Menpora: Pemerintah Setuju, Minta PSSI Maju Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Serafin Unus Pasi | 28 Juni 2022, 18:27
Menpora Zainudin Amali (Kiri) menyerahkan izin turnamen pra musim kepada Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (kanan) (c) Kemenpora
Menpora Zainudin Amali (Kiri) menyerahkan izin turnamen pra musim kepada Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (kanan) (c) Kemenpora

Bola.net - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengatakan bahwa pemerintah telah menyetujui kemungkinan PSSI menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.

PSSI telah memenuhi syarat dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) untuk maju sebagai tuan rumah Piala Asia 2023. Setiap negara yang berminat untuk menjadi penyelenggara perlu lolos ke putaran final.

Timnas Indonesia berhasil lolos ke Piala Asia 2023 berkat menjadi salah satu dari lima runner-up terbaik Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

"Ada permohonan dari PSSI untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2203. Pemerintah sudah menyetujui," ujar Menpora, usai memimpin rapat koordinasi persiapan penyelenggaraan ASEAN Para Games XI 2022, di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Jakarta, Selasa (28/6/2022).

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 1 halaman

Silakan Mengajukan Diri

Menpora mempersilakan PSSI untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Asia 2023. Menteri asal Gorontalo ini juga telah tahu pesaing untuk menyelenggarakan turnamen empat tahunan ini.

"Hasilnya seperti apa, kami belum tahu. Karena Korea Selatan, Jepang, dan Australia sudah mengajukan diri juga," ucap Amali.

"Kami sudah meminta kepada PSSI untuk ikut. Jadi, pemerintah prinsipnya mendukung keinginan PSSI untuk menjadi tuan rumah," tambahnya.

AFC sedang mencari pengganti China sebagai tuan rumah Piala Asia 2023. Negeri Tirai Bambu itu memilih untuk mundur akibat pandemi COVID-19 yang berkepanjangan.

"Hari ini, Selasa (28/6), atau besok, Rabu (29/6), saya dengar PSSI akan segera berkomunikasi dengan AFC," imbuh Menpora Amali.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR