Mengenal Timnas Curacao: Ada Eks Pemain Newcastle dan Banyak Jebolan Liga Belanda

Abdi Rafi Akmal | 23 September 2022, 17:33
Mengenal Timnas Curacao: Ada Eks Pemain Newcastle dan Banyak Jebolan Liga Belanda
Timnas Curacao mendarat di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (21/9/2022) malam WIB (c) Twitter/@@Curacaofootbal1

Bola.net - Timnas Curacao akhirnya mulai jadi perbincangan warga Indonesia saat akan dipastikan menjadi lawan tanding timnas Indonesia di FIFA Matchday. Ada banyak pemain-pemain yang sebetulnya punya karier cemerlang.

Walaupun jarang dikenal, Curacao saat ini duduk di peringkat ke-84 ranking FIFA dengan 1293,35 poin. Posisi tersebut jelas lebih jauh daripada Indonesia yang ada di peringkat ke-155 dengan 1019,19 poin.

Posisi tersebut tidak terjadi tiba-tiba. Curacao yang berada di kepulauan Karibia seringnya berhadapan dengan tim-tim di kawasan CONCACAF, yang mencakup Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Karibia.

Persaingan yang sengit itu sukses membuat Curacao memproduksi pesepakbola andal yang terendus sampai ke Eropa. Beberapa pemainnya mungkin tidak asing di telinga.

Siapa saja para pemain tersebut? Simak ulasan selengkapnya di bawah, ya, Bolaneters~

1 dari 7 halaman

Vurnon Anita

Posisi: Gelandang Bertahan
Usia: 33 tahun
Klub saat ini: RKC Waalwijk (Kasta Pertama Belanda)

Dari seluruh pemain Curacao, Anita jadi pemain yang paling tidak asing didengar. Gelandang jangkar berusia 33 tahun ini adalah pemain inti Newcastle sejak 2012 sampai dengan 2017. 155 penampilan dicatatkannya bersama The Magpies.

Setelah itu, ia coba peruntungan baru di Leeds United, Willem II, serta CSKA Sofia. Sampai saat ini, ia masih jadi pemain penting untuk RKC Waalwijk di Eredevisie.

2 dari 7 halaman

Leandro Bacuna

Posisi: Gelandang tengah
Usia: 31 tahun
Klub saat ini: -

Bacuna adalah pemain kelahiran Groningen, Belanda. Ia sempat menjajal timnas Belanda U-19 dan Belanda U-21. Namun saat hendak ke timnas senior, Bacuna memilih Curacao dan didapuk jadi kapten timnas.

Karier profesional Bacuna lebih banyak dihabiskan di Belanda dan Inggris. Di Belanda ia membela tim masa kecilnya, Groningen. Sedangkan di Inggris, ia sempat membela beberapa tim. Tim terakhir yang dibelanya adalah Cardiff City. Semenjak kontraknya habis, belum ada lagi tim yang mengontraknya.

3 dari 7 halaman

Juninho Bacuna

Posisi: Gelandang tengah
Usia: 25 tahun
Klub saat ini: Birmingham City (Kasta Kedua Inggris)

Masih satu saudara dengan Leandro Bacuna, Bacuna ‘kecil’ masih aktif sebagai pemain di Birmingham City di kasta kedua Liga Inggris. Sampai sebelum jeda internasional ini Bacuna masih terus bermain secara reguler di klubnya.

Bacuna lahir dan memulai karier profesional sama dengan sang kakak. Ia memulainya dari Groningen selama kurang lebih tiga tahun, sampai akhirnya memutuskan hijrah ke Inggris.

4 dari 7 halaman

Roly Bonevacia

Posisi: Gelandang tengah
Usia: 30 tahun
Klub saat ini: Al Tadamon SC (Kuwait)

Karier Bonevacia di level timnas nyaris sama seperti Bacuna. Karena lahir di Belanda, ia sempat membela timnas Belanda dari U-15 sampai dengan U-19, sebelum akhirnya memutuskan timnas senior di Curacao.

Bonevacia adalah jebolan akademi Ajax Amsterdam, walaupun hanya bertahan setahun di timnas seniornya. Setelah itu, ia merantau ke banyak negara untuk bermain sepak bola, mulai dari Australia, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, sampai Kuwait.

5 dari 7 halaman

Rangelo Janga

Posisi: Penyerang
Usia: 30 tahun
Klub saat ini: CFR Cluj

Janga juga salah satu pemain yang punya nama di timnas Curacao. Dari 27 pertandingan, ia sudah mencetak 13 gol di tim senior. Kualitasnya ini didapatkan karena Janga sudah sering bermain di kompetisi Eropa dan kompetisi seperti Liga Europa dan Liga Konferensi Eropa.

Janga pernah bermain di Cyprus, Kazakhstan, Belanda, Tunisia, Belgia, Slovenia, dan sekarang di Rumania. Ia membela salah satu tim raksasa di sana, CFR Cluj.

6 dari 7 halaman

Kevin Felida

Posisi: Gelandang Bertahan
Usia: 22 tahun
Klub saat ini: RKC Waalwijk (Kasta Pertama Belanda)

Felida adalah rekan tim Anita di Waalwijk saat ini. Posisinya sama-sama gelandang bertahan, namun Felida adalah pelapis Anita di tim. Begitu pula di timnas.

Meski begitu, di usianya yang masih muda ini, Felida sudah menyebrang ke satu akademi ke akademi lain sebelum berusia 20 tahun. Ia pernah di FC Den Bosch, Brabant United, serta Excelsior.

7 dari 7 halaman

23 Pemain Timnas Curacao untuk FIFA Matchday September 2022

Kiper: Tyrick Bodak (PSV Eindhoven U21), Rowendy Sumter (RKSV Scherpenheuvel), Jean-Marc Antersijn (Atlantic City)

Belakang: Shanon Carmelia (USV Hercules), Darryl Lachman (Perth Glory), Michael Maria (-), Justin Ogenia (FC Eindhoven), Nathangelo Markelo (Excelsior Rotterdam), Bryan Anastatia (CRKSV Jong Holland), Quilindschy Hartman (Feyenoord Rotterdam), Rhu-Endly Martina (-)

Tengah: Vurnon Anita (RCK Waalwijk), Juninho Bacuna (Birmingham City), Leandro Bacuna (-), Roly Bonevacia (Al Tadamon SC), Kevin Felida (RKC Waalwijk)

Depan: Kenji Gorre (Boavista FC), Elson Hooi (Al Tadamon SC), Rangelo Janga (CFR Cluj), Gino van Kessel (-), Jarchino Antonia (NAC Breda), Jeremy Antonisse (PSV Eindhoven U21), Gevaro Nepomuceno (-)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR