Main di Kompetisi Asia, 3 Pilar Timnas Indonesia ini Bisa Jadi Pembeda Piala AFF 2020

Serafin Unus Pasi | 3 Desember 2021, 19:35
Timnas Indonesia di Play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 (c) dok. PSSI

Bola.net - Dalam skuad Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 terdapat tiga pemain yang beredar di kompetisi Asia. Mereka adalah Asnawi Mangkualam, Syahrian Abimanyu, dan Ryuji Utomo.


Ketiga nama itu selalu mendapatkan pemanggilan dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Momennya sejak lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia pada Juni 2021.

Shin Tae-yong pasti punya pertimbangan khusus mengapa ketiganya tak pernah absen dihadirkan dalam agenda Timnas Indonesia. Soal posisi bermain, Asnawi adalah bek kanan, Abimanyu gelandang, dan Ryuji bek tengah.

Asnawi merupakan pemain yang beredar bersama Ansan Greeners di Korea Selatan. Sedangkan Abimanyu adalah gelandang milik klub kaya raya Malaysia, Johor Darul Ta'zim (JDT) yang sempat dipinjamkan ke tim Australia, Newcastle Jets.

Sementara Ryuji bermain untuk Penang FC di Negeri Jiran. Bek berusia 26 tahun ini berstatus sebagai pemain pinjaman dari Persija Jakarta.

Lantas, seberapa penting kehadiran ketiganya di Timnas Indonesia hingga selalu menjadi langganan? Berikut ulasannya dari sisi performa mereka di lapangan, termasuk statistik di klub masing-masing.

1 dari 3 halaman

Asnawi Mangkualam

Bek Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, mengontrol bola saat melawan Thailand pada laga PSSI 88th U-19 di Stadion Pakansari, Jawa Barat, Minggu (23/9/2018). (c) Bola.com/Vitalis Yogi Trisna

2021 menjadi tahun yang tak terlupakan buat pemain asal Makassar ini. Bagaimana tidak, ia untuk pertama kalinya beredar di kompetisi luar negeri.

Asnawi bermain untuk Ansan Greeners di K-League 2, atau kompetisi kasta kedua Korea Selatan. Menit bermainnya bisa dikatakan lumayan, karena mencatat 1.003 menit dari 14 kali kesempatan bermain.

Dari 14 kali bermain itu, Asnawi menjadi starter sebanyak 12 kali. Jumlah yang sangat signifikan untuk menambah pengalaman bermain internasional.

Dengan bermain di Korea Selatan, pengalaman Asnawi sangat berguna untuk Timnas Indonesia dalam level persaingan di Asia Tenggara. Mental dan kemampuan tekniknya juga pasti meningkat.

2 dari 3 halaman

Syahrian Abimanyu

Syahrian Abimanyu (c) Bola.com/Vitalis Yogi Trisna

Meski belum dapat banyak kesempatan bermain di A-League bersama Newcastle Jets dan JDT, pengalaman Abimanyu bersama tim luar negeri menjadi nilai plus tersendiri. Aktivitas selama latihan dan lingkungan profesional di Australia dan Malaysia merupakan pembeda dari Indonesia.

Di Newcastle Jets pada paruh kedua musim 2020/2021, Abimanyu main tiga kali sebagai pengganti di ujung-ujung pertandingan. Total mainnya hanya tujuh menit, tetapi itu sudah memberi pengalaman tersendiri.

Lalu di JDT pada musim 2021 ini, Abimanyu baru bermain dua kali. Dengan total main selama 35 menit.

Namun, minimnya statistik itu tak membuat Shin Tae-yong goyah. Pelatih asal Korea Selatan ini tetap memberi kepercayaan kepada Abimanyu untuk bergabung dalam skuad Timnas Indonesia demi menularkan pengalaman dan mental bermain di luar negeri ke dalam tim.

3 dari 3 halaman

Ryuji Utomo

Ryuji Utomo (c) Bola.com/Vitalis Yogi Trisna

Pengalaman bermain di Malaysia, mungkin sudah membuatnya khatam dengan persaingan di sepak bola Asia Tenggara. Ryuji memperkuat Penang FC di Liga Super Malaysia.

Total menit bermain Ryuji pada musim 2021 bersama Penang FC mencapai 1.194. Ia tercatat 13 kali menjadi starter dan dua kali menjadi pemain pengganti.

Dengan catatan statistik seperti itu, Shin Tae-yong memberi kepercayaan kepada Ryuji. Harapannya, pemain kelahiran Jakarta itu bisa menularkan pengalaman bermain internasional dengan rekan-rekannya di Timnas Indonesia.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR