Lini Depan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020: Tim Paling Produktif, tapi Striker Cuma Cetak 1 Gol

Ari Prayoga | 22 Desember 2021, 11:48
Piala AFF 2020: Selebrasi penyerang timnas Indonesia, Ezra Walian setelah mencetak gol ke gawang Laos. Indonesia menang 5-1 pada laga tersebut. (c) AFF Suzuki Cup
Piala AFF 2020: Selebrasi penyerang timnas Indonesia, Ezra Walian setelah mencetak gol ke gawang Laos. Indonesia menang 5-1 pada laga tersebut. (c) AFF Suzuki Cup

Bola.net - Lini depan Timnas Indonesia menjadi salah satu sorotan utama jelang laga semifinal Piala AFF 2020 leg pertama kontra Singapura, Rabu (22/12/2021) malam nanti.


Timnas Indonesia memang tampil cukup meyakinkan di babak penyisihan dengan menjadi juara Grup B, unggul Vietnam dan Malaysia.

Adalah fakta dengan torehan 13 gol, Timnas Indonesia menjadi negara dengan torehan gol terbanyak sejauh ini pada ajang Piala AFF 2020. Tapi dari total 13 gol, hanya satu gol yang lahir dari kaki seorang striker.

Satu-satunya striker Timnas Indonesia yang sudah membukukan gol adalah Ezra Walian. Itupun ke gawang salah satu tim terlemah di ajang Piala AFF 2020 yaitu Laos.

Memang sejauh ini, nama-nama pemain yang bukan berposisi sebagai striker sukses memperlihatkan performa ciamik. Sebut saja Irfan Jaya, Witan Sulaeman, dan Evan Dimas cukup rajin menyumbangkan gol.

Tapi pada akhirnya memiliki striker yang rajin mencetak gol menimbulkan rasa kengerian dari calon lawan. Hal inilah yang belum diperlihatkan Timnas Indonesia pada ajang Piala AFF 2020.

1 dari 4 halaman

Ezra Walian Belum Maksimal?

Untuk diketahui, nama Ezra Walian jadi sosok yang mendapat banyak kepercayaan dari Shin Tae-yong menghuni pos striker utama di Timnas Indonesia selama Piala AFF 2020.

Striker Persib Bandung itu hanya absen jadi starter saat Skuad Garuda membekap Laos. Menariknya ketika masuk di babak kedua, Ezra justru sukses mencetak gol.

Dalam skema Shin Tae-yong, Ezra Walian memang ditempatkan sendirian sebagai tukang gedor utama. Meski baru mencetak satu gol, sebenarnya kontribusi sang pemain tidak bisa disebutkan jelek.

Karena berulang kali, ia sukses memecah konsentrasi lini belakang atau sekadar menjadi tembok. Yang pasti jika melihat nama-nama di bangku cadangan, Ezra Walian jadi opsi terbaik.

Dedik Setiawan, Kushedya Hari Yudo sampai Hannis Saghara tentu bukan nama yang jelek. Tapi ketiganya minim jam terbang level internasional. Plus jika melihat strategi Shin Tae-yong, sosol Ezra Walian memang paling cocok berstatus starter.

2 dari 4 halaman

Prancis Bisa Juara Dunia Tanpa Striker Tajam

Peran Ezra Walian bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 bisa disamakan seperti Olivier Giroud ketika membawa Prancis jadi juara Piala Dunia 2018.

Kala itu, Giroud bahkan punya rekam jejak lebih buruk ketimbang Ezra Walian. Striker yang kini memperkuat AC Milan itu sama sekali tidak mencetak gol meski Prancis jadi juara dunia.

Menariknya seperti Ezra Walian yang dapat kepercayaan dari Shin Tae-yong, Giroud juga berstatus tidak tergantikan oleh pelatih Prancis, Didier Deschamps.

Namun meski tidak mencetak gol, Deschamps selalu mendukung Giroud dan menekankan sang pemain memang cocok dengan taktiknya.

Ya, seperti sukses Prancis di Piala Dunia 2018, tentu sangat diharapkan Irfan Jaya bisa menjadi sosok Kylian Mbappe atau Egy Maulana Vikri bak Antoine Griezmann.

Artinya saat Ezra memang gagal cetak gol, dari kaki pemain seperti Irfan Jaya, Witan Sulaiman atau Egy Maulana Vikri, gol Timnas Indonesia diharapkan lahir.

3 dari 4 halaman

Statistik Striker Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Ezra Walian

Main: 4
Starter: 3
Menit main: 257
Gol/assists: 1/0

Dedik Setiawan

Main: 1
Starter: 1
Menit main: 71
Gol/assists: 0/1

Kushedya Hari Yudo

Main: 3
Starter: 1
Menit main: 76
Gol/assists: 1/0

Hannis Saghara Putra

Main: 1
Starter: 0
Menit main: 1
Gol/assists: 0/0

4 dari 4 halaman

Jadwal Semifinal Piala AFF 2020

View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Disadur dari: Bola.com (Hendry Wibowo) 22 Desember 2021

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR