BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Media Korea: Timnas Indonesia Ibarat Bumbu Kimchi, Merah dan Pedas

07-01-2021 10:03 | Gia Yuda Pradana

Timnas Indonesia (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan Timnas Indonesia (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Bola.net - Media Korea Selatan mengibaratkan Timnas Indonesia seperti bumbu kimchi yang merah dan pedas. Ini bukan tanpa alasan.

Timnas Indonesia sudah tersingkir dari peta persaingan di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Namun, Skuad Garuda masih menyisakan tiga pertandingan.

Lima kali bertanding di Grup G, lima kali pula Timnas Indonesia menelan kekalahan. Hasil buruk itu membuat Simon McMenemy dipecat dari posisinya sebagai pelatih. Sebagai gantinya, PSSI menunjuk pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong.

Dia adalah mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018. Arsitek berusia 50 tahun itu diharapkan dapat memberikan hasil positif bagi Skuad Garuda di tiga laga tersisa.

1 dari 2 halaman

Pantang Menyerah

Shin Tae-Yong (c) Bola.com/Muhammad Iqbal Ichsan Shin Tae-Yong (c) Bola.com/Muhammad Iqbal Ichsan

Timnas Indonesia sudah tersingkir dari persaingan. Namun, di bawah kendali Shin Tae-yong, Timnas Indonesia takkan pantang menyerah di tiga laga tersisa. Ini pula yang membuat media Korea Selatan, Chosun, mengibaratkan Timnas Indonesia seperti bumbu kimchi.

"Timnas Indonesia memang telah terleminasi dari Kualifikasi Piala Dunia 2022. Namun, coach Shin Tae-yong berjanji untuk menjadikan tim seperti gochugaru (bubuk cabai merah yang pedas)," tulis Chosun, dalam wawancaranya dengan Shin Tae-yong, Selasa (5/1/2021).

'Bubuk cabai merah yang pedas' atau gochugaru, yang biasa dipakai untuk bumbu kimchi dan aneka masakan Korea lainnya, diartikan sebagai sebuah analogi untuk Timnas Indonesia yang tidak akan melepas tiga pertandingan terakhirnya di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Skuad Garuda bakal tetap berjuang dan berpeluang mengganggu persaingan papan atas dari Grup G.

"Timnas Indonesia memang lima kali kalah dari lima kali pertandingan sejauh ini sehingga tidak akan lolos dari putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022," imbuh Shin Tae-yong dengan senyum penuh arti, seperti yang digambarkan Chosun.

2 dari 2 halaman

Tiga Laga Tersisa Timnas Indonesia

Suporter Timnas Indonesia (c) Bola.com/M. Iqbal Ichsan Suporter Timnas Indonesia (c) Bola.com/M. Iqbal Ichsan

Putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia akan kembali dilanjutkan pada Maret dan Juni tahun ini. Timnas Indonesia masih bakal berhadapan dengan Thailand pada 25 Maret 2021, Uni Emirat Arab (UEA) pada 30 Maret 2021, dan Vietnam pada 8 Juni 2021.

Saat ini, Vietnam masih memuncaki klasemen Grup G dengan 11 poin, disusul oleh Malaysia dengan sembilan angka, dan Thailand yang meraih delapan poin. Ketiganya telah bermain lima kali. Adapun, UEA menempati peringkat keempat dengan enam poin, namun baru bermain empat kali.

Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia juga dijadikan sebagai syarat untuk lolos ke Piala Asia 2023 via babak ketiga. Timnas Indonesia, yang terpuruk di posisi terbawah Grup G, masih punya kans selama mereka bisa menyapu bersih tiga laga tersisa.

Sumber: Chosun

Disadur dari: Bola.com/Muhammad Adiyaksa/Wiwig Prayugi

Published: 6 Januari 2021

KOMENTAR