya

Aksi pemain Timnas Indonesia, Ricky Kambuaya, dalam laga uji coba melawan Afghanistan pada Selasa (16/11/2021). (c) AP Photo

Berstatus debutan, Ricky Kambuaya langsung menjadi andalan. Gelandang Persebaya Surabaya tersebut juga tak tergantikan di lini tengah Timnas Indonesia.

Meski tugasnya mengkreasikan serangan, Ricky juga piawai dalam mencetak gol. Dari tiga laga uji coba yang dilakoni skuad Garuda, dia menyumbang dua gol untuk Timnas Indonesia.

8 dari 12 halaman

Gelandang tengah: Evan Dimas Darmono

Aksi Evan Dimas Darmono ketika timnas Indonesia berjumpa Thailand (c) PSSI

Sebagai salah satu gelandang terbaik yang dimiliki Timnas Indonesia, Evan Dimas sangat sulit untuk tidak diturunkan lawan Kamboja. Dia bisa menjadi nyawa permainan Skuad Garuda.

Evan Dimas sangat piawai dalam mengatur serangan dan mendistribusikan bola. Visi bermainnya juga bagus, dan ditopang dengan kepiawaian dalam mencetak gol.

9 dari 12 halaman

Sayap kanan: Irfan Jaya

Gelandang Indonesia, Irfan Jaya dan Irfan Samaling Kuming, berebut bola dengan gelandang Malaysia, Corbin Ong Lawrence, pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022. (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Peluang Irfan Jaya untuk mengisi posisi sayap kanan Timnas Indonesia sangat besar dengan belum bergabungnya Egy Maulana Vikri. Egy belum dilepas oleh klubnya, FK Senica.

Irfan juga bukan pemain sembarangan, pemain asal Bantaeng tersebut juga sempat masuk jajaran top skor BRI Liga 1 2021/2022 sebelum dipanggil Timnas Indonesia. Irfan juga menyumbang 1 gol dari 2 laga uji coba skuad Garuda.

10 dari 12 halaman

Sayap Kiri: Witan Sulaeman

Witan Sulaeman (merah) dibayangi pemain Australia U-23 pada leg pertama Kualifikasi Piala Asia U-23, Rabu (27/10/2021) malam WIB. (c) dok.PSSI

Sementara posisi sayap kiri kemungkinan besar akan ditempati oleh witan Sulaiman. Pemain Lechia Gdansk tersebut juga selalu menjadi pilihan Shin ae-yong.

Selama Timnas Indonesia melakukan uji coba, Witan sudah menyumbang 2 gol. Yakni ketika Skuad Garuda menghadapi Myanmar dan Antalyaspor.

11 dari 12 halaman

Penyerang: Ezra Walian

Penyerang timnas Indonesia, Ezra Walian saat tampil melawan Antalyaspor di Turki. (c) PSSI

Shin Tae-yong memang punya banyak opsi di lini serangan, tetapi pilihan akan jatuh kepada Ezra Walian. Dia sudah menunjukkan ketajamannya dalam beberapa laga uji coba.

Ezra Walian sudah menyumbang dua gol untuk Timnas Indonesia kala menghadapi Myanmar dan Antalyaspor. Statistik tersebut pasti akan menjadi pertimbangan pelatih Timnas.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR