BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Kemenpora Targetkan Timnas Indonesia U-22 Bawa Pulang Medali Emas SEA Games 2021

14-01-2021 09:19 | Gia Yuda Pradana

Menpora Zainudin Amali. (c) Dok. Kemenpora Menpora Zainudin Amali. (c) Dok. Kemenpora

Bola.net - SEA Games 2021 Vietnam akan berlangsung di pengujung tahun ini, tepatnya pada 21 November - 2 Desember mendatang. Dikarenakan eventnya masih lama, maka Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) belum memasang target untuk Indonesia.

Namun, Kemenpora memberikan catatan tersendiri untuk cabang olahraga (cabor) sepak bola. Kementerian yang dipimpin oleh Zainudin Amali itu mewajibkan Timnas Indonesia U-22 membawa pulang medali emas.

"Satu yang menjadi perhatian kami di SEA Games tahun ini adalah sepak bola. Itu harus medali emas," ujar Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, saat konferensi pers melalui Zoom, Rabu (13/1).

"Itu memang arahan khusus yang saya sampaikan ke teman-teman di Bidang Prestasi dan Keolahragaan Kemenpora. Saya juga minta mereka mencarikan formulanya," katanya menambahkan.

Saat SEA Games edisi sebelumnya yang berlangsung di Filipina, Timnas Indonesia U-22 gagal meraih medali emas. Skuad Garuda Muda yang kala itu dilatih Luis Milla Aspac hanya mampu mempersembahkan perak, setelah kalah 0-3 dari Vietnam di partai final.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 1 halaman

Cabor Lain Belum Ditarget

Zainudin Amali (c) Bola.net/Fitri Apriani Zainudin Amali (c) Bola.net/Fitri Apriani

Sementara untuk cabor lainnya, Kemenpora belum memasang target. Namun yang pasti, harus ada kemajuan dari SEA Games edisi sebelumnya.

"Kami di internal Kemenpora baru buatkan kalkulasi dulu. Sebanyak 40 cabor yang nanti akan ikut SEA Games nantinya akan dikumpulkan dulu, di review proposal mereka, baru kami targetkan mereka," tutur Menpora.

"Tapi yang jelas, kami ingin ada peningkatan prestasi dari segi rangking," imbuh Menteri asal Gorontalo ini.

Di SEA Games 2019, Indonesia menempati peringkat keempat dari 11 negara peserta dengan raihan 267 medali. Rinciannya yaitu 72 emas, 84 perak, dan 111 perunggu.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR