Menpora Yakin Timnas Indonesia Bakal Kalahkan Thailand pada Final AFF 2020

Dimas Ardi Prasetya | 28 Desember 2021, 19:53
Prediksi Final Piala AFF, Timnas Indonesia vs Thailand 29 Desember 2021 (c) Bola
Prediksi Final Piala AFF, Timnas Indonesia vs Thailand 29 Desember 2021 (c) Bola

Bola.net - Sebuah optimisme diapungkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainuddin Amali, jelang Final Piala AFF 2020. Amali yakin Skuad Garuda -julukan Timnas Indonesia- bakal bisa meraih kemenangan pada laga ini.


"Saya tetap optimistis timnas kita bisa meladeni Thailand," kata Amali, dalam rilis Kemenpora, Selasa (28/12/2021).

"Saya percaya pemain kita akan membuktikan kualitas mereka dengan panduan pelatih Shin Tae-Yong, yang sudah teruji dan punya jam terbang internasional," sambungnya.

Indonesia sendiri akan menghadapi Thailand pada partai puncak AFF 2020. Laga ini akan dihelat dalam dua leg. Leg pertama akan digelar pada Rabu (29/12/2021). Sementara, leg kedua akan digelar pada Sabtu (01/01/2022) mendatang.

Skuad Garuda lolos ke final setelah mengalahkan Singapura. Sementara, Thailand melaju ke partai puncak usai menyingkirkan Vietnam.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 2 halaman

Sudah Teruji

Amali menilai, skuad Indonesia saat ini sudah teruji. Mereka telah melewati jalan panjang dan menghadapi lawan-lawan yang tak mudah untuk bisa tiba di partai final.

"Lolosnya Timnas Indonesia ke final berarti sudah melalui rintangan dan adangan dari tim negara ASEAN lainnya," papar Amali.

"Meskipun sebelumnya tidak banyak yang mengunggulkan Timnas Indonesia, bahkan ada tim dari negara peserta lainnya meremehkan kekuatan timnas kita, semua anggapan itu terpatahkan oleh racikan strategi apik dari pelatih Shin Tae-yong dengan materi pemain muda yang dibawanya ke Singapura," tambahnya.

2 dari 2 halaman

Pantang Remehkan Thailand

Chanathip Songkrasin (tengah) merayakan golnya bersama rekan-rekannya di laga Vietnam vs Thailand di leg pertama semifinal Piala AFF 2021 di National Stadium, Singapura, Kamis (23/12/2021) malam WIB.

Kendati yakin Indonesia bakal berjaya, Amali meminta agar timnas tetap waspada. Pasalnya, Thailand bukanlah lawan yang bisa dipandang sebelah mata.

"Bagi saya, tim yang sudah masuk ke final adalah tim berkualitas. Semuanya memiliki kekuatan dan kelemahan masing-masing yang akan ditentukan dan dilihat langsung di lapangan," papar Amali.

"Beberapa tahun terakhir kita tahu Thailand memang mendominasi persepakbolaan di Asia Tenggara, tapi penting diingat Indonesia bukan tim sembarangan," ia menegaskan.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR