Menggila Bersama Thailand, Chanathip Songkrasin Layak Jadi Pemain Terbaik Piala AFF 2020?

Ari Prayoga | 1 Januari 2022, 14:55
Chanathip Songkrasin merayakan golnya di laga antara Timnas Indonesia vs Thailand di leg pertama final Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Rabu (29/12/2021) malam WIB. (c) AP Photo
Chanathip Songkrasin merayakan golnya di laga antara Timnas Indonesia vs Thailand di leg pertama final Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Rabu (29/12/2021) malam WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Apiknya performa Thailand di Piala AFF 2020 kali ini tak lepas dari kontribusi luar biasa yang ditunjukkan bintang mereka, Chanathip Songkrasin.

Sejatinya, Chanathip Songkrasin tak bergabung dengan skuad Thailand sejak awal gelaran Piala AFF 2020. Ia datang telat karena harus membela klubnya, Hokkaido Consadole Sapporo.

Chanathip Songkrasin baru membela Tim Gajah Perang pada laga kontra Myanmar dan Filipina. Meski gagal mencetak gol, pemain berusia 28 tahun tersebut turut membawa Timnas Thailand menang 4-0 atas Myanmar dan membungkam Filipina dengan skor 2-1.

Akan tetapi, dia kembali tak bermain ketika Thailand meladeni Singapura pada partai terakhir Grup A. Tanpa Chanathip, Timnas Thailand menang 2-1 atas Singapura.

Memasuki fase knock-out, Chanathip Songkrasin baru memperlihatkan sentuhan magisnya. Dari tiga laga yang dijalani, Chanathip berhasil mencetak empat gol.

Chanathip Songkrasin berhasil memborong dua gol kemenangan Thailand atas Vietnam pada leg pertama semifinal, serta mendulang dua gol ketika timnya menang 4-0 atas Timnas Indonesia pada laga pertama final Piala AFF 2020.

Chanathip Songkrasin diprediksi akan kembali memperlihatkan penampilan terbaiknya dalam laga leg kedua kontra Indonesia, di National Stadium pada Sabtu (1/1/2022).

1 dari 2 halaman

Level Berbeda

Chanathip dinilai berada di level yang berbeda ketimbang pesepak bola lainnya di Asia Tenggara. Tak hanya itu, dia mampu bersaing dengan pemain bintang Asia yang berlaga di J.League.

"Apa lagi yang bisa saya katakan tentang Chanathip Songkrasin saat ini. Dia bermain sangat bagus dan berada di level lain. Harus diingat Chanathip telah memperlihatkan kemampuannya di J.League," kata mantan striker Timnas Thailand, Teeratep Winothai.

"Dia bersinar di Jepang dan membawanya ke level lain dibandingkan dengan pesepak bola Asia Tenggara. Dia belajar dari pemain top, dari latar belakang sepak bola top di Asia sehingga kemajuannya bisa dimengerti. 'Messi Jay' jelas merupakan pemain terbaik sepak bola Thailand saat ini," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Layak Dinobatkan Sebagai Pemain Terbaik

Dengan penampilan impresif yang diperlihatkan, Chanathip Songkrasin dianggap layak meraih penghargaan pemain terbaik di Piala AFF 2020. Penghargaan itu bakal semakin lengkap dengan Timnas Thailand meraih trofi juara.

"Chanathip adalah pemain yang bisa membuat perbedaan besar di lapangan. Dia pantas mendapatkan pujian dan juga penghargaan individu," jelas Teeratep Winothai.

Tidak hanya dijagokan meraih penghargaan pemain terbaik, Chanathip Songkrasin memiliki kans untuk menyandang status top skorer Piala AFF 2020.

Saat ini, Chanathip mendulang empat gol dan bersaing dengan Safawi Rasid (Malaysia), Bienvenido Maranon (Filipina), serta Teerasil Dangda (Thailand)

Sumber: Zingnews

Disadur dari: Bola.com (Rizki Hidayat) 1 Januari 2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR