Kata Elkan Baggott tentang Shin Tae-yong: Pelatih yang Sangat Bagus dan Detail

Gia Yuda Pradana | 11 Januari 2022, 16:00
Pemain Timnas Indonesia, Elkan Baggott (c) Dok. PSSI

Bola.net - Timnas Indonesia beruntung memiliki pelatih sekaliber Shin Tae-yong. Juru taktik asal Korea Selatan tersebut adalah pelatih yang sangat bagus dan detail. Kesan itulah yang didapatkan oleh Elkan Baggott.


Berkat Shin Tae-yong, Elkan Baggott mendapat kesempatan membela Timnas Indonesia. Bek berusia 19 tahun tersebut dipanggil Shin Tae-yong sejak 2021 ke Timnas Indonesia U-19.

Sejak saat itu, Baggott terus mendapatkan perhatian Shin Tae-yong hingga akhirnya di bawa ke Timnas Indonesia senior pada Piala AFF 2020.

1 dari 3 halaman

Instruksinya Mudah Diterapkan di Lapangan

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (c) PSSI

"Menurut pendapat saya, beliau merupakan pelatih yang sangat bagus dan sangat detail. Sebagai contoh, ketika rapat analisis pemain beliau membahas setiap detail permainan," kata Elkan Baggott di YouTube PSSI.

"Itu sangat bagus karna menunjukkan kepada pemain bagaimana beliau ingin kami bermain dengan benar. Ini menjadi lebih mudah untuk diterapkan di lapangan," ujar sang pemain.

Elkan Baggott tampil sebanyak lima kali pada Piala AFF 2020. Pemain Ipswich Town itu turut menyumbang satu gol untuk Tim Merah Putih.

2 dari 3 halaman

Masuk Radar Klub Jepang

Bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott (c) AP Photo

Kabar mengejutkan datang dari Elkan Baggott. Pemain Timnas Indonesia itu disebut masuk dalam radar klub Jepang, FC Tokyo.

Ketertarikan FC Tokyo terhadap Elkan Baggott muncul setelah penampilannya di Piala AFF 2020 bersama Timnas Indonesia. Baggott tampil mengesankan di lini belakang Tim Garuda.

Kehadiran Elkan Baggott diharapkan bisa membuat lini belakang FC Tokyo kukuh dan sukar ditembus. Rencana itulah yang ingin diwujudkan FC Tokyo sebelum J-League 1 2022 bergulir.

"FC Tokyo menunjukkan ketertarikan terhadap bek Ipswich Town, Elkan Baggott. Bek Timnas Indonesia itu memiliki tinggi badan, tingkat kemenangan duel udara, dan pembawaan bola yang baik," tulis akun Twitter @FCTOKYO_WATCH.

3 dari 3 halaman

Piala AFF 2020, Turnamen yang Penuh Ujian

Terima kasih sudah berjuang di Piala AFF 2020, Timnas Indonesia (c) Bola

Piala AFF 2020 menghadirkan pengalaman yang mungkin tak akan dilupakan Elkan Baggott. Sepanjang turnamen, Baggott banyak menemui ujian dan kendala dalam membela Timnas Indonesia.

Dia sempat melewatkan satu laga Timnas Indonesia karena harus menjalani masa karantina mandiri selama lima hari. Penyebabnya adalah Elkan Baggott diketahui berada satu pesawat dengan penumpang yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Baggott juga harus melewatkan leg 2 final Piala AFF 2020 melawan Thailand. Dia dilarang tampil bersama Victor Igbonefo, Rizky Dwi, dan Rizky Ridho karena diklaim melanggar aturan bubble yang diterapkan selama turnamen tersebut.

Disadur dari: Bola.com/Zulfirdaus Harahap/Rizki Hidayat

Published: 11 Januari 2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR