BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Menpora Upayakan Atlet Dapat Vaksin COVID-19, Cabor Mana yang Jadi Prioritas?

13-01-2021 21:59 | Serafin Unus Pasi

Menpora Zainudin Amali. (c) Dok. Kemenpora Menpora Zainudin Amali. (c) Dok. Kemenpora

Bola.net - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali akan berupaya agar atlet dan ofisial cabang olahraga (cabor) bisa mendapat vaksin COVID-19. Sebab pada tahun ini, beberapa cabor bakal mengikuti sejumlah event.

Vaksinasi COVID-19 di Tanah Air telah dimulai pada 13 Januari 2021, dengan penerima pertamanya yaitu Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Pihak selanjutnya yang akan diberi vaksin adalah tenaga kesehatan (nakes).

Menpora pun akan mengajukan permohonan kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) supaya atlet dan ofisial cabor bisa jadi prioritas. Terutama yang bakal segera ikut turnamen.

Lantas, cabor mana yang akan diutamakan jika permohonan tersebut disetujui?

"Yang akan menentukan siapa duluan itu tergantung cabor yang pertama menjalani pertandingan. Nah kami akan serahkan datanya ke Kementerian Kesehatan. Kemenkes tentunya akan membaca surat kami yang sudah mencantumkan tentang kapan dibutuhkan, kapan orang-orang ini akan bertanding, dan lain sebagainya," ujar Menpora, saat konferensi pers melalui Zoom, Rabu (13/1).

"Kami tidak bisa menentukan langsung besok, lusa, dan lain sebagainya, karena diprioritas awal itu ada di tenaga kesehatan. Harapan kami juga vaksin ini bisa diperuntukkan buat atlet dan para ofisial. Kami akan mengusahakan itu," katanya menambahkan.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 1 halaman

Utamakan Cabor Sepak Bola?

Saat ditanya apakah cabor sepak bola bakal jadi penerima prioritas vaksin di kalangan atlet, Menpora belum bisa memastikan. Kendati pada tahun ini, semua tim nasional punya agenda.

"Yang jelas memang Timnas akan segera melakukan kegiatan, ada U-16, U-19, U-23, dan senior. Ya kami lihat saja nanti, akan kami usahakan," imbuh Menpora.

Pada tahun ini, Timnas Indonesia U-16 akan tampil di Piala AFC U-16 2020 Bahrain, 31 Maret-17 April. Sementara Timnas Indonesia U-19 di Piala AFC U-19 2020 Uzbekistan, 3-20 Maret.

Sedangkan untuk Timnas Indonesia U-23 akan berlaga di SEA Games 2021 Vietnam, 21 November-2 Desember. Lalu di Kualifikasi Piala AFC U-23 yang jadwalnya belum ditentukan.

Kemudian untuk timnas senior, akan menghadapi partai lanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G melawan Uni Emirat Arab (UEA), Thailand, dan Vietnam. Ditambah Piala AFF 2020 pada 5 Desember 2021 - 1 Januari 2022.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR