Karantina Berakhir, Skuad Timnas Indonesia Dibubarkan dan Bawa Pulang Rp1,4 Miliar

Serafin Unus Pasi | 6 Januari 2022, 18:03
Pemain Timnas Indonesia berfoto bersama setelah pertandingan final AFF 2020 melawan Thailand. (c) AP Photo
Pemain Timnas Indonesia berfoto bersama setelah pertandingan final AFF 2020 melawan Thailand. (c) AP Photo

Bola.net - Skuad Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 sudah selesai menjalani karantina. Karantina berakhir pada hari ini, Kamis (6/1/2022).


Karantina tersebut rampung lebih cepat dari yang dijadwalkan berlangsung selama 10 hari sejak kedatangan dari Singapura pada 2 Januari 2022. Sebab, skuad Timnas Indonesia mendapat kompensasi dari pemerintah.

Usai karantina, skuad Timnas Indonesia langsung dibubarkan. Acara pelepasan dilakukan di Hotel Sultan, Jakarta.

"Hari ini, pemain saya kumpulkan seperti biasa, saya akan melepas kalian kembali ke klub. Negara bangga kepada perjuangan kalian yang luar biasa di Piala AFF 2020," ujar Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan.

Rombongan Timnas Indonesia tidak pulang dengan tangan kosong. Mereka membawa uang hadiah yang didapatkan dari hasil menjadi runner-up di Piala AFF 2020.

"Hadiah kalian seharusnya bulan depan baru bisa terima. Tapi hari ini bisa dibawa pulang lengkap sesuai yang diberikan oleh AFF yakni 100ribu dollar Amerika Serikat (Rp1,4 miliar)," kata mantan Kapolda Metro Jaya ini.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 2 halaman

Hadiah Lain

Tak hanya dari AFF, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan juga mendapat hadiah uang dari manajer Timnas Indonesia, Sumardji. Kemudian juga dari Presiden Arema FC, Gilang Widya dan Anggota Komite Eksekutif (Exco), Endri Erawan.

"Hadiah Piala AFF 2020 kan harusnya keluar akhir Januari atau Februari kita call baru cair Rp1,4 miliar. Saya bilang ke ketua, saya carikan dulu," tutur Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi.

"Bonus lain ada, kan ada Rp100 juta dari Endri Erawan, Rp500 juta dari pak Sumardji yang arahan pak ketum, kemudian yang dari Gilang Rp500 juta. Ini banyak mereka dapat. Kalau mereka juara lebih banyak lagi," imbuhnya.

2 dari 2 halaman

Hasil Pertandingan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

• Penyisihan Grup B
Timnas Indonesia 4-2 Kamboja
Laos 1-5 Timnas Indonesia
Timnas Indonesia 0-0 Vietnam
Malaysia 1-4 Timnas Indonesia

• Babak Semifinal
Leg 1: Singapura 1-1 Timnas Indonesia
Leg 2: Timnas Indonesia 4-2 Singapura

• Final
Leg 1: Timnas Indonesia 0-4 Thailand
Leg 2: Thailand 2-2 Timnas Indonesia

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR