BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Kaleidoskop 2020 Timnas Indonesia U-16: TC Terus, Turnamennya Kapan?

29-12-2020 19:10 | Dimas Ardi Prasetya

Pemusatan latihan Timnas Indonesia U-16 (c) PSSI Pemusatan latihan Timnas Indonesia U-16 (c) PSSI

Bola.net - Tahun 2020 akan segera berakhir. Sepanjang tahun ini, Timnas Indonesia U-16 hanya disibukkan dengan pemusatan latihan (TC), dan sejumlah laga uji coba.

Tidak ada turnamen resmi yang diikuti oleh pasukan Bima Sakti Tukiman. Sebab, dua agenda tahun ini yaitu Piala AFF U-16 dan Piala AFC U-16 batal digelar.

Penyebabnya tak lain dan tak bukan karena pandemi COVID-19. Dua event tersebut penyelenggaraannya digeser ke tahun depan.

Mari kilas balik lewat kaleidoskop yang Bolanet susun berikut ini:

1 dari 11 halaman

Batal Uji Coba dengan India

Mengawali 2020, Timnas Indonesia U-16 gagal berlatih tanding dengan India. Duel kedua negara semula dijadwalkan berlangsung sebanyak dua kali.

Pertandingan pertama dijadwalkan digelar pada 23 Januari, di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya. Sementara laga kedua di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, enam hari berselang.

Uji coba kontra India merupakan bagian dari TC Timnas Indonesia U-16 di Sidoarjo. TC ini berlangsung pada 16-29 Januari, dan diikuti sebanyak 24 pemain.

Dengan batalnya duel melawan India, maka TC Timnas Indonesia U-16 di Sidoarjo hanya ditutup dengan laga uji coba berformat trofeo. Lawan-lawannya yaitu YLT Probolinggo, dan GSI Jatim.

Pada pertandingan trofeo tersebut, Timnas Indonesia U-16 berhasil menang identik 4-0. Total, tim berjuluk Garuda Asia itu unggul dengan skor 8-0.

2 dari 11 halaman

Batal Lawan Thailand

Tidak hanya batal beruji coba dengan India, Timnas Indonesia U-16 juga tak jadi berlatih tanding dengan Thailand. Duel kedua negara semula dijadwalkan dihelat pada 28 Februari di Stadion Manahan, Solo.

Uji coba melawan Thailand merupakan bagian dari TC Timnas Indonesia U-16 di Yogyakarta. TC yang digelar pada 16-28 Februari itu diikuti oleh 25 pemain.

TC di Yogyakarta lalu ditutup dengan laga uji coba versus PSS Sleman U-16 di Lapangan Sepak Bola Universitas Islam Indonesia. Pada pertandingan tersebut, kedua tim bermain imbang 1-1.

3 dari 11 halaman

Penundaan Piala AFF U-16

Pada akhir Maret, Federasi Sepak bola Asia Tenggara (AFF) memutuskan untuk menunda Piala AFF U-16 2020. Putusan itu diambil karena pandemi COVID-19.

Piala AFF U-16 2020 sedianya akan digelar pada bulan Juli. Turnamen satu tahunan itu juga dijadwalkan bakal berlangsung di Tanah Air.

Berbagi persiapan pun terus dilakukan Timnas Indonesia U-16 untuk menghadapi event tersebut. Termasuk dengan menggelar TC pada 9-20 Maret, di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

4 dari 11 halaman

Gelar TC Virtual

Pada Mei 2020, Bima memutuskan untuk menggelar TC secara virtual di kediaman masing-masing. Hal itu dilakukan lantaran pandemi COVID-19 masih menghantui Indonesia.

TC secara online tersebut ditiru Bima dari manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Program tersebut diaplikasikan oleh arsitek asal Korea Selatan itu ke skuad Timnas Indonesia U-19.

Sementara pada April 2020, program Timnas Indonesia U-16 harus terhenti lantaran pandemi COVID-19 sedang tinggi-tingginya dan penundaan agenda internasional. Begitu pula program timnas senior, dan kelompok umur lainnya.

5 dari 11 halaman

Drawing Piala AFC U-16

Pada 18 Juni 2020, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menggelar drawing babak penyisihan grup Piala AFC U-16 2020. Pengundian dilakukan di markas AFC, Kuala Lumpur, Malaysia.

Hasilnya, Timnas Indonesia U-16 tergabung di grup neraka. Skuad Garuda Asia akan menghadapi lawan-lawan berat seperti Jepang, Arab Saudi, dan China.

Nantinya, negara-negara peserta bakal bersaing memperebutkan tiket ke babak delapan besar. Namun, hanya juara dan runner up grup yang dapat lolos ke fase tersebut.

Delapan negara yang lolos ke delapan besar kemudian akan memperebutkan empat tiket ke babak semifinal. Empat tim semifinalis lalu bakal mendapatkan tiket otomatis lolos ke Piala Dunia U-17 2021 Peru.

6 dari 11 halaman

TC Normal Saat Pandemi COVID-19

Di tengah pandemi COVID-19, Bima memutuskan untuk menggelar TC secara normal di Stadion Patriot, pada 6-29 Juli. Protokol kesehatan pun diberlakukan sangat ketat.

Sehari sebelum TC, seluruh anggota Timnas Indonesia U-16 bahkan diwajibkan menjalani tes rapid untuk mengetahui apakah ada yang terpapar COVID-19 atau tidak. Mereka juga diharuskan tes rapid atau tes swab secara periodik selama TC berlangsung.

Tak hanya itu, sejumlah aturan ketat juga diterapkan. Mulai dari menjaga jarak ketika makan dan berada di dalam bus, memakai sarung tangan saat latihan, hingga menggunakan masker kala menuju atau meninggalkan stadion.

Pada TC periode bulan ini, Timnas Indonesia U-16 melakoni dua laga uji coba kontra tim lokal. Hasilnya, pasukan Merah Putih menang telak 5-0 atas Asosiasi Kabupaten Bekasi U-18, dan imbang tanpa gol ketika bersua Sekolah Sepak Bola (SSB) Bina Taruna.

7 dari 11 halaman

Lakoni 3 Laga Uji Coba

Pada pertengahan hingga akhir Agustus, Timnas Indonesia U-16 kembali menggelar TC di Stadion Patriot. TC berlangsung pada 9-30 Agustus, dan diikuti sebanyak 30 pemain.

Pada TC periode bulan ini, Timnas Indonesia U-16 melakoni tiga laga uji coba. Lawan-lawannya yaitu Sekolah Sepak Bola (SSB) POR Uni Bandung, Asosiasi Kota (Askot) Bandung U-18, dan Timnas Pelajar.

Hasilnya, Timnas Indonesia U-16 berhasil menyapu bersih semua laga. Garuda Asia menang 2-0 atas SSB POR Uni Bandung, 4-1 kontra Askot Bandung U-18, dan 1-0 versus Timnas Pelajar.

8 dari 11 halaman

Piala AFC U-16 Ditunda

Pada September, AFC memutuskan untuk menunda Piala AFC U-16 2020 hingga tahun depan. Event tersebut seharusnya digelar pada 25 November - 12 Desember di Bahrain.

Penundaan ini merupakan yang kedua. Awalnya, Piala AFC U-16 2020 akan dihelat pada 16 September - 3 Oktober.

Kendati demikian, penundaan itu tak lantas membuat persiapan Timnas Indonesia U-16 jadi terhenti. Bima bahkan menggelar TC lintas bulan untuk timnya.

TC Timnas Indonesia U-16 kali ini berlangsung pada 20 September hingga 3 Oktober. Untuk lokasinya di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi.

9 dari 11 halaman

Uji Coba Vs UEA

Keinginan Timnas Indonesia U-16 untuk menjalani laga uji coba internasional akhirnya kesampaian pada bulan Oktober. Skuad Garuda Asia terbang ke Uni Emirat Arab (UEA) untuk melakoni dua pertandingan persahabatan kontra tuan rumah.

Pada laga pertama yang berlangsung di Lapangan Federasi Sepak Bola UEA, Dubai, Rabu (21/10), Timnas Indonesia U-16 kalah 2-3. Gol-gol Garuda Asia dicetak oleh Raka Cahyana Rizky (4') dan Ahmad Athallah Raihan (40'), sementara gol tuan rumah tercipta via hattrick Sultan Adel Muhammad (25', 52', 74')

Pada pertandingan kedua yang berlangsung tiga hari berselang, Timnas Indonesia U-16 dipermukan tuan rumah dengan skor telak 0-4. Gol-gol UEA U-16 tercipta lewat Ahmed Mohammad (16'), Abdulaziz Ali (25'), Sultan Adel Muhammad (75'), dan Ali Mohammed Saeed (79').

10 dari 11 halaman

Gelar TC di Pakansari

Beberapa pekan setelah kembali dari UEA, Timnas Indonesia U-16 menggelar TC di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, pada 16-29 November. TC diikuti oleh 26 pemain.

Untuk TC periode bulan ini, Bima lebih banyak mengevaluasi timnya. Mengacu pada hasil minor yang didapat pasukannya dalam lawatan ke kandang UEA U-16.

Di akhir-akhir TC, Bima beberapa kali menggelar pertandingan sesama anggota tim. Selang harinya mengikuti jadwal Piala AFC U-16 2020 yang akan berlangsung di Bahrain pada 2021.

11 dari 11 halaman

TC Penutup 2020 Terapkan Sport Science

Akhir tahun ini ditutup Timnas Indonesia U-16 dengan TC di Sleman, Yogyakarta, pada 6-23 Desember. Untuk TC periode bulan ini, Bima tak mengagendakan laga uji coba kontra kesebelasan lain karena pandemi COVID-19 di kota tempat berlangsungnya TC tak bisa diprediksi.

Pada TC periode bulan ini, Bima juga menerapkan sport science atau ilmu keolahragaan. Sejumlah tes fisik pun dijalani para pemain.

Mulai dari tes komposisi tubuh yang meliputi persentase lemak tubuh, massa otot, dan lain-lain. Hingga tes kekuatan eksentrik otot hamstring, tes power dan vertical jump dengan force plate, tes kekuatan otot isometric hip abductor-adductor dengan force frame, serta 3D movement analysis dengan humantrack system.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR