Membedah 11 Gelandang di Skuad Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2020

Asad Arifin | 2 Desember 2021, 11:51
Timnas Indonesia - Witan Sulaeman, Ricky Kambuaya, Ramai Rumakiek. (c) Bola.com/Adreanus Titus
Timnas Indonesia - Witan Sulaeman, Ricky Kambuaya, Ramai Rumakiek. (c) Bola.com/Adreanus Titus

Bola.net - Daftar 30 pemain yang akan membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 baru saja diumumkan. Dari daftar itu, ada 11 pemain yang berposisi gelandang. Lantas, siapa yang bakal jadi andalan pelatih Shin Tae-yong?


Evan Dimas, Kadek Agung, Rachmat Irianto, Ahmad Agung, Ricky Kambuaya, Syahrian Abimanyu, adalah nama-nama yang akan menjadi pengatur lini tengah, baik sebagai gelandang bertahan maupun gelandang tengah.

Sementara itu, ada Irfan Jaya, Ramai Rumakiek, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Yabes Roni, yang akan menjadi penunjang lini serang dari sisi sayap.

Satu hal yang menarik, Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong yang menggabungkan pemain berpengalaman dan pemain muda ini punya komposisi rataan usia yang muda di lini tengah, yaitu sekitar 23 tahun.

Lantas, siapa yang bakal jadi pilihan utama? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 3 halaman

Evan Dimas dan Yabes Roni Paling Senior

Aksi Evan Dimas Darmono ketika timnas Indonesia berjumpa Thailand (c) PSSI

Evan Dimas yang sudah pernah membela Timnas Indonesia di Piala AFF sejak 2014, kini menjadi pemain yang terhitung paling senior di antara pemain di lini tengah Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2020. Namun, Evan tidak sendirian. Ada nama Yabes Roni yang juga seusia dengan Evan, yaitu 26 tahun.

Perbedaan dari kedua pemain adalah Evan Dimas akan menjadi pengatur permainan di tengah lapangan, baik sebagai gelandang bertahan maupun gelandang tengah, dan Yabes Roni akan bisa diandalkan sebagai pengisi sisi sayap penyerangan.

Selain itu ada nama Irfan Jaya sebagai pemain yang boleh dibilang cukup senior meski secara pengalaman ia baru tampil di Piala AFF pada 2018 lalu. Irfan Jaya yang merupakan pemain sayap lincah yang pada Piala AFF 2018 baru mendapatkan dua kali kesempatan, mungkin bisa menjadi andalan di edisi 2020 ini.

Selain Irfan Jaya juga ada Ricky Kambuaya dan Ahmad Agung, dua pemain berusia 25 tahun yang secara pengalaman memang masih minim.

Ricky Kambuaya sendiri baru saja mendapatkan debutnya bersama Timnas Indonesia pada November 2021. Namun, tak ada yang terlambat. Bagi Ricky bergabung bersama Timnas Indonesia pada usia keemasan akan menjadi pengalaman yang sangat luar biasa.

2 dari 3 halaman

Ramai Rumakiek Termuda

Winger Timnas Indonesia, Ramai Rumakiek saat tampil melawan Antalyaspor di laga uji coba jelang Piala AFF 2020. (c) dok.PSSI

Sementara itu, pemain tersisa di lini tengah punya kisaran usia antara 19 hingga 23 tahun. Namun, bicara pengalaman di level muda, beberapa pemain sudah punya jam terbang yang tinggi.

Nama-nama seperti Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Syahrian Abimanyu, Rachmat Irianto, dan Kadek Agung, adalah pemain yang sudah pernah membela Timnas Indonesia sejak kategori usia.

Kini para pemain tersebut akan menjadi andalan bagi skuad Garuda senior untuk bisa meraih kemenangan demi kemenangan di Piala AFF 2020.

Satu yang menarik, Ramai Rumakiek menjadi pemain berusia 19 tahun yang masuk dalam skuad asuhan Shin Tae-yong ini.

Ramai Rumakiek, yang pada musim ini baru mendapatkan debutnya bersama Persipura Jayapura, juga bersama Timnas Indonesia pada laga play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 yang digelar November lalu, akan menjadi senjata di sisi sayap kiri Tim Garuda.

3 dari 3 halaman

Daftar Gelandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Pemain Timnas Indonesia, Kadek Agung (c) Dok. PSSI

Evan Dimas, Bhayangkara FC, 26 tahun.
Kadek Agung, Bali United, 23 tahun.
Rachmat Irianto, Persebaya Surabaya, 22 tahun.
Ahmad Agung, Persik Kediri, 25 tahun.
Ricky Kambuaya, Persebaya Surabaya, 25 tahun.
Syahrian Abimanyu, Johor Darul Ta'zim, 22 tahun.
Irfan Jaya, PSS Sleman, 25 tahun.
Ramai Rumakiek, Persipura Jayapura, 19 tahun.
Witan Sulaeman, Lechia Gdanks, 20 tahun.
Egy Maulana Vikri, FK Senica, 21 tahun.
Yabes Roni, Bali United, 26 tahun.

Disadur dari Bola.com: Benediktus Gerendo Pradigdo, 1 Desember 2021

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR