Kalah Tragis dari Jepang, Timnas Futsal Indonesia Gagal ke Semifinal Piala Asia Futsal 2022

Serafin Unus Pasi | 4 Oktober 2022, 19:55
Mochammad Iqbal Rahmatullah berebut bola dengan Neto Antonio Hirata di laga perempat final Piala Asia Futsal 2022 di Saad Al Abdullah Hall, Kuwait City, Selasa (04/10/2022) petang WIB. (c) 2022 Asian Football Confederation (AFC)
Mochammad Iqbal Rahmatullah berebut bola dengan Neto Antonio Hirata di laga perempat final Piala Asia Futsal 2022 di Saad Al Abdullah Hall, Kuwait City, Selasa (04/10/2022) petang WIB. (c) 2022 Asian Football Confederation (AFC)

Bola.net - Buyar sudah impian timnas Futsal Indonesia untuk bermain di semifinal Piala Asia Futsal 2022. Berhadapan dengan Jepang, skuat Garuda tumbang dengan skor 3-2.

Timnas Indonesia sebenarnya unggul terlebih dahulu melalui gol Samuel Eko. Namun Jepang berhasil membalikkan kedudukan menjadi 3-1 berkat gol Sora Kanazawa, Soma Mizutani dan Higor Pires sebelum Dewa Rizki Amanda memperkecil kedudukan menjadi 3-2.

Pada pertandingan yang digelar di Saad Al Abdullah Hall, Kuwait ini berlangsung dengan sengit sejak awal. Jepang berhasil mengambil inisiatif untuk serangan sejak awal.

Namun skuat The Samurai Blue sukses dibuat frustrasi. Karena timnas Indonesia bertahan dengan rapat.

Perlahan tapi pasti Timnas Indonesia mulai memberikan perlawanan. Melalui serangan-serangan balik, lini serang Indonesia kerap membuat Jepang kewalahan.

Jual beli serangan antara kedua negara itu berlangsung dengan sengit. Namun hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya babak pertama, namun skor 0-0 bertahan sama kuat untuk kedua negara.

Simak jalannya pertandingan di babak kedua di bawah ini.

1 dari 2 halaman

Babak Kedua

Di babak kedua, Timnas Indonesia langsung tancap gas. Hasilnya kurang dari satu menit, Timnas Indonesia berhasil mencetak gol, setelah Samuel Eko sukses merebut bola dari pemain Jepang dan menjebol gawang Jepang. Skor 1-0 berubah untuk keunggulan Indonesia.

Tertinggal 1-0 timnas Jepang mencoba meningkatkan intensitas serangan mereka. Namun timnas Indonesia bertahan dengan rapat dan membuat timnas Jepang kewalahan.

Namun pertahanan Indonesia itu jebol juga. Sora Kanazawa melepaskan tembakan mendatar, di mana bola melewati kolong kiper Indonesia. Skor berubah menjadi 1-1.

Kurang dari satu menit berselang, Indonesia kembali kebobolan. Memanfaatkan lini pertahanan Indonesia yang panik dalam membawa bola, Soma Mizutani sukses melepaskan tembakan yang menjebol gawang Indonesia. Skor berubah 2-1 untuk keunggulan Jepang.

Tertinggal 2-1, timnas Indonesia memutuskan melakukan skema permainan power play. Namun sayang taktik ini menjadi bumerang bagi skuat Garuda.

Melalui skema serangan balik, Pires melihat posisi kiper Indonesia yang terlalu maju lalu ia melepaskan tembakan yang masuk ke gawang Indonesia. Skor berubah menjadi 3-1 untuk keunggulan Jepang.

Meski dalam posisi tertinggal dua gol, Indonesia tidak menyerah. Kurang dari 1 menit sebelum babak kedua berakhir, timnas Indonesia berhasil memperkecil kedudukan setelah Dewa sukses menceploskan bola setelah menerima umpan dari sepak pojok.

Pendukung Indonesia sempat bersorak gembira setelah tembakan Rio Pangestu berhasil masuk ke gawang Jepang. Namun sayang gol itu tidak disahkan karena tepat sebelum Rio mencetak gol, waktu sudah habis. jadi Indonesia kalah 3-2 dari Jepang.

2 dari 2 halaman

Susunan Pemain Kedua Tim

Jepang: Higor Pires; Soma Ziutani, Arthur Oliveira, Tomoki Yoshikawa, Neto Antonio Hirata

Pelatih: Kenichiro Kogure

Indonesia: Muhammad Nizar Nayaruddin; Mochammad Iqbal Rahmatullah, Dewa Rizki Amanda, Firman Ardiansyah, Samuel Eko

Pelatih: Mohammad Hashemzadeh

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR