Kim Pan-gon, Pelatih Baru Malaysia yang Depak Shin Tae-yong dari Timnas Korea Selatan?

Asad Arifin | 21 Januari 2022, 15:24
Pelatih baru Timnas Malaysia, Kim Pan-gon (c) FAM
Pelatih baru Timnas Malaysia, Kim Pan-gon (c) FAM

Bola.net - FAM baru saja mengumumkan Kim Pan-gon sebagai pelatih baru Timnas Malaysia. Menariknya, di masa lalu, Kim Pan-gon adalah sosok yang punya kuasa mendepak Shin Tae-yong dari kursi pelatih Timnas Korea Selatan.


FAM memberikan kontrak dengan durasi dua tahun kepada Kim Pan-gon. Dia akan memulai pemantauan pemain untuk Timnas Malaysia pada Februari 2020. Target pertamanya adalah Kualifikasi Piala Asia 2023.

Sebelum melatih Timnas Malaysia, Kim Pan-gon pernah menjadi pelatih Hongkong untuk periode yang cukup lama 2012 hingga 2017. Setelah itu, Kim Pan-gon mendapat jabatan yang cukup strategis di Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA).

Lantas, kok bisa Kim Pan-gon mendepak Shin Tae-yong? Simak di bawah ini ya Bolaneters:

1 dari 2 halaman

Pernah Jadi Atasan Shin Tae-yong

Prestasi Kim Pan-gon, jika dibanding Shin Tae-yong, masih kalah jauh. Kim Pan-gon bukan sosok yang bergelimang trofi di sepak bola, baik sebagai pemain maupun sebagai pelatih.

Sebagai pemain, Kim Pan-gon tidak pernah mampu menembus Timnas Korea Selatan. Catatan ini berbeda dengan Sin Tae-yong.

Kim Pan-gon juga tidak punya jejak yang gemilang sebagai pelatih Timnas Hongkong. Tapi, Kim Pan-gon pernah menjadi atasan Shin Tae-yong. Sebab, pada Desember 2017, Kim Pan-gon menjabat sebagai Ketua Komite Pengawas Timnas Korea Selatan.

Pada periode 2017-2018, Shin Tae-yong menjabat sebagai pelatih Timnas Korea Selatan. Artinya, hierarki jabatan pelatih 52 tahun itu berada di bawah kendali Kim Pan-gon.

2 dari 2 halaman

Kim Pan-gon Depak Shin Tae-yong dari Timnas Korea Selatan?

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (c) PSSI

Sebagai Ketua Komite pengawas Timnas Korea Selatan, Kim Pan-gon punya kuasa yang sangat besar. Dia punya wewenang untuk menyusun program jangka panjang, menunjuk, mengevaluasi, dan mendukung pemilihan pelatih tim senior dan U-23 Korea Selatan.

Artinya, ketika Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) tidak melanjutkan kerja sama dengan Shin Tae-yong pada 2018 lalu, mungkin ada andil Kim Pan-gon dalam keputusan yang diambil. Sebab, dia punya peran untuk mengevaluasi kinerja Shin Tae-yong.

Well, menarik untuk menanti kiprah Kim Pan-gon di Timnas Malaysia. Bukan hanya perjumpaan Kim Pan-gon dan Shin Tae-yong, tetapi juga dengan Park Hang-seo dari kubu Vietnam bakal jadi tontonan yang menjanjikan.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR