Misi Shin Tae-yong di Timnas Indonesia: Cetak Pemain Berkualitas untuk 10 Tahun

Gia Yuda Pradana | 10 Januari 2022, 15:09
Apresiasi untuk perjuangan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 (c) Bola

Bola.net - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sedang berusaha mencetak pemain berkualitas yang bisa tampil konsisten selama 10 tahun ke depan. Misi itu akan dimulainya saat membentuk skuad U-20 untuk Piala Dunia U-20 2023.


Piala Dunia U-20 2023 sejatinya digelar pada 2021 di Indonesia. Namun, turnamen itu harus tertunda akibat pandemi COVID-19.

Turnamen itu pula yang menjadi tujuan utama dari PSSI dalam perekrutan pelatih Shin Tae-yong. Eks pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu dibebani tugas untuk bisa membuat Timnas Indonesia melangkah jauh di turnamen usia muda bergengsi di dunia itu.

"Jika kami bisa membuat skuad U-20 yang bagus maka secara otomatis pemain yang umur di bawahnya akan memiliki patokan yang bagus. Jika saya membuat tim yang bagus, pemainnya bisa bertahan sampai 10 tahun," kata Shin Tae-yong dalam wawancara dengan Myeongjangdeul.

Shin Tae-yong juga mengaku mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah. Itu yang jadi alasan baginya untuk bersemangat membentuk pemain-pemain berkualitas untuk masa depan Timnas Indonesia.

"Pemerintah juga memberikan dukungan. Jadi, saya sedang mempersiapkannya dengan baik," tegas pelatih asal Korea Selatan itu.

1 dari 2 halaman

Banyak Perubahan

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (c) PSSI

Timnas Indonesia memang mengalami perkembangan pesat sejak diasuh Shin Tae-yong. Itu terlihat dari keberanian Shin Tae-yong dalam mempromosikan pemain muda untuk skuad senior.

Shin Tae-yong memang dibebani tanggung jawab untuk menukangi Timnas Indonesia di semua level mulai dari U-19, U-22, hingga senior. Itu membuatnya lebih leluasa dalam menerapkan sistem promosi dari bawah.

Teranyar, Timnas Indonesia berhasil menjadi runner-up Piala AFF 2020. Mayoritas skuad yang dimiliki Shin Tae-yong berusia di bawah 25 tahun.

2 dari 2 halaman

Pembuktikan di Piala AFF U-23 2022

Pemain Timnas Indonesia berfoto bersama setelah pertandingan final AFF 2020 melawan Thailand. (c) AP Photo

Shin Tae-yong kini sedang berusaha untuk membuat persiapan yang bagus bersama Timnas Indonesia U-23. Seperti diketahui, skuad U-23 akan berlaga di Piala AFF U-23 2022.

Sebagai juara bertahan, Timnas U-23 memiliki beban yang berat pada turnamen yang akan digelar di Kamboja itu. Shin Tae-yong wajib membantu Timnas U-23 dalam mempertahankan gelar.

Namun, perjuangan Timnas Indonesia di turnamen yang digelar mulai 14 sampai 26 Februari 2022 itu tentu tak akan mudah. Timnas U-23 tergabung di Grup B Piala AFF U-23 2022 bersama Malaysia, Myanmar, serta Laos.

Disadur dari: Bola.com/Zulfirdaus Harahap/Wiwig Prayugi

Published: 10 Januari 2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR