Makna dan Filosofi Bacuya, Badak Cula Cahaya yang Jadi Maskot Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia

Asad Arifin | 27 Januari 2023, 09:37
Makna dan Filosofi Bacuya, Badak Cula Cahaya yang Jadi Maskot Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia
Maskot Piala Dunia U-20 2023, Bacuya (c) M. Iqbal Ichsan

Bola.net - Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 yang digelar pada 20 Mei hingga 11 Juni nanti. Sebagai bagian dari gelaran Piala Dunia U-20, ada sosok Bacuya sebagai maskot resmi.

Bacuya diperkenalkan sebagai maskot Piala Dunia U-20 2023 oleh FIFA, PSSI, serta Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) saat Car Free Day (CFD), di Bundaran Hotel Indonesia hingga Monas, Minggu (18/9/2022) yang lalu.

Badak bercula satu dipilih menjadi maskot Piala Dunia U-20 2023 karena hanya terdapat di Indonesia. Selain itu, Badak Jawa ini juga merupakan hewan asli Indonesia yang masuk dalam kategori dilindungi.

Bacuya adalah akronim dari Badak Cula Cahaya. Dari komposisi warna, ada beberapa yang dominan yakni ungu, merah, putih, dan kuning. Ada tulisan 'Indonesia 2023' pada bagian dada Bacuya sebagai tanda bahwa Piala Dunia U-20 digelar di Indonesia pada tahun 2023.

1 dari 1 halaman

Makna dan Filosofi Bacuya

Bacuya, menurut situs resmi Kemenpora, diambil dari sosok Badak Jawa yang punya karakter pemalu dan pendiam. Meskipun begitu, dia rasa ingin tahu yang tinggi sehingga berlari dengan tabah seolah ingin mencari tahu.

Bacuya merupakan representasi pembela. Dia memperjuangkan hak anak muda untuk bersenang-senang dan berekspresi. Bacuya bakal juga merupakan representasi penjaga talenta muda dan mercusuar masa depan sepak bola.

Sementara, pada video resmi peluncuran Bacuya, ada beberapa pesan yang diusung yakni:

  • Ketika perbedaan bahu membahu
  • Membela kesetaraan, di dalam dan luar lapangan
  • Untuk mengakui kesempatan jadi pahlawan masa depan
  • Generasi baru siap untuk bangkit

Bacuya, dengan cula yang bisa menyala warna-warni ketika bermain sepak bola, diharapkan bisa menarik perhatian dunia. Bacuya diharapkan bisa menghadirkan keceriaan dan bagian dari lahirnya calon bintang sepak bola dunia.


KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR