Kalah dari Thailand, 31 Tahun Puasa Medali Emas Timnas Indonesia di SEA Games Berlanjut

Serafin Unus Pasi | 19 Mei 2022, 19:14
Aksi suporter Timnas Indonesia (c) Bola.com/Adreanus Titus
Aksi suporter Timnas Indonesia (c) Bola.com/Adreanus Titus

Bola.net - Timnas Indonesia U-23 dipastikan gagal memenangkan medali Emas di SEA Games 2021. Ini dikarenakan skuat garuda kalah di semifinal.


Timnas Indonesia keluar sebagai runner up grup B. Di semifinal, Skuat Garuda harus berjumpa dengan Thailand yang menjadi juara grup A.

Selama waktu normal, permainan Indonesia cukup oke. Bahkan Indonesia relatif lebih dominan daripada Thailand, namun sayang tidak ada gol yang tercipta sehingga laga dilanjutkan ke babak tambahan waktu.

Di babak tambahan waktu, Indonesia dikejutkan dengan gol Weerathep Pomphan. Gol itu menjadi satu-satunya gol yang tercipta di laga ini dan menggagalkan langkah Indonesia untuk lolos ke Final.

Simak ulasan terkait kegagalan Indonesia di SEA Games di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Puasa Berlanjut

Kekalahan ini memastikan Timnas Indonesia kembali puasa medali emas di cabor sepakbola Putra SEA Games. Masalahnya puasa Skuat Garuda sudah terlalu lama.

Indonesia terakhir kali meraih medali emas di SEA Games terjadi di SEA Games 1991 di Manila. Lawan yang dihadapi adalah Thailand.

Pada saat itu Indonesia menang adu penalti dengan skor 4-3 setelah waktu normal berakhir dengan skor 0-0. Setelah itu Timnas Indonesia tidak pernah menang lagi.

2 dari 3 halaman

Lima Streak Kegagalan

Sejak tahun 2011, Timnas Indonesia selalu masuk ke fase gugur SEA Games. Namun sayang Indonesia selalu gagal membawa pulang medali emas.

Di SEA Games 2011 Indonesia kalah dari Malaysia di Final melalui adu penalti. Di SEA Games 2013, Indonesia kalah dari Thailand di babak final.

Di SEA Games 2015 Indonesia kalah dari Vietnam di perebutan medali perunggu, sementara di tahun 2017 Indonesia meraih medali perunggu usai mengalahkan Myanmar dengan skor 3-1.

Di SEA Games 2019, Indonesia kalah lagi di final. Kali ini, Skuat Garuda dihajar 3-0 oleh Vietnam.

3 dari 3 halaman

Harapan Medali Perunggu

Timnas Indonesia masih punya satu tugas besar sebelum SEA Games 2021 selesai.

Egy Maulana dkk harus mengamankan medali perunggu, di mana lawan mereka menunggu tim yang kalah dari semifinal antara Vietnam vs Malaysia.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR