BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Kualifikasi Piala AFC U-23: Indonesia Wajib Waspada, Australia Punya Senjata dari Liga Inggris!

14-10-2021 16:13 | Afdholud Dzikry

Timnas Australia U-23 akan menjadi lawan tunggal Timnas Indonesia U-23 pada laga Grup G kualifikasi Piala Asia 2022. (c) AFP/Asano Ikko
Timnas Australia U-23 akan menjadi lawan tunggal Timnas Indonesia U-23 pada laga Grup G kualifikasi Piala Asia 2022. (c) AFP/Asano Ikko

Bola.net - Duel krusial bakal dilakoni Timnas Indonesia U-23 ketika bertemu timnas Australia di Kualifikasi Piala AFC U-23 2022. Tim Merah Putih wajib waspada karena Australia bakal diperkuat pemain yang bermain di Liga Inggris.

Grup G kualifikasi Piala Asia U-23 2022 seharusnya dihuni empat negara. Selain Timnas Indonesia U-23 dan Australia, dua tim lain adalah China serta Brunei Darussalam.

Akan tetapi, Brunei Darussalam telah menarik diri dari Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 sejak September 2021, disusul oleh China pada bulan ini.

Media China, Sina mengabarkan bahwa China terpaksa mengundurkan diri dari Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 akibat pandemi COVID-19 dan pembatasan penerbangan.

China juga lebih memilih untuk fokus dalam persiapan menuju Asian Games 2022 yang digelar di negaranya pada 10-25 September 2022 di Hangzhou.

Situasi tersebut membuat Timnas Indonesia U-23 hanya akan berhadapan dengan Australia. Rencananya, kedua tim akan menjalani pertandingan dua leg untuk menentukan tim yang berhak lolos.

Pertemuan pertama berlangsung di Pamir Stadium, Dushanbe, Tajikistan, 27 Oktober mendatang. Adapun leg kedua masih dihelat di stadion yang sama pada 30 Oktober 2021.

Bersua Australia, Timnas Indonesia U-23 diprediksi bakal kesulitan merengkuh kemenangan. Pasalnya, Timnas Australia U-23 diperkuat sejumlah pemain yang berlaga di Liga Inggris.

Lantas, siapa saja pemain-pemain tersebut dan menjadi momok bagi Timnas Indonesia U-23? Berikut ini adalah ulasannya.

1 dari 4 halaman

Caleb Watts

Gelandang Southampton dan Timnas Australia U-23, Caleb Watts (kanan). (c) AFP/Adrian Dennis
Gelandang Southampton dan Timnas Australia U-23, Caleb Watts (kanan). (c) AFP/Adrian Dennis

Pemain berusia 19 tahun tersebut merupakan jebolan akademi Southampton dari 2018 sampai 2021. Pada Juli 2019, Caleb Watts akhirnya menandatangani kontrak profesional bersama The Saints.

Namun, dia harus menunggu hingga 19 Januari 2021 untuk menjalani debut bersama Southampton. Sejauh ini, Watts telah tampil dalam empat laga bersama The Saints.

Kendati tak selalu menghuni skuad utama Southampton, Caleb Watts merupakan sosok penting di Timnas Australia U-23. Sejauh ini, dia telah tampil dalam delapan laga bersama Olyroos, termasuk di Olimpiade Tokyo 2020.

Caleb Watts diprediksi akan menjadi andalan di lini tengah Timnas Austria saat bersua Timnas Indonesia U-23.

2 dari 4 halaman

Jay Rich-Baghuelou

Pemain berusia 21 tahun tersebut berposisi sebagai bek tengah, dan saat ini memperkuat Crystal Palace U-23. Dia tercatat telah tampil dalam lima pertandingan dan mencetak satu gol bersama Crystal Palace U-23 pada musim ini.

Sementara itu, bersama Timnas Australia U-23, Jay merupakan satu di antara pilar penting di jantung pertahanan. Sejauh ini, Jay Rich-Baghuelou telah menorehkan enam caps bersama Timnas Australia U-23.

Berhadapan dengan Timnas Indonesia U-23, Jay berpeluang tampil sejak menit awal. Dia kemungkinan besar bakal berduet dengan Harry Souttar di jantung pertahanan Australia.

3 dari 4 halaman

Harry Souttar

Satu nama lainnya dari skuad Australia U-23 yang menjalani karier di Inggris adalah Harry Souttar. Pemain berusia 22 tahun tersebut saat ini berseragam Stoke City yang tampil di Divisi Championship.

Bersama Stoke, Souttar selalu dipercaya tampil sejak menit awal. Pada musim ini, dia telah tampil dalam 11 laga dan mencetak satu gol bersama Stoke City.

Berkat kontribusi Harry Souttar, The Potters kini menghuni urutan keempat Divisi Championship dengan nilai 21. Mereka tertinggal empat poin dari Bournemouth di posisi teratas.

Bersua Timnas Indonesia U-23, Harry Souttar diyakini bakal kembali mengawal lini pertahanan. Dia pun bakal menjadi tembok kukuh yang sulit dilewati barisan penyerang Timnas Garuda.

4 dari 4 halaman

Riley McGree

Gelandang Timnas Australia U-23, Riley McGree (kanan). (c) AFP/Manan VATSYAYANA
Gelandang Timnas Australia U-23, Riley McGree (kanan). (c) AFP/Manan VATSYAYANA

Sama seperti Harry Souttar, Riley McGree juga menjalani karier di kasta kedua Liga Inggris. Namun bedanya, McGree memperkuat Birmingham City sejak Oktober 2020.

Bersama Birmingham, pemain berusia 22 tahun tersebut menjadi satu di antara pemain andalan di lini tengah. Pada musim lalu, dia tampil dalam 15 laga di seluruh ajang, adapun musim ini bermain dalam empat pertandingan.

Berperan sebagai kreator serangan, Riley McGree akan menghuni starting XI Timnas Australia saat bersua Indonesia. Dia pun bakal berduel dengan barisan gelandang Timnas Indonesia U-23 untuk menguasai lini tengah.

Disadur dari: Bola.com (Rizki Hidayat; 14/10/2021)

KOMENTAR