Kiprah Penyerang Naturalisasi Timnas Indonesia di Piala AFF

Serafin Unus Pasi | 4 Desember 2021, 21:42
Alberto Goncalves (c) Bola.com/Yoppy Renato

Bola.net - Timnas Indonesia akan mengandalkan satu penyerang naturalisasi di Piala AFF 2020. Pemain yang dimaksud adalah striker Persib Bandung, Ezra Walian.


Penyerang naturalisasi asal Belanda itu akan bersaing dengan tiga striker lainnya. Mereka adalah Kushedya Yudo, Dedik Setiawan, dan Hanis Saghara.

Namun, peluang Ezra Walian untuk menjadi andalan Timnas Indonesia sangat terbuka. Mengingat dalam pertandingan uji coba, dia selalu diandalkan.

Namun, sebelum melihat lebih jauh kiprah Ezra Walian di Piala AFF 2020, menarik untuk melihat performa pendahulunya. Mulai dari Cristian Gonzales hingga Stefano Lilipaly.

Berikut rapor 5 penyerang naturalisasi Timnas Indonesia di Piala AFF. Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya.

1 dari 5 halaman

Cristian Gonzales

Cristian Gonzales (c) Fitri Apriani

Mendapat paspor Indonesia pada 3 November 2010, Cristian Gonzales menjadi salah satu andalan Timnas Indonesia pada Piala AFF 2010. Kala itu, dia berhasil menyumbang tiga gol untuk tim Merah Putih.

Gol pertama Gonzales di cetak ke gawang Malaysia pada babak penyisihan grup. Kala itu, Timnas Indonesia berhasil menang dengan skor telak 5-1.

Sementara dua gol lainnya dicetak ke gawang Filipina pada babak semifinal. Bahkan, Gonzales mampu mengantarkan Timnas Indonesia ke final, meski akhirnya gagal juara.

2 dari 5 halaman

Stefano Lilipaly

Stefano Lilipaly (c) Bola.com/Vitalis Yogi Trisna

Stefano Lilipaly juga menyumbang tiga gol untuk Timnas Indonesia dalam kiprahnya di Piala AFF. Dua gol di Piala AFF 2016 dan satu gol lainnya di Piala AFF 2018.

Gol pertamanya dicetak ke gawang Singapura pada babak penyisihan grup Piala AFF 2016. Selanjutnya, dia membobol gawang Vietnam pada leg kedua babak semifinal.

Satu-satunya gol di Piala AFF 2018 dicetak ke gawang Timor Leste. Kala itu, skuad Garuda berhasil menang 3-1.

3 dari 5 halaman

Alberto Goncalves

Alberto Goncalves (c) Bola.com/Muhammad Iqbal Ichsan

Resmi menjadi WNI pada 6 Februari 2018, Alberto Goncalves langsung menjadi andalan Timnas Indonesia di Piala AFF 2018. Beto mencetak satu gol pada ajang tersebut.

Satu-satunya gol Beto dibukukan ke gawang Timor Leste pada babak penyisihan grup. Bersama Alfath Fathier dan Stefano Lilipaly, dia membuat Timnas Indonesia memenangkan laga 3-1.

Sayangnya, pada Piala AFF 2018, perjalanan Timnas Indonesia terhenti di babak penyisihan. Skuad Garuda hanya mampu finis di posisi keempat klasemen akhir Grup B.

4 dari 5 halaman

Jhonny van Beukering

Jhonny van Beukering (c) De Gelderlander

Jhonny van Beukering merupakan penyerang naturalisasi asal Belanda. Dia mendapat kesempatan membela Timnas Indonesia pada ajang Piala AFF 2012.

Namun, performa Jhonny van Beukering tidak tidak terlalu bagus. Tampil sebanyak dua kali di Piala AFF 2012, dia gagal mempersembahkan gol untuk tim Merah Putih.

Pada edisi tersebut, langkah Timnas Indonesia juga terhenti di babak penyisihan grup. Tim Merah Putih finis di posisi ketiga grup B.

5 dari 5 halaman

Sergio van Dijk

Sergio Van Dijk (c) Persib.co.id

Sergio van Dijk menjadi andalan Timnas Indonesia pada Piala AFF 2014. Dia diboyong bersama Cristian Gonzales dan Samsul Arif untuk memperkuat lini serang.

Namun, penyerang naturalisasi asal Belanda itu tidak mampu menyumbang sebiji gol pun untuk Indonesia. Pada saat itu, skuad Garuda juga hanya mampu meraih satu kemenangan dan satu hasil imbang.

Perjalanan Timnas Indonesia juga berakhir di fase grup. Torehan 4 poin hanya membuat Skuad Garuda finis di posisi ketiga.

(Bola.net/Mustopa El Abdy)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR