Korban Penyelamatan Penalti Nadeo Argawinata: Sebelum Faris Ramli, Ada Marko Simic!

Asad Arifin | 26 Desember 2021, 09:44
Kiper Nadeo Argawinata, salah satu pahlawan kemenangan Timnas Indonesia atas Singapura di semifinal Piala AFF 2020 (c) AP Photo
Kiper Nadeo Argawinata, salah satu pahlawan kemenangan Timnas Indonesia atas Singapura di semifinal Piala AFF 2020 (c) AP Photo

Bola.net - Nadeo Argawinata mendapat banyak pujian usai menepis penalti Faris Ramli pada leg kedua semifinal Piala AFF 2020. Sukses ini seperti mengulang kisah manisnya menepis penalti Marko Simic di BRI Liga 1 2021/2022.


Indonesia harus berjibaku ketika bersua Singapura pada leg kedua semifinal Piala AFF 2020, Sabtu (25/12/2021). Pada duel di National Stadium, Indonesia menang 4-2 melalui babak tambahan waktu.

Keempat gol Indonesia dicetak oleh Ezra Wallian, Pratama Arhan, Shawal Anuar (bunuh diri), dan Egy Maulana Vikri. Sementara, gol Singapura dicetak Song Ui-yong dan Shahdan Sulaiman.

1 dari 4 halaman

Aksi Heroik Nadeo Argawinata

Aksi Nadeo Argawinata dan Fachruddin Aryanto di lini belakang Timnas Indonesia pada ajang Piala AFF 2020 (c) AP Photo

Laga masih imbang 2-2 saat Pratama Arhan melanggar Ikhsan Fandi pada menit ke-89. Wasit menunjuk titik putih. Penalti untuk Singapura. Faris Ramli pun maju sebagai eksekutor penalti Singapura.

Jika gol, skor akan menjadi 3-2 dan ini bakal sangat krusial. Sulit untuk Indonesia mengejar ketinggalan karena tidak banyak waktu tersisa. Tapi, Nadeo Argawinata muncul sebagai pahlawan.

Nadeo Argawinata bukan hanya menebak arah tendangan penalti Faris Ramli. Tapi juga menepisnya. Kiper Bali United itu membuat skor tetap 2-2 dan laga dilanjutkan ke babak tambahan waktu.

Setelah itu, laga menjadi milik Skuad Garuda. Dua gol tercipta pada extra time untuk Indonesia.

2 dari 4 halaman

Sebelum Faris Ramli, Ada Marko Simic

Ekspresi kecewa Marko Simic saat laga pekan ke-13 BRI Liga 1 2021/2022 antara Persija Jakarta melawan Bali United FC di Stadion Manahan, Solo, Kamis (25/11/2021). (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Sukses Nadeo menepis penalti Faris Ramli jelas bukan kebetulan. Sebab, pada akhir November lalu, tepatnya pada 25 November 2021, Nadeo juga melakukan aksi heroik menepis penalti lawan.

Kala itu, Bali United berjumpa Persija Jakarta pada pekan ke-13 BRI Liga 1. Bali United unggul 1-0 dan Persija mendapat penalti pada menit akhir laga. Marko Simic maju sebagai penendang penalti.

Simic gagal menyamakan kedudukan. Nadeo menghalau penalti Simic dengan kakinya. Nadeo mendapat pelukan dari rekan satu timnya. Sementara, Simic harus menutup wajahnya dengan jersey yang dipakai.

3 dari 4 halaman

Video Nadeo Argawinata vs Faris Ramli

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR